1. Kuliah & Umum

Rumus Geometri: Bangun Ruang & Bangun Datar

bangun datar bola
bangun datar bola. sumber: unplash.com

Pada pelajaran Matematika, Geometri merupakan suatu materi yang membahas hal-hal yang berkaitan dengan ruang, luas, hubungan titik, volume dan sudut. Biasanya, hal ini terdapat pada bangun ruang dan bangun datar. Sudah pasti saat kita mempelajarinya tidak jauh dari kata menghitung dan menganalisanya. Oleh karena itu, geometri mendapatkan sebutan ilmu ukur. Karena mengukur seperti berapa panjang, lebar, tinggi hingga sudutnya. 

Sebenarnya, kita sudah mendapatkan materi geometri pada saat menempuh pendidikan sekolah dasar, namun baru sebatas jenis-jenis bangunan, sudut, bentuk serta menghitung tinggi, panjang, volume dan lebar. Barulah saat berada pada jenjang pendidikan sekolah senengah mendapatkan materi geometri yang tingkatannya lebih tinggi. Misal, trigonometri dan beberapa ada unsur aljabar. Berikut penjelasan lengkap tentang geometri yang Sobat Literasi bisa pelajari pada artikel ini!

Pengertian Geometri

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), geometri merupakan salah satu cabang ilmu Matematika menjelaskan tentang sifat-sifat garis, sudut, bidang dan ruang serta ilmu ukur. Tak hanya dari KBBI saja, pengertian geometri juga kita ambil dari beberapa pendapat para ahli berikut ini:

  • Suyanto,  menyatakan bahwa geometri adalah suatu benda yang memiliki dasar, bentuk atau bangun datar, misalnya terdiri atas segiempat, segilima, segienam, dan lingkaran. Sedangkan bangun ruang contohnya bisa kubus, balok dan lain-lainnya.  Geometri bersifat abstrak, namun dapat diwujudkan melalui cara semi konkret maupun konkret.
  • Moeharti, menjelaskan bahwa geometri merupakan cabang matematika yang mempelajari titik, garis, bidang, dan benda-benda ruang serta sifat-sifatnya, ukuran-ukurannya serta hubungannya satu sama lain.
  • Clements, pengertian geometri adalah membangun konsep yang dimulai dengan mengidentifikasi bentuk-bentuk dan menyelidiki bangunan dan memisahkan gambar-gambar seperti segi empat, lingkaran, segitiga.Pada teori geometri terbagi menjadi 2 yaitu bangun datar dan bangun ruang. Kalau bangun datar geometrinya berfokus pada luas karena tidak punya volume, karena merupakan bangunan dua dimensi. Sebaliknya pada bangun ruang karena merupakan bangunan tiga dimensi terdapat unsur lainnya, yakni  volume. 

    Baca Juga: Bilangan Berpangkat

Rumus Geometri

Bangun Datar

  • Segitiga

Rumus keliling = a + b + c

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

Luas  = 1/2 x alas x tinggi

  • Persegi

Keliling= sisi + sisi + sisi +sisi = 4s

Luas     = s2

  • Lingkaran

Keliling  = π x diameter

Luas  = 1/4 x pi x diameter²

  • Persegi Panjang

Keliling= 2 (p+l)

Luas = panjang x lebar

  • Trapesium

Keliling=  AB + BC + CD + DA. (alas + kaki + alas + kaki)

Luas = 1/2 × tinggi ( AB + CD ).

  • Jajar Genjang

Keliling=  2(a + b) (panjang sisi sejajar)

Luas  = alas x tinggi

  • Belah Ketupat

Keliling= 1/2 × diagonal sisi 1 × diagonal sisi 2

Luas= 4 x sisi

  • Layang- layang

Keliling=  (sisi a + sisi  a) + (sisi b + sisi  b)

Luas=  1/2 x diagonal ke-1 x diagonal ke-2

Bangun Ruang

  • Kubus

Kelling= 12 x panjang rusuk.

Luas Permukaan=   6 x sisi²

Volume= s3

  • Balok

Keliling= 4 x (panjang +lebar +tinggi)

Luas Permukaan= 2 x (panjang x lebar)+(panjang x tinggi)+(lebar x tinggi)

Volume= panjang x lebar x tinggi

  • Tabung

Kelling=  2𝜋r = 2 (panjang + tinggi)

Luas Permukaan= L = 2 π r (r + t)

Volume= πr²t (22/7 x jari jari x tinggi)

Cara mencari jari-jari adalah dengan mencari dulu diameternya= 2 x jari-jari, barulah cari jari-jarinya= 1/2 x diameter.

  • Prisma Segitiga

Luas= luas alas + luas sisi tegak + luas atap

Luas Permukaan= (2x luas alas) + (luas sisi tegak atau selimut)

Volume= (alas x tinggi/2)  x tingginya prisma

Sisi tegak prisma Segitiga=  Keliling alas x tinggi

  • Prisma Segiempat

Luas Permukaan = (2x luas alas) + luas selimut

Volume = luas alas x tinggi prisma

  • Prisma Segilima

Luas Permukaan=  L = 2 x luas alas + (keliling alas x tinggi prisma)

Volume= ½ (alas x tinggi x 5) x tinggi prisma.

  • Prisma Segienam

Luas Permukaan= 2 x luas alas + luas selimut 

Volume = luas alas x tinggi

  • Limas Segitiga

Luas Permukaan= luas alas + luas sisi tegak

Volume= 1/3 x luas x tinggi

  • Limas Segiempat

Luas Permukaan= luas alas + luas sisi tegak

Volume= 1/3 x luas x tinggi

  • Limas Segilima

Luas Permukaan= luas atas + luas selubung limas

Volume= 1/3 x luas alas x tinggi

  • Kerucut

Luas Permukaan= (π r s) + (π r²)

Volume= 1/3 x 22/7 atau 3,14 x jari-jari x jari-jari x tinggi

Baca Juga: Apa itu Balok?

Manfaat Pelajari Geometri

  • Mengenal bentuk 

Bagi anak-anak yang masih berada masa PAUD atau TK, dengan mempelajari geometri setidaknya anak mengenal bentuk bangun ruang yang simple, seperti lingkaran, kotak atau segitiga. Akan lebih bagus jika tidak hanya memperkenalkan bentuk dan gambarnya saja, tapi sekalian cara menggambarnya. Hal ini sekalian melatih motorik dan kemampuan anak dalam menggambar, terutama membuat garis.

  • Logika  menjadi terlatih

Saat belajar bentuk geometri, secara tidak sadar kita mulai berpikir dan menganalisa mengenai bentuk, letak, garis maupun bagian sudutnya. Hal ini juga bisa terapkan pada saat mengerjakan soal. Paling tidak, kita sudah mengetahui jenis-jenis dan bentuknya sehingga tidak kesusahan ketika ditanya maupun mengerjakan soal.

Baca Juga: Materi Aritmatika Sosial Kelas 7 Lengkap Plus Contoh Soalnya

Nah, demikian penjelasan mengenai berbagai macam rumus geometri baik dari bangun ruang maupun bangun datar. Semoga artikel ini mempermudah Sobat Literasi untuk mencari rumus saat ada tugas yang berkaitan dengan penggunaan rumus. 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Rumus Geometri: Bangun Ruang & Bangun Datar

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]