1. Kelas 7 IPA

Sel Tumbuhan

Setiap makhluk hidup baik hewan maupun tumbuhan pasti memiliki beberapa sel. Sel sendiri merupakan bagian terkecil dari makhluk hidup. Namun, setiap makhluk hidup memiliki berbagai macam jenis serta memiliki perbedaan, khususnya pada tumbuhan. Sel tumbuhan memiliki beberapa perbedaan baik berupa bentuk, fungsi maupun karakteristik lainnya. Untuk lebih jelasnya mari kita simak pembahasan berikut ini mengenai sel tumbuhan.

Pengertian Sel Tumbuhan

Sel Tumbuhan adalah unit terkecil dari tumbuhan dan merupakan sel eukariotik yang terbungkus oleh membran. Sel eukariotik sendiri merupakan sebuah sel yang mempunyai nukleus (inti) di dalamnya. Berbeda dengan sel hewan yang juga tergolong sel eukariotik, sel tumbuhan memiliki dinding sel yang melingkupi sel tersebut.

Sel tumbuhan memiliki beberapa bagian atau organel penyusun yang berbeda dengan sel hewan. Salah satunya yaitu pada sel tumbuhan terdapat kloroplas yang digunakan untuk proses fotosintesis. 

Ciri-ciri Sel Tumbuhan

Berikut ini merupakan beberapa ciri-ciri yang dimiliki sel tumbuhan.

Artikel Terkait

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Yuk, Mengenal Bagaimana Cara Memahami Contoh Teks Ulasan
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 4 April 2024 at 2:05 am

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks The post Yuk, Mengenal Bagaimana Cara Memahami Contoh Teks Ulasan appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Kenali Jenis-Jenis Komputer yang Ada di Seluruh Dunia!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 3 April 2024 at 1:39 am

    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia The post Kenali Jenis-Jenis Komputer yang Ada di Seluruh Dunia! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 12 Maret 2024 at 12:34 am

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu The post Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya appeared first on Sma Studioliterasi.

  1. Mempunyai dinding sel
  2. Mempunyai kloroplas (plastida)
  3. Mempunyai vakuola yang berukuran besar
  4. Mempunyai bentuk sel yang tetap
  5. Ukuran nukleus lebih kecil daripada vakuola
  6. Menyimpan energi dalam bentuk butiran pati
  7. Sumber energi berasal dari hasil fotosintesis

Fungsi Sel Tumbuhan

Sel tumbuhan memiliki beberapa fungsi, yaitu sebagai berikut :

  1. Mengatur seluruh aktivitas tumbuhan
  2. Berperan langsung dalam pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
  3. Membawa sifat genetik tumbuhan
  4. Penyusun bentuk tubuh tumbuhan

Struktur Sel Tumbuhan

sel tumbuhan
Struktur Sel Tumbuhan, foto oleh DapurPendidikan Com

Sel Tumbuhan terdiri atas beberapa bagian-bagian yang biasa disebut sebagai organel. Setiap organel memiliki bentuk serta fungsi yang yang berbeda-beda. Berikut penjelasan beberapa organel-organelnya.

Nukleus (Inti sel)

nukleus
Nukleus, foto oleh Utakatikotak Com

Inti sel atau biasa disebut dengan nukleus merupakan organel yang memiliki peran penting di dalam sel. Di dalam nukleus terdapat materi genetik berupa kromosom yang membawa sifat genetik dari tumbuhan itu sendiri. Selain itu, nukleus juga berperan sebagai pengatur jalannya proses metabolisme seperti pembelahan sel, pertumbuhan sel serta sintesis protein. 

Nukleus memiliki 2 selaput, yaitu selaput dalam dan selaput luar. Selaput luar merupakan bagian yang berhubungan langsung dengan sitoplasma dan menjadi tempat menempelnya ribosom. Pada bagian selaput ini terdapat bagian celah yang dikenal sebagai intern membran. Nukleus juga memiliki sebuah inti yang biasa disebut dengan nukleoplasma.

Kloroplas (Plastida)

kloroplas
Kloroplas, foto oleh Moztrip Com

Kloroplas atau plastida memiliki peran penting terutama untuk proses fotosintesis guna memproduksi makanan pada tumbuhan. Di dalam kloroplas terdapat kandungan klorofil yang berfungsi untuk memberikan pigmen hijau pada tumbuhan. 

