1. Kelas 8 IPS

Rumah Adat Papua

Sobat studioliterasi, sudah pernahkah kalian melihat rumah adat Papua secara langsung?

Papua merupakan provinsi yang memiliki banyak keanekaragaman budaya dan adat. Selain itu, keindahan alamnya juga mampu memikat siapa saja yang berkunjung ke sana. 

Ketika kita mengunjungi bumi Cendrawasih, kalian akan menemukan berbagai hal unik yang ada disana, misalnya saja rumah adat Papua.

Jika ciri khas rumah Joglo Jawa Timur terletak di 4 pembagian ruangan, maka rumah adat Papua juga mempunyai keunikan tersendiri lho, contohnya pada bagian atapnya terbuat dari ilalang atau jerami kering. 

Tidak hanya soal keunikan, ternyata selain Hanoi, hunian tradisional provinsi paling Timur di Indonesia ini juga ada beberapa macam seperti Ebai serta Kariwari. Nah, untuk penjelasan lebih lengkap, ayo simak artikel berikut bersama-sama!

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Daftar Isi

Keunikan Rumah Adat Papua

  1. Bentuk 

Secara umum, hunian tradisional daerah Papua bentuknya seperti jamur. Sedangkan bagian atap berbentuk menyerupai kubah atau wajan terbalik. 

Bangunan rumah memiliki satu atau dua pintu sebagai jalan masuk dan keluar. Desain rumah juga tidak mempunyai jendela untuk mencegah hawa dingin serta serangan binatang buas. 

  1. Bahan 

Material  yang digunakan untuk membangun rumah adat Papua yaitu jerami atau ilalang serta batang kayu.

Jerami atau ilalang digunakan sebagai bahan penyusun atap. Sebelum digunakan, jerami tersebut harus dikeringkan terlebih dahulu.

Sedangkan batang kayu merupakan material untuk menyusun pondasi dan dinding. 

  1. Ukuran 

Rumah adat Papua pada umumnya berukuran kecil. Hal tersebut karena biasanya hunian hanya cukup menampung satu anggota keluarga kecil dengan beberapa orang saja. 

  1. Letak

Hunian tradisional bumi Raja Ampat ini biasanya terletak di hutan yang memang merupakan tempat asli mereka tinggal. Tetapi ada juga yang dibangun di daerah perkotaan. 

  1. Aturan 

Ternyata terdapat aturan tersendiri untuk membangun satu rumah adat Papua. Aturan tersebut yaitu, rumah hanya boleh dihuni kaum pria saja, serta ada juga yang khusus dihuni oleh kaum wanita. 

Jenis Rumah Adat Papua

  1. Honai
Rumah Adat Papua
Jenis Rumah Adat Papua, Foto Oleh Berbol co id

Honai adalah rumah adat Papua yang paling populer serta diketahui banyak orang. Honai merupakan tempat tinggal masyarakat suku Dani

Honai berasal dari kata ‘Hun’ berarti laki-laki, dan ‘ai’ yang artinya rumah. Jadi dapat disimpulkan hunian ini hanya boleh ditinggali oleh laki-laki dewasa suku Dani. 

Ciri khas utama Honai berupa atap seperti kubah yang tersusun oleh tumpukan jerami kering. Bagian dinding terbuat dari kayu dengan ketinggian mencapai 2,5 meter. 

Konon katanya syarat lain untuk membangun Honai ialah harus menghadap ke arah matahari terbit atau tenggelam. 

Rumah ini terdiri atas dua lantai tanpa jendela dengan satu pintu sebagai akses masuk dan keluar. 

Di bagian dalam rumah terdapat ruangan kecil berukuran 5 meter dengan area tengah berbentuk lingkaran. Ruangan tersebut merupakan tempat untuk menyalakan api. 

Api itu digunakan suku Dani sebagai cahaya pengganti lampu, serta untuk  menghangatkan badan dari dinginnya udara pegunungan. 

Kalian bisa datang ke Lembah Baliem, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua untuk melihat langsung keunikan rumah Honai.  

  1. Ebai 
Rumah Adat Papua
Ebai, Foto Oleh 99 co

Jika sebelumnya Honai adalah hunian khusus kaum laki-laki, maka Ebai merupakan bangunan milik suku Dani untuk perempuan.

