1. Kelas 8 Bahasa Inggris

Recount Text

Di kesempatan kali ini kita akan belajar salah satu teks Bahasa Inggris, yaitu Recount Text. Siapkan pulpen dan buku kalian, ya! Kita akan membahas materi ini lengkap mulai dari pengertian, jenis, ciri-ciri, struktur teks, beserta contoh teks nya.

Pengertian Recount Text

Apa itu recount text? Recount text adalah teks yang berfungsi untuk menceritakan kembali pengalaman atau kejadian di masa lalu. Seperti menceritakan kejadian yang tak terlupakan semasa kecil atau pun pengalaman mengajari adik belajar sepeda gayung termasuk ke dalam teks recount. Setelah membaca pengertiannya, mungkin diantara kalian ada yang penasaran bedanya Teks Recount dengan Teks Narrative itu apa? 

Nah…memang banyak sekali loh yang bingung dalam membedakan kedua teks tersebut. Penjelasan mudahnya Recount Text adalah teks yang menceritakan ulang kejadian/pengalaman yang benar-benar terjadi di masa lampau. Sedangkan Narrative Text merupakan teks yang menceritakan sebuah cerita, biasanya berupa fiksi atau cerita karangan. 

Sudah ada bayangan kah sekarang tentang perbedaan kedua teks di atas? Coba simak lanjutan materi di bawah ini untuk menambah pemahaman kalian tentang teks recount.

Jenis Recount Text

Teks recount berdasarkan jenis ceritanya dapat dibagi menjadi 3, yaitu Personal, Factual, dan Imaginative. Berikut jenis recount text selengkapnya.

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Personal Recount Text adalah teks yang menceritakan kejadian/pengalaman yang pernah dialami oleh penulis. Dalam kata lain, penulis terlibat di dalam cerita ini.

Factual Recount Text adalah teks yang menyajikan laporan, detail dan fakta, suatu peristiwa dimana penulis tidak terlibat di dalam kejadian tersebut.

Imaginative Recount Text adalah teks mengenai kejadian yang pernah terjadi di masa lalu tetapi peran dalam cerita tersebut diganti dengan peran imajiner, seperti an old lady, a frog prince, a giant rabbit, dan lain-lainnya.

Ciri-Ciri Recount Text /Language Features

Teks recount memiliki ciri-ciri kebahasaan atau language features yang dapat membedakannya dengan teks lain, yaitu: 

  • Simple Past Tense

Contoh: I fell off my bike while riding with my cousins.

  • Action verb

Contoh: jumped, carried, walked, rode, dan lain-lain.

  • Adverbs of time

Contoh: ago, yesterday, last week, last month, last year.

  • Adverbs of place

Contoh: below, back, far, in, under, over, dan lain-lain.

  • Adverbial phrase

Contoh: hurriedly, as quickly as possible

  • Time connectives

Contoh: next, shortly, afterwards, firstly, secondly, dan lain-lain.

  • Conjunction

Contoh: for, and, but, so, after, before, because, even if, where, while, dan lain-lain.

Struktur Recount Text

Dalam menulis teks recount ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti ciri-ciri kebahasaan/language features yang digunakan dan generic structure/struktur teks. Jika ciri-ciri kebahasaan sudah dibahas di atas, maka selanjutnya ialah struktur teks.

Sturktur teks recount terdiri dari tiga bagian, yaitu orientation, events, dan reorientation.

Orientation

Orientation merupakan bagian pembuka dari teks recount. Disini penulis dapat mengenalkan tokoh, tempat, dan waktu terjadinya kejadian. Informasi tersebut diharapkan dapat membantu pembaca untuk memahami keseluruhan teks.

Events

Tahapan kedua setelah orientation adalah events. Events merupakan bagian utama dalam teks recount karena berisi tentang kejadian/peristiwa yang ingin diceritakan. Penulis harus menceritakannya secara urut atau sesuai kronologi seperti: “On the first day…”, “On the next day…”

Reorientation

Bagian terakhir dari teks ini disebut dengan reorientation. Reorientation dapat berupa kesan atau komentar penulis terhadap kejadian tersebut.

Contoh Recount Text

Agar lebih memahami materi ini, berikut contoh recount text singkat yang dapat dijadikan referensi saat kalian menulis.

The Moment I Got My First Bike

 Recount Text
Contoh Recount Text, Foto oleh Freepik

Orientation:

Last summer, I got my first bike. My father bought it for me because I won a mathematics competition. I was so happy that I could not forget that day.

Events:

In the morning, I did my regular activity. I made my bed, cleaned the house, and watered my roses. I did not expect anything to happen until my father asked me what I wanted. I was confused. I did not understand what he meant. Then, he explained that he planned to buy me something as a gift for winning the competition. I said I would like to have a bicycle so he did not have to drive me to school every morning. He nodded and walked out the room.

In the afternoon, my father came home with a huge box behind him. I saw it from my window. I was so excited because I knew my bicycle was inside it. I ran as fast as possible to see my father. Unfortunately, I hit the wall while I was running. My father laughed at me and told me to be careful. I groaned and acted like nothing happened. I opened the box and my pink bicycle was standing there. 

Reorientation:

I was happy because I finally had a bike and yet embarrassed because I hit my head to the wall. I could not wait to ride it to school.

Sekian materi Recount Text yang dapat kalian pelajari di rumah, jika kalian masih memiliki pertanyaan langsung saja tulis di kolom komentar, ya! 

Baca Juga : Narrative Text

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Recount Text

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]