1. Penjaskes

Mengenal Berbagai Rambu Rambu Lalu Lintas Dan Artinya

Jika sedang berjalan-jalan menggunakan kendaraan mobil atau motor, teman-teman tentu pernah melihat rambu lalu lintas bukan? Rambu rambu lalu lintas diciptakan bukan sekadar untuk memberi arahan kepada pengendara, tapi juga bertujuan untuk menertibkan dan menjaga keamanan lalu lintas. 

Dengan beragam jenis rambu rambu lalu lintas di jalan, pasti ada beberapa yang belum kita ketahui atau lupakan. Kali ini, Studio Literasi ingin mengajak Sobat Stulit untuk mengenal berbagai rambu rambu lalu lintas dan artinya. Yuk, simak artikel tentang rambu lalu lintas berikut ini!

Fungsi Rambu Rambu Lalu Lintas

Fungsi Rambu Rambu Lalu Lintas (sumber: Pexels)
Fungsi Rambu Rambu Lalu Lintas (sumber: Pexels)

Adanya rambu rambu lalu lintas tentu memiliki fungsi bagi para pengemudi dan pengguna jalan lainnya. Sebelum kita mengenal gambar rambu lalu lintas, yuk, kita kenali fungsi rambu rambu lalu lintas berikut ini:

  1. Sebagai peringatan. Rambu peringatan ini berfungsi untuk memperingatkan kepada pengendara maupun pengguna jalan agar tetap waspada terhadap kondisi jalanan. Rambu peringatan menggunakan latar belakang warna merah atau kuning. 
  2. Sebagai larangan. Rambu larangan berfungsi untuk menunjukan larangan kepada para pengemudi kendaraan bahwa ada tindakan yang tidak boleh dilakukan di area tersebut. 
  3. Sebagai perintah. Rambu lalu lintas sebagai perintah ditujukan untuk memberi perintah bagi para pengemudi yang harus ditaati. Rambu lalu lintas perintah menggunakan warna biru dengan garis tepi putih. 
  4. Sebagai petunjuk. Rambu yang difungsikan sebagai petunjuk berguna bagi para pengemudi yang belum mengenal daerah tersebut. Maka, pengemudi dapat mengandalkan rambu petunjuk sebagai penunjuk arah atau lokasi.  

Jenis Rambu Rambu Lalu Lintas

Setelah mengetahui fungsinya, yuk cari tahu tentang dua jenis rambu rambu lalu lintas yang perlu kamu ketahui.

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

1. Rambu Konvensional

Rambu konvensional adalah rambu lalu lintas yang menggunakan bahan yang dapat memantulkan cahaya atau yang disebut retro reflektif. 

2. Rambu Elektrik

Rambu elektrik adalah rambu lalu lintas yang pengoperasian informasinya telah menggunakan elektronik. 

Rambu Rambu Lalu Lintas Larangan

Terdapat beberapa rambu rambu yang menunjukkan larangan bagi para pengendara. Rambu larangan biasanya menggunakan warna merah untuk latar belakangnya. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing rambu larangan dalam lalu lintas. 

Rambu Rambu Lalu Lintas Larangan (sumber: Otosia)
Rambu Rambu Lalu Lintas Larangan (sumber: Otosia)

1. Tanda Strip

Rambu lalu lintas yang menunjukkan tanda strip dengan latar belakang merah menandakan bahwa pengendara dilarang melintasi jalur yang bertanda strip tersebut. 

2. Tanda STOP

Rambu yang menandakan tulisan “STOP” menunjukkan bahwa kendaraan dilarang melaju dalam satu jalur, dan diharuskan berhenti sejenak sampai kondisi aman. 

3. Tanda S Dicoret

Apabila terdapat rambu dengan huruf S yang dicoret, menandakan bahwa kendaraan dilarang berhenti sampai batas jalur. 

4. Tanda P Dicoret

Tanda P yang dicoret ini menandakan bahwa kendaraan dilarang parkir di tempat tersebut. 

