1. Kuliah & Umum

Seni Makrame: Menyulap Tali Menjadi Karya Seni dari Arab

seni makrame
makrame. Foto: unsplash.com/Susan Wilkinson

Setiap negara memiliki jenis seni masing-masing yang sudah lama menjadi identitas dari wilayah tersebut. Bentuknya beragam mulai dari tarian, kerajinan tangan dan pertunjukan. Salah satu seni yang akan dibahas yakni sebuah seni membuat produk kerajinan yang berasal dari Arab, namanya Makrame.

Seni makrame, sendiri merupakan seni anyaman simpul yang telah ada sejak berabad-abad lalu, kembali naik daun dalam beberapa tahun terakhir ini. Daya tariknya terletak pada bahan dan tekniknya meski sederhana, namun mampu menghasilkan karya seni yang indah dan fungsional. Selengkapnya kamu tinggal baca artikel ini, ya!

Sejarah Singkat Makrame

Asal-usul makrame diselimuti misteri, namun beberapa teori menunjuk pada budaya Arab di abad ke-13 sebagai pencetusnya. Kata “makrame” sendiri  berasal dari bahasa Arab “migrama” yang berarti “hiasan rumbai”. Lalu kemudian dibawa oleh para pelaut dan pedagang ke berbagai penjuru dunia, termasuk Eropa dan Amerika.

Pada masa lalu, makrame banyak diterapkan untuk membuat benda-benda fungsional seperti tali , jaring ikan, dan dekorasi pakaian. Seiring perkembangan zaman, makrame bertransformasi menjadi seni dekorasi yang digemari karena keindahan dan keunikannya.

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Teknik Dasar Makrame

Membuat karya makrame hanya memerlukan beberapa bahan sederhana, yaitu tali dan kayu dowel. Berbagai jenis tali dapat digunakan, seperti katun, rami, dan linen, dengan ketebalan dan tekstur yang beragam.

Teknik dasar makrame terdiri dari simpul-simpul sederhana seperti simpul lark’s head, half hitch, dan square knot. Dengan mengkombinasikan simpul-simpul ini, berbagai pola dan desain dapat dibuat.

Jenis-jenis Karya Makrame

Karya makrame hadir dalam berbagai bentuk dan fungsi, mulai dari dekorasi rumah seperti gantungan pot, hiasan dinding, dan taplak meja, hingga aksesoris fashion seperti tas, kalung, dan gelang.

Beberapa contoh karya makrame populer:

Gantungan

Cocok untuk mempercantik tanaman di rumah. Fungsinya juga untuk sudut lainnya, seperti pintu dan resleting tas atau dompet. 

Hiasan Dinding

Terdapat dalam berbagai desain, seperti mandala, dreamcatcher, dan wall hanging dengan pola geometris. Bisa sebagai pengganti wallpaper karena lebih simple. Hanya tinggal menempelkan pada dengan paku saja.

Taplak Meja

Memberikan sentuhan unik dan artistik pada meja makan atau ruang tamu. Sehingga tidak memberikan polos pada meja.

Tas

Ini bisa untuk referensi oleh-oleh untuk kamu berikan semua jenis gender. Namun jika ingin kamu berikan pada laki-laki, pastikan kalau model yang bisa menjangkau semua jenis kelamin apapun.

Aksesoris

Adapun yang bisa kamu berikan, antara lain kalung, gelang, dan anting dapat menjadi pelengkap outfit yang stylish. Aksesoris ini juga dapat dipakai semua jenis acara.

Baca Juga: Pengertian Tari Kreasi Daerah, Contoh, Gerak, & Pola Lantai

Manfaat Seni Makrame

Bukan hanya sebatas  tentang membuat karya seni yang indah, tetapi juga memiliki berbagai manfaat jika melakukan makrame:

Meningkatkan Kreativitas

Makrame memberikan ruang untuk bereksplorasi dan menciptakan karya seni yang unik. Media ini juga berkesempatan untuk membuat karya yang sesuai dengan selera, kemampuan dan semua sisi kreativitas dapat tercurah. 

Melatih Kesabaran dan Ketelatenan

Proses pembuatan makrame membutuhkan ketelitian dan kesabaran terutama dalam proses menyimpulkan tali yang memerlukan waktu yang tidak singkat. Apalagi kalau menginginkan hasil terbaik.

Melepas Stres

Aktivitas menyimpul tali dapat membantu menenangkan pikiran dan meredakan stres. Jadi daripada melampiaskannya pada hal negatif, lebih baik melalui kegiatan ini. Tidak hanya melepas stres saja, tapi bisa melatih 

Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Makrame membutuhkan fokus dan konsentrasi untuk menghasilkan karya yang rapi dan presisi.

Meningkatkan rasa percaya diri

Keberhasilan menyelesaikan sebuah karya makrame dapat meningkatkan rasa percaya diri dan dapat sebagai suatu pencapaian lantaran walau baru pertama kali melakukannya, namun bisa menguasainya dengan cepat. Bahkan kalau menikmatinya bisa untuk skill tambahan.

Baca Juga: Lukisan Ekspresionisme: Pengertian, Ciri, Contoh dan Pelukisnya

Tips Memulai Makrame

Bagi kamu yang masih pemula dan ingin mencoba seni makrame, berikut beberapa tips:

Mulai dengan Tingkatan yang Sederhana

Pilihlah yang mudah dan tidak membutuhkan banyak simpul terlebih dahulu. Barulah kalau sudah menguasainya, lanjut pada tingkatan berikutnya.

Gunakan Bahan yang Berkualitas

Pastikan menggunakan bahan yang berkualitas. Mula dari tali yang kuat dan mudah diikat dan tidak membahayakan.

Pelajari Teknik Dasar

Sebelum memutuskan mempelajari lebih lanjut. Lebih baik ketahui gambaran teknik dasarnya dengan melihat video tutorial secara gratis. Tujuannya agar paling tidak kamu sudah ketahui bahan, alat dan macam-macam teknik dan dapat membantu mempermudah saat prakteknya. 

Pilihlah Kursus yang Bisa Menyesuaikan Waktu

Untuk jenis kursusnya bisa menyesuaikan, kebutuhan dan goals kamu. Jika kamu tidak memiliki waktu banyak (karena bekerja, kuliah atau memiliki kesibukan) dan ingin berkesempatan untuk menambah relasi Internasional, kursus online bisa jadi pilihanmu. Sedangkan kalau kamu menyukai sistem pembelajaran yang langsung tatap muka dan masih bisa membagi waktu dengan kegiatan lainnya, offline course pilihan yang cocok buatmu.

Berlatihlah Dengan Tekun

Namanya dalam belajar suatu hal apalagi yang sifatnya praktek. Memang harus berlatih terus menerus dengan tekun. Kalau semakin sering berlatih, semakin mahir dalam membuat karya makrame.

Gabung Komunitas 

Gabung dengan komunitas khusus makrame bisa menjadi sarana untuk mendapatkan ilmu seputar seni makrame yang barangkali belum kamu dapatkan pada tempat kursusmu. Selain itu bisa sekalian untuk saling membagikan pengalaman, pastinya dapat nambah insight baru.

Baca Juga: Apa Itu Kritik Seni Rupa? Kenali Pengertian & Jenisnya

Wah, banyak sekali manfaat dari seni makrame ini. Selain untuk kreativitas juga bisa untuk sarana melepas stress (bagus untuk mental). Kalau lagi cari kegiatan yang anti-mainstream bisa jadi pilihan!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Seni Makrame: Menyulap Tali Menjadi Karya Seni dari Arab

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]