Tika Chandra Irawati Menulis untuk kesenangan

Tata Cara, Hukum, & Niat Shalat Jumat

2 min read

Shalat jumat
Shalat Jumat, Foto Oleh Dream co id

Shalat jumat adalah shalat dua rakaat di hari Jumat setelah khutbah pada waktu zhuhur. Hukum shalat ini adalah fardhu ain yaitu wajib bagi laki-laki muslim.

Nabi Muhammad SAW bersabda:

عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْجُمُعَةُ حَقٌّ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ فِي جَمَاعَةٍ إِلَّا أَرْبَعَةً عَبْدٌ مَمْلُوكٌ أَوْ امْرَأَةٌ أَوْ صَبِيٌّ أَوْ مَرِيضٌ

Artinya: Shalat Jum’at wajib bagi setiap muslim dalam jama’ah, kecuali empat, (yaitu) hamba sahaya, wanita, anak-anak atau orang sakit. (HR Abu Daud)

Sementara itu perintah wajib menjalankan ibadah shalat di hari Jumat tertuang di dalam Al-Quran surat Al-Jumu’ah ayat 9 yang berbunyi:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا نُودِىَ لِلصَّلَوٰةِ مِن يَوْمِ ٱلْجُمُعَةِ فَٱسْعَوْا۟ إِلَىٰ ذِكْرِ ٱللَّهِ وَذَرُوا۟ ٱلْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

Yā ayyuhallażīna āmanū iżā nụdiya liṣ-ṣalāti miy yaumil-jumu’ati fas’au ilā żikrillāhi wa żarul baī’, żālikum khairul lakum ing kuntum ta’lamụn

Artinya: 

“Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui”

(Q.S Al-Jum’ah: 9)

Keutamaan Shalat Jumat

Keutamaan Shalat Jumat
Keutamaan Shalat Jumat, Foto Oleh Nasional tempo co

  1. Menghapus dosa

Dari Abu Hurairah Rasulullah SAW bersabda:

الصَّلاَةُ الْخَمْسُ وَالْجُمُعَةُ إِلَى الْجُمُعَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُنَّ مَا لَمْ تُغْشَ الْكَبَائِرُ

Di antara shalat lima waktu, di antara Jum’at yang satu dan Jum’at yang berikutnya, itu dapat menghapuskan dosa di antara keduanya selama tidak dilakukan dosa besar.” (HR. Muslim no. 233).

  1. Mendapat pahala puasa dan sholat setahun.

Nabi Muhammad SAW bersabda:

مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَغَسَّلَ ، وَبَكَّرَ وَابْتَكَرَ ، وَدَنَا وَاسْتَمَعَ وَأَنْصَتَ ، كَانَ لَهُ بِكُلِّ خُطْوَةٍ يَخْطُوهَا أَجْرُ سَنَةٍ صِيَامُهَا وَقِيَامُهَا

Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at dengan mencuci kepala dan anggota badan lainnya, lalu ia pergi di awal waktu atau ia pergi dan mendapati khutbah pertama, lalu ia mendekat pada imam, mendengar khutbah serta diam, maka setiap langkah kakinya terhitung seperti puasa dan shalat setahun.” (HR. Tirmidzi no. 496)

  1. Mendapatkan pahala besar jika kita segera melaksanakannya. 

Dari Abu Hurairah Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ غُسْلَ الْجَنَابَةِ ثُمَّ رَاحَ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَدَنَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّانِيَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَقَرَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّالِثَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ كَبْشًا أَقْرَنَ وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ دَجَاجَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الْخَامِسَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَيْضَةً فَإِذَا خَرَجَ الْإِمَامُ حَضَرَتْ الْمَلَائِكَةُ يَسْتَمِعُونَ الذِّكْرَ

Barang siapa mandi pada hari jumat sebagaimana mandi janabah, lalu berangkat menuju masjid, maka dia seolah berkurban dengan seekor unta. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) kedua maka dia seolah berkurban dengan seekor sapi. 

Barang siapa yang datang pada kesempatan (waktu) ketiga maka dia seolah berkurban dengan seekor kambing yang bertanduk. Barang siapa yang datang pada kesempatan (waktu) keempat maka dia seolah berkurban dengan seekor ayam.