Ebai berasal dari kata ‘ebe’ berarti tubuh dan ‘ai’ yang artinya rumah. 

Bentuk Ebai juga tidak terlalu berbeda dengan Honai. Namun ukurannya lebih pendek serta lebih lebar.

Keunikan rumah Ebai yakni bagian pintunya dibuat tidak sejajar dengan pintu rumah Honai. 

Kaum perempuan suku Dani menjadikan rumah Ebai sebagai tempat untuk memasak sekaligus melakukan aktivitas rumah tangga lainnya.

  1. Wamai 
Rumah Adat Papua
Wamai, Foto Oleh Aminama com

Rumah Wamai ialah bangunan yang dibuat khusus untuk hewan ternak seperti ayam, babi, dan kambing. Tempat  ini bisa dibilang sebagai kandang bagi hewan peliharaan. Ukurannya pun menyesuaikan jumlah ternak yang ada.

Wamai memiliki desain atap yang berbeda dengan rumah adat lainnya. Bentuk atapnya cenderung kerucut atau pun lebih lancip.

Rumah Wamai umumnya dibangun agak jauh dari hunian utama. Dindingnya terbuat dari papan kayu yang disusun secara teratur serta membentuk lingkaran. 

  1. Kariwari 
Rumah Adat Papua
Kariwari, Foto Oleh Popbela com

Kariwari adalah hunian tradisional milik suku Tobati dan Enggros. Hunian tersebut berfungsi sebagai tempat belajar bagi anak-anak, khususnya anak laki-laki.

Di dalam Kariwari lah anak laki-laki akan diajari bagaimana menjalani hidup serta mencari nafkah ketika nanti sudah dewasa.

Bentuk Kariwari berbeda dengan Honai. Perbedaan itu terletak pada atap di mana bentuknya seperti kerucut dan menjulang tinggi.

Rumah ini juga berukuran lebih besar, serta bahan material penyusunnya  juga bervariasi seperti bambu, kayu besi, dan daun sagu hutan.

Struktur rumah Kariwari terdiri atas tiga tingkat. Tingkat paling bawah digunakan sebagai tempat belajar anak laki-laki

Tingkat kedua merupakan area yang dijadikan tempat pertemuan antar petinggi suku setempat.

Sedangkan tingkat ketiga ialah bagian paling atas yang fungsinya sebagai tempat untuk berdoa atau melakukan meditasi. 

Kalian bisa mengunjungi kawasan danau Sentani jika ingin melihat bangunan Kariwari secara langsung. 

  1. Rusmram
Rumah Adat Papua
Rusmram, Foto Oleh 99 co

Rumsram adalah rumah panggung berbentuk persegi dengan atap seperti perahu terbalik. Tinggi bangunan mencapai 6-8 meter.

Rumah adat suku Biak Numfor ini terdiri atas dua lantai. Lantai paling bawah tidak memiliki dinding sehingga ruangannya tampak luas.

Lantai paling atas berfungsi sebagai tempat tinggal sekaligus melakukan berbagai kegiatan lain.

Tak hanya itu, rumah Rusmram juga digunakan sebagai tempat pendidikan bagi anak laki-laki di suku Biak.

  1. Rumah Adat Papua Suku Korowai
Rumah Adat Papua Suku Korowai
Rumah Adat Papua Suku Korowai, Foto Oleh 99 co

Berbeda dengan rumah adat Papua lainnya, rumah suku Korowai dibangun di atas pohon dengan ketinggian 15-30 meter dari permukaan tanah.

Dinding bangunan terbuat dari material kayu serta atapnya merupakan kumpulan daun yang disusun secara teratur.

Masyarakat suku Korowai membangun rumah mereka di atas pohon karena untuk menghindari binatang buas serta gangguan roh jahat laleo.

Menurut kepercayaan mereka, laleo adalah orang asing yang bukan termasuk anggota suku Korowai. 

Bagaimana kawan-kawan? Apakah kalian sudah paham terkait penjelasan lengkap rumah adat Papua di atas? Jika sudah paham, jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian ya!

Baca juga: Rumah Adat Jawa Timur

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Rumah Adat Papua

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]