Lisa Novita Sari Suka menulis dan berbagi pengetahuan

Report Text

2 min read

Report Text
Report Text, Foto oleh Unsplash

Pada jenjang SMP, salah satu materi bahasa Inggris yang kamu pelajari adalah report text. Report text banyak disamakan dengan descriptive text. Ini karena kedua teks tersebut punya tujuan yang hampir sama, yakni menggambar suatu objek. Akan tetapi, keduanya tetaplah memiliki ciri khas masing-masing. Lalu seperti apa contoh report text?

Kali ini, Studio Literasi akan mengajak kamu untuk mempelajarinya secara mendalam. Mulai dari pengertian, tujuan (purpose), generic structure (struktur) sampai contoh report text. Yuk, cek artikel lengkapnya.

Pengertian Report Text

Report text adalah salah satu jenis teks yang berisi penjelasan detail secara ilmiah tentang suatu objek, bisa berupa penjabaran fisiknya, penjabaran nonfisik, atau fakta-fakta ilmiah dari suatu objek.

Jika dari pengertiannya, terlihat teks report hampir mirip dengan descriptive text. Namun sebenarnya berbeda, lho. Report text menjelaskan suatu fenomena yang lebih umum. Sementara descriptive text merupakan paparan yang spesifik dan detail, identik dengan pancaindera.

Berbeda, bukan?

Baca juga: Descriptive Text

Selain itu, teks jenis ini menekankan pada paparan faktual (factual report text) yang bersifat ilmiah. Sementara dalam descriptive text, kamu masih akan menemukan kalimat-kalimat subjektif yang berisi opini penulis.

Tujuan (Purpose)

Teks dibuat untuk tujuan yang berbeda-beda. Tujuan report text yaitu untuk menginformasikan (to inform) atau mendeskripsikan (to describe) pada pembaca tentang suatu objek secara general. Objek itu bisa berupa tempat, hewan, tumbuhan, atau pun manusia.

Ciri-Ciri

Seperti teks lainnya, teks ini memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan jenis teks lainnya. Berikut adalah ciri-cirinya.

1. Berisi fakta-fakta secara ilmiah.

2. Judul teks lebih general, tidak terlalu spesifik.

3. Tenses yang dipakai adalah Simple Present Tense.

Unsur Kebahasaan (Language Feature)

Unsur kebahasaan membangun teks report menjadi satu kesatuan teks yang baik. Berikut penjelasannya.

  1. Teks ini menggunakan kata kerja pertama (verb1) dan to be am, is, are.
  2. Teks ini menggunakan kata benda umum (general noun). Contohnya: Alih-alih menggunakan kata “my lovely cat” (kucing kesayanganku), dalam teks report kamu akan menemui kata “Persian cat” (kucing persia). 
  3. Adanya istilah teknis sesuai bidang ilmu topik teks. Misalnya jika topiknya “museum”, maka akan banyak ditemui istilah-istilah yang berhubungan dengan sejarah.
  4. Paragraf dalam teks report mengandung kalimat topik.

Generic structure of report text

Struktur umum atau sering disebut dengan generic structure pada teks report dibagi menjadi dua bagian, yakni general classification dan description. 

General Classification

General classification merupakan bagian awal atau paragraf pertama pada teks laporan. Bagian ini berisi pernyataan umum. Pernyataan umum ini menjabarkan keterangan objek teks report itu sendiri

Description 

Description adalah bagian kedua dari teks laporan atau teks report. Bagian ini berisi gambaran situasi atau gambaran fenomena yang terjadi. Hal itu bisa berupa bagian-bagiannya, tingkah lakunya, sifat-sifatnya, karakteristiknya, atau kebiasaannya. Di sini, penjelasan disampaikan secara ilmiah. Meski demikian, teks report bukanlah teks berita melainkan teks faktual ilmiah.

Contoh report text

Berikut ini akan disajikan contoh report text singkat yang akan memberikan gambaran seperti apakah teks report itu sehingga pemahamanmu akan lebih baik lagi. Ini adalah contoh teks report tentang benda.

Television

Contoh Report Text Television
Contoh Report Text Television, Foto Oleh The Economic Time

Television is one of the greatest inventions that can make your life brighter. Almost every person in the world has at least one television in their house. It is because television is worth to buy.

The types of television are varied from small to huge ones. The shape of it is also different from one another depends on the brands. However, it has the same function which is to entertain. Beside that, it helps the viewers to stay up to date since it airs the news around the world. In other words, television provides a lot of information to the viewers. It includes about people, flora, fauna, places, economics, and so on.

Terjemahan:

Televisi

Televisi adalah salah satu penemuan terbaik yang dapat membuat hidupmu lebih cerah. Hampir seluruh orang di dunia setidaknya memiliki satu televisi di rumahnya. Ini karen televisi memang layak untuk dibeli.

Tipe-tipe televisi bervariasi mulai dari yang berukuran kecil sampai yang besar. Bentuknya pun berbeda-beda tergantung pada mereknya. Akan tetapi, fungsi tetap sama yaitu untuk menghibur. Selain itu, televisi juga membantu penontonnya untuk tetap mengikuti perkembangan zaman karena menyiarkan berita dari penjuru dunia. Dalam kata lain, televisi menyajikan banyak sekali informasi kepada penonton, termasuk informasi tentang manusia, tumbuhan, hewan, tempat, ekonomi, dan lain-lain.

Nah…kita sudah mendiskusikan materi report text mulai dari pengertian, tujuan (purpose), ciri-ciri, unsur kebahasaan (language feature), struktur teks (generic structure), dan juga contohnya. Bagaimana? Mudah, bukan? Yuk beri komentar kalian dibawah atau pertanyaan seputar. Cheers!

Last Updated on Desember 11, 2020

Avatar
Lisa Novita Sari Suka menulis dan berbagi pengetahuan

11 Contoh Narrative Text

Selsi Selvia Selsi Selvia
17 min read

Passive Voice

Selsi Selvia Selsi Selvia
3 min read

Narrative Text

Avatar Lisa Novita Sari
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Top