 Dan barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) kelima maka dia seolah berkurban dengan sebutir telur. Dan apabila imam sudah keluar (untuk memberi khuthbah), maka para malaikat hadir mendengarkan dzikir (khuthbah tersebut).” 

(HR. Bukhari no. 881 dan Muslim no. 850)

Tata Cara Shalat Jumat

  1. Ibadah sunnah sebelum melaksanakan shalat Jumat

Setiap laki-laki muslim disunahkan mandi besar dengan keramas, sikat gigi, memotong kuku, merapikan rambut, memakai minyak wangi, hingga berangkat ke masjid lebih awal.

  1. Mendengarkan Khutbah

Pelaksanaan ibadah jumat selalu disertai dengan khutbah. Khatib naik ke atas mimbar pada saat zhuhur. Lalu muazin mulai mengumandangkan azan sebagai tanda masuk waktu zhuhur.

Setelah itu khatib menyampaikan khutbah. Ketika waktu khutbah dimulai, kita harus mendengarkannya dengan tenang dan seksama. 

  1. Iqamah 

Kemudian saat khutbah sudah selesai dibacakan dan khatib turun dari mimbar, muazin akan mengumandangkan iqamah sebagai tanda bahwa shalat Jumat segera dimulai. 

  1. Membaca Niat

Seperti yang kita ketahui salah satu syarat sah sholat ialah membaca niat. Oleh karena itu, sebelum shalat Jumat dimulai kita harus membaca niatnya terlebih dahulu.

  1. Dzikir dan Doa

Setelah sholat selesai dilaksanakan, disunahkan untuk membaca dzikir kemudian berdoa kepada Allah SWT. 

Niat Shalat Jumat

اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً مَاْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii fardhol jum’ati rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa-an ma-muuman lillaahi ta’aala.

Artinya :

Aku niat salat Jumat dua rakaat, menghadap kiblat, sebagai makmum, karena Allah ta’ala.

Hukum Meninggalkan Shalat Jumat

Hukum Meninggalkan Shalat Jumat
Hukum Meninggalkan Shalat Jumat, Foto Oleh Islami co
  1. Mendapatkan dosa besar dan Allah akan menutup hatinya.

مَنْ تَرَكَ الجُمُعَةَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ تَهَاوُنًا بِهَا طَبَعَ اللهُ عَلَى قَلْبِه

Artinya, “Siapa meninggalkan shalat Jumat tiga kali karena meremehkan, niscaya Allah menutup hatinya,” (HR At-Turmudzi, At-Thabarani, Ad-Daruquthni).

  1. Membuat hati menjadi lalai

Hal tersebut sesuai dengan riwayat HR Muslim berikut:

لَيَنْتَهِيَنَّ أَقْوَامٌ عَنْ وَدْعِهِمْ الْجُمُعَاتِ أَوْ لَيَخْتِمَنَّ اللَّهُ عَلَى قُلُوبِهِمْ ثُمَّ لَيَكُونُنَّ مِنْ الْغَافِلِينَ

Artinya “Hendaknya suatu kelompok menyudahi perbuatannya dalam meninggalkan shalat Jumat atau (pilihannya) Allah SWT akan mengunci mati batin mereka, kemudian mereka menjadi lalai sungguhan”

(HR Muslim).

  1. Meninggalkan ibadah Jumat tanpa uzur akan dicatat sebagai batin orang kafir nifaq.

مَنْ تَرَكَ ثَلَاثَ جُمُعَاتٍ مِنْ غَيْرِ عُذْرٍ كُتْبَ مِنَ المُنَافِقِيْنَ

Artinya, “Siapa saja yang meninggalkan tiga kali ibadah shalat Jumat tanpa uzur, nisacaya ia ditulis sebagai orang kafir nifaq/munafiq,” (HR At-Thabarani).

Demikian lah materi tentang shalat Jumat. Semoga bermanfaat untuk kalian semua. Sampai jumpa di materi berikutnya.

Baca juga: Doa Sebelum dan Sesudah Makan serta Adabnya

Last Updated on Januari 26, 2021

Tika Chandra Irawati
Tika Chandra Irawati Menulis untuk kesenangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Top