1. Penjaskes

Manfaat Senam Ketangkasan, Pengertian, Gerakan, & Alatnya

Salam olahraga, sobat Stulit! Di pembahasan materi kali ini, Studio Literasi akan memberikan penjelasan tentang senam kebugaran. Hayo, siapa yang punya hobi senam? Senam memiliki banyak jenis, tapi kali ini kita akan membahas senam ketangkasan. Tapi senam ini berbeda, loh, dari senam-senam dengan gerakan pada umumnya. 

Senam ketangkasan kebanyakan menggunakan gerakan yang statis, atau hanya diam di tempat. Tapi bukan berarti senamnya hanya diam saja, ya. Senam ketangkasan ini dapat melatih kelenturan tubuh dan masih banyak lagi manfaatnya. Yuk, kita simak bersama materi senam ketangkasan berikut ini. 

Pengertian Senam Ketangkasan

Senam ketangkasan adalah jenis senam artistik karena memiliki aturannya sendiri dalam setiap gerakan. Senam ini dapat melatih otot dan kelenturan tubuh. Senam ketangkasan disebut juga senam lantai karena prakteknya yang notabene dilakukan di lantai atau bersentuhan langsung dengan lantai.

Senam lantai dilakukan dengan beberapa macam metode, di antaranya adalah palang tunggal, palang sejajar, kuda pelana, dan gelang-gelang. Anggota tubuh yang banyak terlibat dalam senam lantai adalah lengan, bahu, kaki, punggung, dada, dan otot perut.

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Senam ketangkasan juga masuk ke dalam kejuaraan tingkat nasional dan internasional. Setelah ini kita akan membahas lebih lanjut jenis-jenis gerakan senam lantai, alat senam ketangkasan serta manfaat dari senam ini. 

Berbagai Gerakan Senam Ketangkasan

Sikap Lilin (sumber: Pinhome)
Sikap Lilin – Salah Satu Bentuk Senam Ketangkasan (sumber: Pinhome)

1. Sikap Lilin

Sikap lilin dilakukan dengan cara posisi telentang sambil mengangkat kedua kaki ke atas, dan kedua tangan ikut mengangkat bagian pinggul ke atas untuk menopang badan agar tetap tegak lurus menyerupai lilin.

Untuk posisi yang sempurna, dibutuhkan bantuan orang lain untuk memegangi telapak kaki kita agar stabil, dan angkat punggung menggunakan kedua tangan. Berikut ini adalah contoh gerakan dari sikap lilin. 

2. Kayang

Gerakan kayang mungkin terbilang susah karena butuh kelenturan yang cukup maksimal untuk melakukannya. Cara yang dapat dilakukan untuk berlatih gerakan kayang diawali dengan posisi tubuh berdiri, kemudian angkat kedua tangan ke atas, lalu dorong badan ke belakang sampai tangan menyentuh lantai dengan tubuh posisi tubuh melengkung total ke belakang.

Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan paksakan jika tubuh tidak bisa melengkung sempurna, karena untuk melakukan gerakan ini butuh latihan secara rutin. Berikut ini adalah langkah melakukan gerakan kayang.  

3. Roll Depan

Roll depan adalah gerakan menggulingkan badan ke depan. Untuk melakukan roll depan, ambil posisi jongkok terlebih dahulu, kemudian tempelkan dagu pada dada atas sehingga posisi kepala kita menunduk.

Kemudian dorong badan kita ke arah bawah sampai kepala menyentuh matras dan dorong badan ke depan. Pastikan posisi setelah terguling masih dalam keadaan jongkok. Berikut ini langkah-langkah roll depan dalam bentuk gambar

4. Roll Belakang

Sama dengan roll depan, roll belakang adalah kebalikannya. Yaitu kita menggulingkan tubuh ke arah belakang. Dilakukan dengan cara posisi tubuh jongkok, kemudian peluk kedua kaki, tundukkan kepala dan posisikan tubuh seperti batu.

Lalu dorong badan ke belakang sampai tubuh kita terguling dan berada di posisi yang sama setelah melakukan roll belakang. Pastikan kepala tetap menunduk sampai tubuh kita kembali ke posisi normal. Berikut ini langkah-langkah roll belakang dalam bentuk gambar

5. Lompat Kangkang

Selanjutnya ada lompat kangkang. Jenis gerakan ini membutuhkan alat bantu bernama kuda-kuda lompat yang sejajar dengan lutut kita. Alat bantu tersebut nantinya berfungsi sebagai tumpuan kita untuk melompati alat kuda-kuda.

Langkah melakukan lompat kangkang adalah atur jarak kita dengan tumpukan gabus kurang lebih 1 meter. Setelah siap, atur posisi loncat jauh sampai sudah mendekati tumpuan, lewati tumpuan tersebut dengan gaya katak melompat dan jangan sampai terkena tumpuan. Berikut ini adalah langkah-langkah gerakan lompat kangkang dalam bentuk gambar.

6. Lompat Jongkok

Sama dengan lompat kangkang, lompat jongkok dilakukan dengan menggunakan alat bantu berupa kuda-kuda lompat. Langkahnya adalah diawali dengan posisi tubuh jongkok dan dorong tubuh ke atas seperti gerakan melompat tinggi untuk dapat melewati kuda-kuda lompat. Berikut ini tahapan dalam melakukan lompat jongkok.

7. Handstand

Gerakan handstand juga membutuhkan keseimbangan dan kekuatan tangan untuk menopang tubuh kita. Caranya adalah diawali dengan meletakkan kedua tangan kita di atas kepala, kemudian posisikan kepala kita di lantai dan kaki yang bersiap untuk naik ke atas.

