1. Kuliah & Umum

Perubahan Paradigma Sosial & Perubahan Sosial

Istilah paradigma sosial mungkin memang masih terdengar asing pada masyarakat. Paradigma itu merupakan salah satu istilah yang terdapat pada sosiologi. Secara sosiologi, pengertian paradigma, yakni cara berpikir seseorang mengenai fakta sosial yang ada di masyarakat,  caranya dengan menganalisa dan mencocokan berdasarkan teori sosiologi. Kebanyakan paradigma ini merupakan hasil penelitian dari sejumlah lembaga untuk mengimplementasikan teori yang mereka pelajari dan tertarik dengan penelitian sosial. 

Tentu paradigma sosial juga bisa mengalami perubahan, karena perubahan sosial merupakan salah satu tujuan dari pengembangan masyarakat. Untuk selengkapnya, ada pada artikel ini, ya!

Penjelasan Paradigma Sosial

Dalam menerapannya pada kajian sosiologi, ada beberapa teori-teori mengenai paradigma sosial dari sejumlah ahli, antara lain:

ilustrasi sosial
ilustrasi soasial. sumber: unsplash.com
  • Emile Durkheim

Teori ini terdapat pada bukunya yang berjudul, The Rules of Sociological Method (1895), mengatakan bahwa  cara untuk menerangkan kenyataan perubahan sosial secara ilmiah dan positif, dalam analisis yang menggunakan pemikiran pada fakta yang bersifat empiris. 

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • George Ritzer

Salah satu teori beliau pada paradigma sosial, teori fungsionalisme struktural yang fokus pada penekanan pada keteraturan dan tidak mengindahkan adanya konflik dan perubahan dalam masyarakat. 

  •  Max Weber

Beranggapan bahwa paradigma sebagai suatu kenyataan sosial yaitu tindakan sosial. Terdapat 3 teori paradigma sosial yang dimiliki oleh Max Weber, antara lain  teori aksi (teori yang berfokus pada cara berpikir manusia serta tindakan nyata), teori interaksi simbol (menggunakan pendekatan introspeksi untuk mengenal lawan bicara) dan teori fenomenologi (adanya makna atas tindakan yang dilakukan).

Baca Juga: Bentuk Interaksi Sosial

Contoh Paradigma Sosial

  • Sejak tinggal di Jakarta Selatan, Nabila jadi lebih sering menggunakan transportasi umum saat bekerja.
  • Belajar dari kejadian sebelumnya, Delia menjadi lebih waspada saat menyetir mobil.
  • Kemarin Ashilla mendapatkan teguran karena kerap terlambat masuk kerja. Sehingga, kini Ashilla datang ke kantor tepat waktu.
  • Kini Hanif menjaga privasinya, semenjak ada seseorang yang memasuki rumahnya tanpa izin.

Teori Perubahan Sosial

Seiring dengan perkembangan zaman dan peristiwa yang ikut mempengaruhi, terjadinya perubahan paradigma sosial yang terjadi karena perubahan sosial. Ada 4 teori terkait perubahan sosial yang bisa menjadi bukti, yaitu:

  • Teori Evolusi

Terbagi atas 2 macam, teori evolusi unilinear dan multilinear. Teori evolusi unilinear mengatakan bahwa perubahan sosial memiliki arah dan tahapan yang sama, Semua orang mengalami perubahan ini. Sedangkan teori evolusi multilinear  bahwa perubahan sosial arahnya sama,  namun tidak semua masyarakat harus mengalami tahapan yang sama. 

  • Teori Siklus 

Teori ini berfokus untuk melihat adanya tahapan yang bakal dialami masyarakat. Pada teori ini, berkata masyarakat tidak sampai mengalami tahap akhir yang permanen (final). Namun, bisa berakhir dengan kehancuran tapi masih bisa berubah atau kembali ke tahap awal. 

  • Teori Fungsionalis 

Dalam teori fungsionalis bahwa setiap elemen masyarakat memberikan fungsi terhadap elemen masyarakat lainnya. Contohnya, jika terjadi adanya perubahan pada suatu bagian masyarakat, maka bisa terjadi perubahan lainnya juga, jadi saling berkaitan satu sama lain. 

  • Teori Konflik 

Pada teori konflik memandang suatu konflik yang terjadi antar kelompok antar kelas sosial merupakan hal paling penting dan bisa mempengaruhi semua struktur sosial, sehingga berpotensi bisa mengalami perubahan sosial yang besar bahkan bisa berubah secara keseluruhan.  Perubahan sosial ini bisa menimbulkan beberapa dampak berikut ini, seperti lahirnya kelompok sosial baru. 

Kaitannya Paradigma Sosial dengan Perubahan Sosial

Karena kedua teori tersebut saling berkaitan, sudah pasti ada hubungannya antara paradigma sosial dengan perubahan sosial. Pertama, adanya konflik selain melahirkan kelompok baru, dampak dari konflik juga bisa mengubah peraturan, nilai hingga kebiasaan yang sudah dilakukan sejak lama. Hal ini terjadi pada saat pemilihan pemimpin negara, banyak yang tadinya berkawan menjadi musuh hanya karena perbedaan pilihan. Akhirnya, berdiri kelompok baru yang memiliki persamaan.

Kedua, perkembangan zaman, kita ambil contoh salah satunya, globalisasi yang telah merubah struktur kehidupan melalui teknologi. Misal, untuk berkomunikasi menggunakan smartphone, mencari informasi tinggal search pada mesin pencari dan hingga untuk menyelesaikan suatu pekerjaan bisa menggunakan bantuan aplikasi pendukung. Dari yang sebelumnya masih tradisional dalam arti (menggunakan tenaga manusia) karena globalisasi semua bisa tergantikan oleh teknologi.

Ketiga, beberapa tahun belakangan kita menghadapi berbagai macam peristiwa dan kejadian, Salah satunya, Covid-19. Bisa dikatakan semenjak adanya fenomena ini hampir bahkan merubah semua struktur kegiatan dalam bermasyarakat. Contohnya, bisa bekerja serta menuntut ilmu jarak jauh, lebih peduli terhadap perlindungan diri sendiri (menggunakan masker saat sakit dan periksa kesehatan) dan kegiatan yang bersifat untuk mengurangi kontak fisik.

Dari ketiga kaitannya ini bisa kita simpulkan bahwa fenomena yang terjadi di dunia ini, bisa sangat mempengaruhi paradigma yang akhirnya melahirkan beberapa perubahan sosial yang ada di masyarakat. Perubahan tersebut kebanyakan berupa dampak dari suatu fenomena yang meski pada awalnya sulit untuk beradaptasi, namun kini menjadi kebiasaan. Bahkan ada yang justru nyaman dengan kebiasaan baru tersebut karena beranggapan bisa berdampak positif terhadap dirinya.

Ada juga konflik yang terjadi karena respon terhadap isu yang cukup sensitif. Sebenarnya, hal ini tidak perlu terjadi jika masing-masing saling menghargai perbedaan pilihannya. Namun yang terjadi justru saling menyerang, bahkan tak jarang hingga adanya unsur SARA.

Baca Juga: Interaksi Sosial

Nah, begitulah penjelasan mengenai perubahan paradigma sosial serta kaitannya dengan perubahan sosial. Kalau kita lihat saat ini apa yang kita alami ini merupakan salah satu contoh dan bentuk dari perubahan tersebut. Kira-kira, fenomena apalagi yang selanjutnya bisa mengubah paradigma sosial? Artikel seputar sosial lainnya bisa kamu baca pada website resmi Studio Literasi, ya!

 

 

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Perubahan Paradigma Sosial & Perubahan Sosial

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]