1. Kuliah & Umum

Puncak Kebudayaan adalah Identitas Budaya Suatu Negara

batik
Batik. Sumber: Unsplash.com

Jika membahas tentang budaya, tentu semua orang sudah mengetahuinya. Namun, kalau tentang puncak kebudayaan mungkin hanya orang-orang tertentu yang familiar dengan istilah ini. Padahal, kedua hal tersebut artinya sama-sama membicarakan tentang budaya dari suatu negara atau daerah.  

Pengertian budaya adalah keseluruhan yang berkaitan dengan warisan masa lalu, meliputi adat istiadat, norma sosial, kesenian dan kepercayaan. Sedangkan, puncak kebudayaan adalah tingkatan tertinggi dari suatu budaya yang menjadi ciri khas bangsanya. Ada juga yang mengatakan jika puncak kebudayaan terbentuk dari berbagai macam budaya masa lalu dari seluruh Indonesia.

Bahkan beberapa puncak kebudayaan ini menjadi salah satu simbol atau ciri khas dari suatu negara. Untuk penjelasan lebih mendalam mengenai puncak kebudayaan ada pada artikel ini!

Fungsi Puncak Kebudayaan

Fungsi dari puncak kebudayaan dapat menjadi sarana komunikasi antar sesama warga negara. Misal dengan ikut mempromosikan suatu budaya negara mereka melalui seminar, kampanye media sosial dan acara. Sehingga bisa membantu masyarakat jadi mengetahui budaya negaranya sendiri.

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

Baca Juga: Bentuk Keberagaman Masyarakat Indonesia, Yuk Simak!

Bentuk Puncak Kebudayaan di Indonesia

Hampir semua jenis kebudayaan di Indonesia, merupakan bentuk puncak kebudayaan Indonesia. Berikut bentuk puncak kebudayaan di Indonesia:

  • Rumah adat

Rumah adat merupakan salah satu puncak kebudayaan yang paling menonjol di Indonesia. Setiap daerah di Indonesia memiliki rumah adatnya masing-masing dengan ciri khasnya masing-masing. Misalnya, rumah adat Joglo di Jawa Tengah, rumah adat Gadang di Sumatera Barat dan rumah adat Honai di Papua.

Kesenian

Indonesia juga memiliki kekayaan seni yang sangat beragam. Seni-seni tersebut merupakan puncak kebudayaan yang menggambarkan keindahan dan kekayaan budaya Indonesia. Misalnya, seni tari dan seni rupa.

  • Adat Istiadat

Adat istiadat merupakan salah satu unsur budaya yang paling penting dalam suatu masyarakat. Adat istiadat merupakan aturan-aturan yang mengatur kehidupan masyarakat dalam berbagai aspek, seperti kehidupan sosial, ekonomi, dan keagamaan. Misalnya, adat pernikahan, penyambutan tamu dan adat merayakan panen hasil sawah.

  • Lagu daerah

Banyak lagu daerah yang populer dan bahkan sebagian pernah diajarkan saat sekolah dulu. Misalnya lagu Apuse dari Papua, Jali-Jali dari DKI Jakarta, Ampar-Ampar Pisang dari Kalimantan Selatan.

  • Makanan daerah

Adapun beberapa makanan daerah Indonesia yang sangat populer. Misalnya rendang dari Sumatera Barat, Pempek dari Sumatera Selatan, Sate dari Jawa Tengah dan Jawa Timur dan Sate Lilit dari Bali.

Contoh Puncak Kebudayaan di Indonesia

Ada beberapa hal yang menjadi ciri khas dari Indonesia yang sudah termasuk kategori puncak kebudayaan, antara lain: 

  • Angklung

Dari sekian alat musik tradisional Indonesia, salah satunya angklung dari Jawa Barat. Angklung sering dijadikan sebagai media untuk mengenal budaya Indonesia, contohnya kerap menjadi tujuan study tour anak sekolah yakni dengan melakukan kunjungan langsung ke Sanggar Mang Udjo, sanggar angklung paling populer di Indonesia. Tak hanya itu angklung menjadi salah satu warisan budaya dunia versi UNESCO pada 16 November 2010. Maka tidak heran, angklung sering dipertunjukan dalam pengenalan budaya Indonesia di Dunia.

Batik

Sebenarnya setiap daerah di Indonesia masing-masing memiliki pakaian daerahnya, Namun batik kini menjadi ciri khas mengenai pakaian Indonesia. Terlebih batik juga masuk dalam aset budaya oleh UNESCO terhitung 2 Oktober 2009. Bahkan batik dijadikan sebagai souvenir  jika ada acara Internasional.

Baca Juga: Alat Musik Ritmis

Cara Melestarikan Puncak Kebudayaan

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk melestarikan puncak kebudayaan. Berikut cara yang bisa kita lakukan:

  • Masukan dalam aktivitas pendidikan.

 Pendidikan merupakan satu cara yang efektif untuk melestarikan dan mengembangkan puncak kebudayaan. Melalui pendidikan, generasi muda dapat mengenal dan memahami puncak kebudayaan bangsanya. Caranya bisa dimulai dengan adanya ekstrakulikuler tarian daerah mulai dari jenjang TK hingga SMA dan UKM pada jenjang perguruan tinggi. Selain itu bisa juga dengan membuat inovasi seperti buku cerita rakyat digital dengan visual menarik, aplikasi kuis pengetahuan seputar budaya nasional dan masih banyak lagi.

  • Diterapkan dan tampilkan pada perayaan tertentu.

Untuk melestarikannya bisa dilakukan dengan berbagai cara, festival budaya, pameran hingga menerapkan aturan khusus biasanya berupa seragam pekerja yang pada hari atau perayaan khusus seperti Hari Batik Nasional, dan acara perusahaan mewajibkan semuanya menggunakan pakaian adat, kebanyakan berupa batik dan kebaya untuk pekerja wanita biasanya saat peringati Hari Kartini dan Hari Kemerdekaan Indonesia.

  • Pengembangan dengan memperbanyak sumber

     

Upaya pengembangannya dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti penelitian sehingga bisa menambah jumlah literatur terkait dengan kebudayaan sebagai bahan riset dan pengetahuan, liputan media massa hingga dibuat konten oleh creator.

Baca Juga: Bentuk Keberagaman Masyarakat Indonesia, Yuk Simak!

Dengan ketiga cara tersebut harapannya puncak kebudayaan bisa terjaga identitasnya sebagai ciri khas dari suatu negara sehingga tetap bisa lestari sampai kapanpun. Apalagi saat ini sudah semakin berkembangnya suatu cara yang bisa lakukan untuk melestarikan budaya. Kalau bukan kita para generasi muda saat ini, siapa lagi yang bisa menjaga puncak kebudayaan negara sendiri? Artikel lainnya  yang membahas seputar budaya bisa akses melalui website resmi Studio Literasi!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Puncak Kebudayaan adalah Identitas Budaya Suatu Negara

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]