Rukun Islam Beserta Penjelasan dan Dasar Hukumnya

2 min read

rukun islam
Rukun Islam, foto oleh Republika Co Id

Sebagai umat muslim, kita harus menerapkan Rukun Islam dan Rukun Iman. Karena kedua rukun tersebut merupakan ‘pilar’ penting yang menjadi pedoman atau pijakan bagi umat muslim dalam menjalani kehidupan serta wajib diimani dan dijalankan bila mampu oleh pemeluk agama islam.

Seseorang dapat dikatakan sebagai seorang muslim apabila menjalankan lima rukun islam. Lantas, apa saja kelima rukun tersebut? Dan seperti apa penjelasannya? Agar lebih memahaminya, mari simak pembahasan yang telah kami rangkum di bawah ini.

Pengertian Rukun Islam

Rukun Islam adalah hal pokok dalam islam yang dianggap sebagai pondasi wajib bagi orang-orang beriman dan merupakan dasar dari kehidupan umat Muslim. Setiap umat muslim wajib hukumnya untuk melaksanakan dan mengamalkan hal-hal yang ada dalamnya.

Berbeda dengan rukun iman yang sifatnya berupa mempercayai hal-hal tertentu, rukun islam ini merupakan 5 hal-hal penting berupa kegiatan fisik yang wajib atau harus dilakukan dan diamalkan oleh setiap umat muslim.

Dasar Rukun Islam

Berikut ini adalah hadits yang menerangkan tentang 5 rukun Islam.

عن أبي عبد الرحمن عبد الله بن عمر بن الخطاب رضي الله عنهما قال : سمعت النبي صلَّى الله عليه وسلَّم يقول : بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ ، وَ إِقَامِ الصَّلَاةِ ، وَ إِيْتَاءِ الزَّكَاةِ ، وَ حَجِّ الْبَيْتِ ، وَ صَوْمِ رَمَضَانَ .رواه البخاري و مسلم .

Yang artinya :

Dari Abu Abdirrahman Abdullah bin Umar bin Al-Khaththab –radhiyallahu ‘anhuma-, katanya, “Aku mendengar Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda,

Islam dibangun di atas lima perkara: persaksian bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah dengan benar kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, naik haji, dan puasa Ramadhan’”.(HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Penjelasan 5 Rukun Islam

Untuk lebih jelasnya tentang 5 rukun islam akan dibahas dalam penjelasan berikut ini.

Mengucapkan Dua Kalimat Syahadat

syahadat
Syahadat, foto oleh Cakrawalarafflesia Com

Mengucapkan kalimat syahadat merupakan rukun islam yang pertama. Hal ini wajib hukumnya bagi seseorang yang ingin menjadi muslim.

Berikut ini adalah dua kalimat syahadat dalam bahasa Arab beserta artinya.

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

Asy-hadu allaa ilaaha illallaahu wa asy-hadu anna muhammadarrasuulullahi

Artinya :

“Aku bersaksi tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah”.

Dua kalimat syahadat tersebut menyatakan bahwa :

  1. Tidak ada Tuhan selain Allah.
  2. Nabi Muhammad adalah utusan Allah.

Mendirikan Shalat

shalat
Shalat, foto oleh Artikel Rumah123 Com

Setelah mengucapkan dua kalimat syahadat dan masuk islam, selanjutnya sebagai seorang muslim wajib hukumnya untuk mendirikan shalat 5 waktu. 

Daftar sholat lima waktu yang wajib didirikan oleh umat islam, yaitu sebagai berikut :

  • Shalat Subuh (2 rakaat)
  • Shalat Dzuhur (4 rakaat)
  • Shalat Asar (4 rakaat)
  • Shalat Maghrib (3 rakaat)
  • Shalat Isya (4 rakaat)

Berpuasa di Bulan Ramadhan

puasa
Puasa Bulan Ramadhan, foto oleh Mihrabqolbi Com

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penting bagi seluruh umat muslim. Pada bulan Ramadhan ini setiap orang muslim wajib untuk menjalankan ibadah puasa.

Pada saat ibadah puasa, setiap orang dilarang untuk makan/minum dan harus menahan hawa nafsu sejak subuh hingga terbenamnya matahari.

Hal ini memang terlihat berat untuk dilakukan, namun sebenarnya ibadah ini merupakan cara Allah untuk melatih setiap umat muslim untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Selain itu, terdapat pula studi ilmiah yang menyatakan bahwa ibadah puasa dapat meningkatkan kesehatan seperti menjadi lebih sehat, tenang, dan bugar.

Disamping itu, hikmah puasa yaitu :

  • Dapat menumbuhkan rasa empati terhadap kaum dhuafa.
  • Dapat melatih kesabaran.
  • Dapat membantu orang yang kurang mampu.

Menunaikan Zakat

zakat
Zakat, foto oleh Finance Detik Com

Rukun islam yang keempat yaitu zakat. Ibadah zakat ini wajib dilakukan oleh seluruh umat muslim kecuali bagi orang yang tidak mampu seperti fakir miskin/kaum dhuafa.

Zakat dibagi menjadi 2 macam, yaitu :

  • Zakat fitrah, zakat yang diberikan/dikeluarkan pada saat Bulan Ramadhan.
  • Zakat mal, zakat yang dikeluarkan berdasarkan hasil usaha atau penghasilan.

Jumlah zakat fitrah yang harus dikeluarkan adalah 2,5 kg beras atau dapat diganti dengan uang tunai yang nilainya setara dengan 2,5 kg beras tersebut.

Sedangkan untuk zakat mal besarnya yaitu 2,5% dari harta yang diperoleh dari hasil usaha atau penghasilan.

Pembahasan mengenai ibadah zakat ini terdapat pada firman Allah yaitu dalam surat Al-Baqarah ayat ke-43 :

وَ اَقِیۡمُوا الصَّلٰوۃَ وَ اٰتُوا الزَّکٰوۃَ وَ ارۡکَعُوۡا مَعَ الرّٰکِعِیۡنَ

Artinya :

“Dan dirikanlah shalat, serta tunaikan zakat, dan rukuk lah bersama dengan orang-orang yang rukuk”.

Setiap umat muslim diwajibkan menunaikan zakat karena memiliki banyak manfaat, misalnya membantu orang lain dan menggerakkan roda perekonomian.

Pergi Haji (Bagi yang Mampu)

haji
Haji, foto oleh Haji Dream Co Id

Bagi umat muslim yang mampu, menunaikan ibadah haji adalah suatu kewajiban. Pergi Haji ke Mekkah wajib dilakukan sekali dalam seumur hidup oleh setiap orang islam.

Pembahasan mengenai ibadah haji ini terdapat pada firman Allah, yaitu dalam surat Ali-Imran ayat ke-97 :

وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا ۚ وَمَن كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ

Artinya :

“…mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barang siapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.” 

Itulah penjelasan mengenai 5 rukun islam beserta dasar hukumnya. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat. Sampai ketemu di pembahasan berikutnya. Semangat belajar!

Last Updated on November 23, 2020

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Top