5. Tanda Putar Balik Dicoret

Jika menemukan tanda panah berputar ke kanan atau ke kiri, itu menandakan bahwa kendaraan dilarang berputar balik di tempat tersebut meskipun jalannya memungkinkan. Karena untuk menghindari kemacetan dan kecelakaan dengan kendaraan lain dari arah yang berlawanan.  

6. Tanda Belok Kiri Dicoret

Apabila melihat tanda panah belok ke arah kiri, itu tandanya kendaraan dilarang untuk belok ke kiri. 

7. Tanda Belok Kanan Dicoret

Apabila melihat tanda panah belok ke arah kanan, itu tandanya kendaraan dilarang untuk belok ke kanan.

8. Tanda Angka Kecepatan Maksimum

Tanda angka kecepatan maksimum ini berbeda-beda di setiap lokasi, tergantung dari situasi dan kondisi jalur yang dilalui. Angka dalam rambu menunjukkan rata-rata maksimal bagi pengemudi untuk melajukan kendaraannya.

Rambu Rambu Lalu Lintas Peringatan

Dalam berlalu lintas, tentu ada beberapa rambu yang wajib diingat salah satunya adalah rambu peringatan. Rambu peringatan didominasi oleh latar belakang berwarna kuning. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing rambu peringatan dalam berlalu lintas. 

Rambu Rambu Lalu Lintas Peringatan (sumber: Tambah Pinter)
Rambu Rambu Lalu Lintas Peringatan (sumber: Tambah Pinter)

1. Tanda Seru (!)

Rambu yang menunjukkan tanda seru bertujuan untuk mewaspadai pengendara agar lebih berhati-hati saat melewati jalur tersebut. 

2. Tanda Plus (+)

Apabila menemukan rambu dengan tanda plus atau tanda tambah, menunjukkan bahwa adanya persimpangan empat, sehingga pengendara harus berhati-hati dan mengurangi kecepatan. 

3. Tanda Plus Dihapus Bagian Kanannya

Jika menemukan rambu dengan tanda plus yang bagian kanannya dihapus, berarti menunjukkan bahwa adanya persimpangan tiga sisi ke arah kanan. 

4. Tanda Plus Dihapus Bagian Kirinya

Jika menemukan rambu dengan tanda plus yang bagian kirinya dihapus, berarti menunjukkan bahwa adanya persimpangan tiga sisi ke arah kiri.

5. Tanda Panah Ke Atas dan Ke Bawah

Rambu dengan tanda panah ke atas dan ke bawah menandakan bahwa kedua jalur dapat dilalui, yaitu jalur atas dan jalur bawah. 

6. Tanda Tiga Panah Melingkar

Apabila terdapat tiga panah dengan bentuk melingkar, rambu tersebut menandakan bahwa ada bundaran atau persimpangan. Sehingga pengendara harus mengurangi kecepatan untuk mencegah terjadinya kecelakaan. 

Rambu Rambu Lalu Lintas Perintah

Berikut ini adalah beberapa rambu perintah dalam lalu lintas yang digunakan sebagai pedoman arah para pengemudi. Rambu lalu lintas perintah menggunakan warna biru agar dapat dibedakan dengan warna rambu yang lain. 

Rambu Rambu Lalu Lintas Perintah (sumber: Universitas Jember)
Rambu Rambu Lalu Lintas Perintah (sumber: Universitas Jember)

1. Tanda Panah Kanan

Rambu tanda panah ke kanan menandakan bahwa kendaraan mengikuti jalur sesuai dengan rambu. Rambu panah kanan ini banyak ditemui di gedung parkir. 

2. Tanda Panah Kiri

Rambu tanda panah ke kiri menandakan bahwa kendaraan mengikuti jalur sesuai dengan rambu. Rambu panah kiri ini banyak ditemui di gedung parkir.

