1. Kelas 9 Bahasa Indonesia

Teks Pidato Persuasif: Struktur, Ciri-Ciri, & Contohnya

Teman-teman pasti sering mendengar pidato, bukan? Baik pidato yang disampaikan oleh guru, pidato sambutan, atau pidato-pidato lainnya. Menurut KBBI, pidato adalah pengungkapan pikiran yang ditujukan kepada khalayak dalam bentuk kata-kata. Jenis pidato terbagi ke dalam 4 jenis, di antaranya pidato informatif, pidato rekreatif, pidato agitatif dan pidato persuasif.

Seperti namanya, pidato persuasif tentunya berisi pesan ajakan dalam bentuk pidato. Nah, kali ini Studio Literasi mau ajak kalian untuk membahas materi tentang jenis pidato yang satu ini. Seperti apa sih isi teks pidato persuasif? Lalu, bagaimana ciri-cirinya? Yuk, kita simak bersama pembahasan materi berikut ini. 

Pengertian Pidato Persuasif

(sumber: Pexels)
(sumber: Pexels)

Pidato persuasif adalah pidato yang bertujuan untuk menghimbau atau mengajak orang-orang untuk melakukan atau mempercayai sesuatu. Pidato jenis ini juga dapat digunakan sebagai cara untuk menggerakkan masyarakat. Jadi, sesuai dengan namanya, pidato ini bisa berguna sebagai ajakan, himbauan, dan untuk mempengaruhi audiens agar melakukan hal yang dianggap bermanfaat oleh pihak tertentu. 

Struktur Teks Pidato Persuasif

Dalam pidato, tentunya kita membutuhkan teks. Struktur teks pidato digunakan sebagai pedoman dalam menulis dan menyusun teks pidato. Berikut ini adalah struktur teks pidato untuk pidato persuasif. 

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

1. Pembuka

Di bagian pembuka berisi sambutan seperti salam, sapaan kepada audiens, sekaligus juga memberikan gambaran umum pidato secara singkat untuk menarik perhatian audiens. 

2. Isi

Bagian isi menjelaskan inti keseluruhan pidato. Contoh dari inti pidato dapat berupa tujuan, rencana, dan pesan yang akan disampaikan kepada audiens. 

3. Penutup

Penutup dalam pidato dapat berupa ringkasan singkat, kesimpulan singkat, kalimat penutup pidato dan terakhir salam penutup. 

Tujuan Pidato Persuasif

Adapun sebuah pidato memiliki tujuannya masing-masing. Berikut ini adalah tiga tujuan dari pidato persuasif.

1. Untuk Membentuk Opini

Tujuan pertama setelah pidato tersampaikan adalah untuk membentuk opini audiens dengan baik. Di sini, peran dari orang yang berpidato cukup dibutuhkan agar pesan yang disampaikan dalam pidato mampu membentuk opini audiens. Dengan begitu, tujuan dari pidato persuasif dapat tercapai. 

2. Untuk Menguatkan Opini

Apabila audiens atau masyarakat telah membentuk opini yang baik dan sesuai dengan isu yang diutarakan, maka tujuan selanjutnya adalah menguatkan opini. Penguatan opini ini berfungsi untuk mendorong opini audiens bahwa hal yang disampaikan adalah benar dan telah sesuai dengan nilai serta moral masyarakat. 

3. Untuk Mengubah Opini

Tujuan selanjutnya adalah mengubah opini. Tujuan ini dinilai sebagai tujuan pidato yang paling berhasil karena dianggap bisa mengubah mindset atau pola pikir audiens. Karena jika pidato tersebut sudah berhasil mengubah pola pikir, berarti akan ada suatu kebiasaan yang berubah dari masyarakat setelah mendengarkan pidato. 

Ciri Ciri Pidato Persuasif

  • Bersifat mengajak atau mendorong berbuat sesuatu.
  • Pidato yang disampaikan mampu membangkitkan emosi agar pendengar menyetujui atau meyakini, serta timbul tindakan tertentu pada pendengarnya.
  • Menggunakan kalimat-kalimat yang bersifat membangun.
  • Biasanya ditambah imbuhan “-lah” seperti marilah, belilah dan sebagainya,
  • Menggunakan kata “Kita” agar terlihat keakraban dan kebersamaan dengan para audiens. 