Kloroplas memiliki bentuk yang lonjong menyerupai kacang hijau. Organel ini memiliki dua jenis membran, yaitu dalam dan luar. Pada membran dalam, terdapat tilakoid dan stroma. Stroma ini berbentuk cairan yang akan mempenuhi bagian rongga yang terdapat pada tilakoid dan kloroplas.

Ribosom

ribososm
Ribosom, foto oleh Seputarilmu Com

Ribosom merupakan organel kecil yang tersusun atas nukleoprotein. Terdapat dua jenis ribosom yaitu bebas dan terikat. Kedua jenis ini memiliki fungsi yang sama, yang membedakan adalah sifatnya terhadap jaringan sel. Ribosom berfungsi untuk memproses zat protein yang ada di dalam sel. Terdapat 60% kandungan asam ribonukleat dan 40% protein di dalam ribosom.

Mitokondria

mitokondria
Mitokondria, foto oleh Seputarilmu Com

Mitokondria merupakan organel yang memiliki bentuk bulat memanjang. Organel ini berfungsi untuk memecah sumber energi dari karbohidrat kompleks dan gula. Sama seperti ribosome, mitokondria juga terdiri atas dua membran, luar dan dalam.

Pada mitokondria terdapat enzim tertentu yang berperan untuk memasok energi ke dalam sel. Selain itu, di dalam mitokondria juga dilakukan proses respirasi sel untuk pembentukan ATP.

Badan Golgi

badan golgi
Badan Golgi, foto oleh Saintif Com

Badan golgi merupakan organel sel yang berbentuk seperti kantong tipis berkelok-kelok dan tersusun atas kumpulan vesikel pipih. Organel ini berfungsi untuk membuat zat kimia yang ada pada sel. Zat kimia tersebut akan diangkut setelah retikulum endoplasma mengangkut sintesis terhadap protein dan lemak. Selain itu, badan golgi juga berperan sebagai penyimpan cadangan protein dalam sel.

Retikulum Endoplasma

retikulum endoplasma
Retikulum Endoplasma, foto oleh Senengseneng21 Blogspot Com

Retikulum endoplasma merupakan organel yang berada di dekat inti sel (nukleus) yang berperan sebagai penghubung antara nukleus dengan sitoplasma. Organel ini berfungsi untuk mengangkut sisa lemak yang akan dijadikan sebagai cadangan makanan. Selain itu organel ini juga melakukan detoksifikasi drug dan racun yang ada di dalam sel.

Retikulum endoplasma ini memiliki bentuk yang menyerupai labirin dengan bagian dinding yang tampak berliku. Organel ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu RE halus dan RE kasar. Pada RE kasar permukaannya akan ditempeli butiran ribosom, sedangkan pada RE halus ribosom akan sulit menempel.

Vakuola

vakuola
Vakuola, foto oleh Cryptowi Com

Vakuola merupakan organel yang memiliki ukuran paling besar daripada organel lainnya. Vakuola memiliki peran sebagai tempat penyimpanan sel. Organel ini berbentuk seperti karung  yang menampung cairan yang berasal dari senyawa organik dan anorganik.

Di dalam vakuola tersimpan berbagai zat makanan seperti gula dan protein. Organel ini memiliki fungsi utama yaitu menstabilkan tingkat pH, mengatur tekanan dalam sel serta memisahkan sisa zat metabolisme sel. Vakuola memiliki lapisan membran yang bernama tonoplas.

Peroksisom

peroksisom
Peroksisom, foto oleh Microscopemaster Com

Peroksisom merupakan organel berbentuk bulatan kecil yang berfungsi untuk memecah asam lemak menjadi komponen gula yang akan digunakan untuk proses metabolisme pada tumbuhan. Organel ini mengandung kurang lebih 40 enzim yang berfungsi untuk mengolah racun menjadi air. 

Di dalam peroksisom terdapat enzim oksidatif khusus yang digunakan untuk memecahkan asam lemak menjadi gula sederhana. Selain itu, peroksisom juga berfungsi membantu kloroplas dalam melakukan fotorespirasi.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Sel Tumbuhan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]

    Trending

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh […]
    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]