3. Tanda Panah Belok Kanan

Rambu tanda panah kanan menandakan bahwa pengendara dapat berbelok ke arah kanan. Tanda panah ini banyak ditemui di jalan raya terutama di persimpangan jalan yang terdapat lampu merah. 

4. Tanda Panah Belok Kiri

Rambu tanda panah kiri menandakan bahwa pengendara dapat berbelok ke arah kiri. Tanda panah ini banyak ditemui di jalan raya terutama di persimpangan jalan yang terdapat lampu merah.

5. Tanda Panah Ke Atas

Tanda panah ke atas menunjukkan rambu lalu lintas untuk pengendara sebagai penunjuk arah berjalan lurus.  

6. Tanda Panah Ke Bawah Serong Kanan

Rambu tanda panah serong ke kanan bawah menunjukkan bahwa kendaraan harus menggunakan lajur kanan.

7. Tanda Panah Ke Bawah Serong Kiri

Rambu tanda panah serong ke kiri bawah menunjukkan bahwa kendaraan harus menggunakan lajur kiri.

8. Tanda Angka Kecepatan Minimum

Tanda angka kecepatan minimum ini berbeda-beda di setiap lokasi, tergantung dari situasi dan kondisi jalur yang dilalui. Angka dalam rambu menunjukkan rata-rata minimal bagi pengemudi untuk melajukan kendaraannya. 

Rambu Rambu Lalu Lintas Petunjuk

Rambu lalu lintas petunjuk digunakan untuk memberi arahan kepada pengemudi dan pengguna jalan apabila belum terasa familiar dengan wilayah tersebut. Berikut ini adalah gambar rambu rambu lalu lintas petunjuk. 

Rambu Rambu Lalu Lintas Petunjuk (sumber: Zona Otomotif Bandung)
Rambu Rambu Lalu Lintas Petunjuk (sumber: Zona Otomotif Bandung)

1. Tanda Arah Kota

Tanda yang menunjukkan arah kota biasanya terdapat di jalan tol untuk memberi petunjuk arah kepada pengemudi. Rambu bertuliskan nama kota dalam jarak beberapa kilometer. 

2. Tanda Arah Kota Persimpangan

Tanda yang menunjukkan arah persimpangan jalan biasanya terdapat di jalan raya di suatu kota untuk memberi petunjuk arah kepada pengemudi. Rambu bertuliskan nama jalan atau daerah di kota tersebut.

3. Tanda Jalan Tol

Rambu jalan tol dilambangkan dengan dua garis dengan separator di tengahnya. Menunjukkan bahwa dalam beberapa meter akan memasuki area tol. 

4. Tanda Rumah Sakit

Rambu rumah sakit dilambangkan dengan gambar sebuah bangsal dengan tanda plus merah di kanan atas. Rambu tersebut menunjukkan bahwa di depan terdapat rumah sakit. 

5. Tanda Pejalan Kaki

Jika rambu menunjukkan gambar orang berjalan kaki, artinya rambu tersebut menunjukkan wilayah khusus pejalan kaki, dan kendaraan dilarang melintas demi kenyamanan pejalan kaki. Biasanya rambu ini banyak ditemui di zebra cross dan trotoar. 

6. Tanda Bus

Apabila terdapat rambu yang menunjukkan gambar bus, artinya titik tersebut adalah tempat bus berhenti sebagai halte bayangan. 

7. Tanda Pom Bensin

Apabila melihat logo atau gambar mesin pengisi bensin, artinya di tempat tersebut terdapat Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU). 

Baca juga: Manfaat Senam Ketangkasan, Pengertian, Gerakan, & Alatnya

Berikut tadi adalah fungsi, jenis, dan gambar dari rambu lalu lintas. Masih banyak lagi rambu lalu lintas yang dapat teman-teman temukan di jalan. Yuk, jadi pengemudi yang taat peraturan lalu lintas dimulai dari mematuhi rambu yang ada. Ikuti terus artikel pembahasan materi pelajaran di laman Studio Literasi.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Berbagai Rambu Rambu Lalu Lintas Dan Artinya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]