Langkah Untuk Membuat Pidato Persuasif

Ada empat langkah yang harus dipersiapkan dalam membuat pidato. Simak langkah-langkahnya berikut ini

(sumber: Pexels)
(sumber: Pexels)

1. Tentukan Topik & Tujuan

Langkah pertama yang harus dilakukan tentunya adalah menentukan topik yang akan disampaikan. Selain itu, kita juga harus mempelajari topik yang dipilih. Cara untuk menentukan topik bisa dilakukan dengan riset melalui internet atau buku. Hal yang harus dipastikan adalah topik harus berasal dari sumber yang kredibel. 

Kemudian dilanjutkan dengan menentukan tujuan. Karena ini adalah pidato persuasif, maka kita harus memiliki tujuan yang terarah sebelum menyampaikan pidato. Selain itu kita juga harus bisa merefleksikan apa yang diharapkan dari audiens. 

2. Kenali Audiens

Sebelum memulai berpidato, ada baiknya kita untuk mengenal lebih dulu siapa audiens kita. Jangan sampai ketika kita berpidato, audiens sasaran tidak mengerti atau bahkan malah mengabaikan pidato kita. Dengan mengenal audiens, kita bisa merancang pidato yang mudah dipahami oleh audiens. 

3. Buat Kerangka & Pokok Argumen

Langkah selanjutnya adalah membuat kerangka pidato serta menentukan pokok argumentasi, yang perlu diingat adalah susunlah kerangka dan pokok argumen secara rinci, agar pidato dapat tersampaikan dengan jelas.

4. Kembangkan Menjadi Naskah Pidato Selengkapnya

Setelah menentukan topik, mengenali audiens dan menyusun kerangka serta pokok argumen, langkah terakhir adalah mengembangkan kerangka menjadi naskah pidato yang utuh. Kembangkan naskah pidato sesuai dengan struktur pidato persuasif, ditambah dengan poin penting dalam pidato. 

Contoh Pidato Persuasif

Berikut ini adalah contoh isi pidato persuasif.

1. Pembuka

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam sejahtera bagi kita semua, selamat siang hadirin sekalian. Dalam kesempatan ini marilah kita panjatkan puji syukur kita kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena telah memberikan kita nikmat sehingga dapat berkumpul dalam acara peresmian bank sampah RT 02

2. Isi

Sampah telah menjadi bagian dari kehidupan kita sejak beribu tahun lamanya, dan sampah juga yang turut mengambil peran dalam kerusakan lingkungan kita. Banjir, gunung sampah, dan masih banyak lagi isu yang berkaitan dengan sampah, yang menjadi sumber utama permasalahan lingkungan. Ada sebanyak 67,2 juta ton sampah menumpuk di Indonesia setiap tahunnya. Dengan angka sebanyak itu, berapa banyak yang sudah kita kurangi? Seribu ton? Sejuta ton? Rasanya masih kurang dengan bertambahnya jumlah ton setiap tahunnya. Namun, apa yang bisa kita lakukan demi mencegah penumpukan sampah? Maka dari itu tujuan dibukanya bank sampah ini adalah untuk menampung sampah dari setiap rumah, sebelum dibawa ke tempat penampungan akhir. 

3. Penutup

Dengan adanya bank sampah ini, diharapkan kita semua bisa menjaga dengan baik lingkungan komplek kita kedepannya. Akhir kata, semoga setelah peresmian ini, bank sampah memiliki nilai yang bermanfaat bagi warga sekitar. Sekian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf. Terima kasih, selamat siang. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Baca juga: Contoh Surat Resmi yang Benar

Itu tadi penjelasan lengkap dari pidato persuasif. Agar lebih memahami tentang pidato, teman-teman bisa mengeksplorasi lebih banyak dari berbagai jenis pidato. Kalian juga bisa untuk membuat teks pidato sendiri dan berlatih pidato. Ikuti terus artikel materi pelajaran terupdate dari laman Studio Literasi.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Teks Pidato Persuasif: Struktur, Ciri-Ciri, & Contohnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]