1. Kelas 9 IPA

Mengenal Konsep Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup – Biologi Kelas 9

Pernahkah Kawan Literasi bertanya-tanya ketika melihat wajah keluargamu terlihat mirip? Coba bandingkan wajah kamu antara kakak, ibu, ayah, dan adik, sangat mirip kan? Nah hal ini terjadi karena orang tua akan mewarisi sifat kepada anaknya. Sehingga hal ini mengakibatkan kemiripan antara kamu dan orang tuamu. Heum… gimana sih sebenarnya pewarisan sifat pada makhluk hidup bekerja? Yuk kita bahas secara rinci di Studio Literasi.

Pengertian Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup

Konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup
Konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup (sumber: Buku IPA Kelas 9 oleh Wagiman, S.PD. terbitan 2021)

Pewarisan sifat pada makhluk hidup adalah penurunan sifat dari induk (orang tua) ke anaknya. Penurunan sifat ini terbagi atas dua kategori yakni yang terlihat dan tidak terlihat. Contoh penurunan sifat yang terlihat dapat dilihat dari fisik seperti warna mata, kulit, dan rambut sedangkan yang tidak terlihat contohnya adalah golongan darah.

Proses pewarisan ini akan diturunkan dari orang tua ke anak yang disebut sebagai hereditas atau pewarisan sifat. Materi ini akan dibahas secara mendalam pada ilmu genetika. Yuk kita pelajari secara mendalam pewarisan sifat pada makhluk hidup.

Proses & Konsep Terjadinya Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup

1. Molekul yang Mendasari Sifat

a. Materi Genetik

Materi genetik adalah salah satu hal yang memegang peranan penting dalam proses pewarisan sifat. Bentuk rambut, warna kulit, hidung, dan penyakit tidak hanya ada di tubuh karena kebetulan. Hal tersebut merupakan warisan dari orang tua yang diwariskan dari genetik. 

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

Ayahmu akan menghasilkan materi genetik melalui sperma sedangkan Ibu melalui sel ovum. Kedua materi ini bergabung pada proses fertilisasi. Sehingga, hasil dari fertilisasi ini akan memunculkan kemiripan antara kamu dan orang tuamu.

Salah satu molekul yang berperan adalah asam nukleat yakni DNA dan RNA. Pada DNA akan terdapat instruksi atau perintah di mana terjadi penentuan karakteristik makhluk hidup yang akan disebut sebagai gen. Sehingga informasi genetik akan menentukan karakteristik makhluk hidup yang akan disimpan dalam DNA.

b. Struktur DNA dan RNA

Berdasarkan penelitian pada tahun 1953 menyebutkan bahwa DNA memiliki struktur layaknya untai ganda yang membentuk unit layaknya serat tali. Pada DNA/RNA akan terdiri dari subunit nukleotida. Pada struktur ini masing masing akan terdiri dari fosfat, gula, dan nitrogen basa. 

Gula pada DNA akan berupa gula deoksiribosa, sedangkan RNA berbentuk gula ribosa. Kedua gula ini akan menjadi struktur yang terbagi menjadi lebih kecil dan disebut dengan nukleosida. Di dalam unit nukleotida ini akan terdapat empat senyawa basa nitrogen yang menyusun DNA.

2. Hukum Pewarisan Sifat

Ada berbagai penelitian yang dilakukan untuk menemukan kesimpulan dari hukum pewarisan sifat. Penelitian pertama dilakukan oleh Gregor Mendel yang merupakan seorang pendeta dan ahli botani. Beliau mencatat hukum mengenai pewarisan sifat. Penelitiannya kemudian disempurnakan oleh penelitian dan mereka menemukan beberapa poin utama yakni:

a. Persilangan Monohibrid

Sebuah DNA memiliki bentuk layaknya untaian yang menggulung atau memendek membentuk kromosom. Kromosom berwarna ungu atau disebut bunga ungu (UU) akan memiliki warna dominan dari pada yang putih (uu). Bunga berwarna ungu ini disebut sebagai antosianin yang akan menyerap warna cahaya selain ungu, konsep kerjanya terhadap warnanya sendiri adalah dengan memantulkan atau mengerutkan apa yang ditangkap oleh mata kita.

Kode antosianin adalah U dengan Gen U memiliki beberapa kromosom tertentu. Di dalam sel tubuh kita memiliki gen yang berpasangan sehingga kita akan menuliskannya sebagai UU, nah untuk bunga putih kita akan menuliskannya sebagai uu.

Sel-sel benang sari ini berada dalam keadaan berpasangan dan akan membentuk serbuk sari. Nantinya sel ini akan membelah secara otomatis yang menyebabkan kromosom yang mengandung U memisahkan diri. Sel sperma akan memiliki peran untuk mengandung gen U dan sel putik akan menghasilkan ovum. 

Ketika terjadi pembentukan sel telur maka sel putik juga akan membelah secara meiosis sehingga sel telur akan memiliki Gen U. Nantinya zigot (calon bayi) akan mengandung salah satu gen yang mengkode Uu berwarna ungu. 

Hukum I ini disebut dengan hukum I Mendel atau Hukum Pemisahan Bebas Mendel. Hukum ini berbunyi “ketika terjadi pembentukan gamet maka akan terjadi pemisahan gen alternatif yang disebut alel secara bebas.”

b. Persilangan Dihibrid

Pada percobaan Mendel yang kedua adalah dengan mengawinkan kacang kapri yang memiliki dua perbedaan. Satunya berbiji bulan dan berwarna kuning dengan pasangan berbiji kusut dan berwarna hijau. Proses penelitian ini menetapkan bahwa berbiji bulan atau kening dengan gen BBKK (dominan) dan yang berbiji kisut bbkk (resesif).

Hukum pemisahan ini menjelaskan setiap gen dapat berpisah dengan bebas dan menghasilkan sel sperma dan ovum. Penelitian ini menghasilkan penelitian dengan keturunan pertama menghasilkan gen BbKk. Persilangan dari penelitian ini akan menghasilkan perbandingan fenotip: 9:3:3:1 (bulat kuning: kisut kuning: bulat hijau: kisut hijau). 

Penelitian Mendel menyimpulkan bahwa faktor yang menentukan karakter berbeda diwariskan secara luas. Sehingga pada hukum II Mendel menjelaskan “hukum pilihan bebas” menjadi faktor penentu karakter yang berbeda pada suatu keturunan. 

Baca juga: Sistem Pernapasan Manusia

Nah itu tadi penjelasan lengkap mengenai pewarisan sifat pada makluk hidup pada materi biologi. Semoga membantu Kawan Literasi memahami bagaimana induk menurunkan karakteristiknya pada keturunannya ya.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Konsep Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup – Biologi Kelas 9

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]