Setelah merasa seimbang naikkan kaki ke atas perlahan lahan dan posisikan tangan menopang tubuh kita. Sesuaikan kemampuan tangan kita untuk menopang tubuh, jangan sampai memaksakan karena akan berakibat fatal khususnya untuk tangan dan bagian kepala.   

Alat Senam Ketangkasan

Untuk melakukan senam ketangkasan yang sudah disebutkan di atas tadi, tentunya kita membutuhkan alat peraga atau alat bantu yang berfungsi memudahkan kita dalam melakukan senam.

Hal tersebut dikarenakan senam-senam ini melibatkan anggota tubuh vital sehingga membutuhkan alat bantu agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Berikut ini adalah jenis alat senam yang dibutuhkan

Contoh Floor Exercise (sumber: DGS-Gymnastics)
Contoh Floor Exercise (sumber: DGS-Gymnastics)

1. Matras

Secara lebih spesifik, matras yang digunakan untuk kegiatan olahraga berbeda dengan matras untuk tempat tidur. Matras adalah alas yang digunakan untuk beragam jenis kegiatan olahraga seperti senam lantai, yoga dan bela diri. Matras yang digunakan untuk senam lantai terbuat dari busa atau spons. Biasanya, matras untuk senam lantai berukuran 1.20 meter x 2 meter. 

Bahan busa atau spons dipilih karena cenderung bersifat elastis dan tidak mudah lembek sehingga tetap kenyal meskipun digunakan berkali-kali. Mengingat kegiatan senam lantai banyak yang melibatkan anggota tubuh vital seperti kepala, maka matras yang digunakan harus empuk dengan tebal 10 cm-15 cm. 

2. Kuda-Kuda Lompat

Alat bantu yang kedua yaitu kuda-kuda lompat. Bentuk dari benda ini seperti kursi dengan panjang 1,2 cm – 1,3 cm. Fungsi dari alat bantu ini adalah untuk tumpuan loncat gerakan senam lompat jongkok dan lompat kangkang. Contoh dari kuda-kuda lompat adalah sebagai berikut 

3. Lantai (Floor Exercise)

Lantai merupakan benda yang penting dalam senam ketangkasan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan bahan dasar lantai. Karena yang dipakai bukan berupa ubin atau keramik, melainkan lantai dengan komponen bantalan yang empuk. Selain itu, ada standar ukuran yang ditetapkan untuk floor exercise yaitu 12 x 12 meter. 

4. Kuda-Kuda Pelana

Alat bantu kuda-kuda pelana ini bentuknya persis dengan dudukan yang ada di punggung kuda tunggangan. Kuda-kuda pelana ini berfungsi sebagai alat bantu lompat. Berbeda dengan kuda-kuda lompat, cara menggunakan kuda-kuda pelana tidak boleh menyentuh bagian dudukannya. 

5. Palang Sejajar

Palang sejajar ini jarang digunakan untuk senam lantai, dan lebih banyak digunakan untuk senam artistik. Palang sejajar ini terdiri dari dua palang yang bersebelahan dengan tinggi yang sama. Fungsi palang ini adalah untuk melatih kekuatan tangan, bahu dan lengan. Alat ini dapat diatur sesuai dengan gerakan yang akan dilakukan. 

Manfaat Senam Ketangkasan

Senam lantai juga memiliki banyak manfaat, loh. Selain untuk kebugaran jasmani, senam ketangkasan juga dapat melatih otot-otot dan kelenturan tubuh. Apa saja manfaat lainnya? Yuk, kita simak bersama beragam manfaat senam ketangkasan berikut ini. 

seorang gadis melakukan gerakan senam ketangkasan
(sumber: Pexels)

1. Mengencangkan Otot

Karena gerakan-gerakan dalam senam lantai membutuhkan banyak kontribusi dari otot untuk bekerja, maka senam lantai memiliki manfaat untuk mengencangkan otot-otot. Namun senam lantai harus dilakukan secara rutin untuk membentuk otot yang kencang dan kuat. 

2. Melatih Kelenturan Tubuh

Selain mengencangkan otot, senam lantai juga bermanfaat untuk melatih kelenturan tubuh. Di antara berbagai macam jenis olahraga, senam lantai adalah salah satu yang termasuk memanfaatkan kelenturan tubuh. Namun jangan khawatir apabila belum memiliki tubuh yang lentur, karena semua akan terbiasa jika banyak berlatih. 

3. Menjaga Kebugaran dan Kesehatan

Manfaat yang terakhir adalah untuk menjaga kebugaran dan kesehatan jasmani. Dengan seringnya menggerakkan tubuh dan meregangkan otot, senam lantai sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan kebugaran.

Bayangkan jika tubuh kita jarang digerakkan, maka otot-otot akan kaku dan tubuh terasa nyeri. Senam lantai juga dapat menjadi salah satu alternatif untuk berolahraga, karena mudah untuk dilakukan 

Berikut tadi adalah penjelasan lengkap dari contoh-contoh senam ketangkasan yang dapat teman-teman praktekkan di rumah. Namun, yang perlu diperhatikan adalah jangan lupa untuk menggunakan alas seperti matras agar aman ketika melakukan senam, ya! Ikuti terus artikel-artikel materi pelajaran terlengkap dari Studio Literasi.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Manfaat Senam Ketangkasan, Pengertian, Gerakan, & Alatnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]