1. Kelas 8 IPA

Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi!

antena bunyi
contoh sifat-sifat gelombang bunyi, antena. Foto: Pexels.com/PhotoMIX Company

Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya!

Gelombang Bunyi

Merupakan jenis gelombang mekanik merambat melalui medium, seperti udara, air, atau logam. Sumber penghasil utamanya oleh getaran benda, seperti senar gitar atau membran gendang. Getaran dari alat musik tersebut menyebabkan partikel dalam medium bergetar, yang pada gilirannya menyebabkan partikel di sekitarnya bergetar, dan seterusnya. Inilah yang akhirnya terdapay gangguan merambat melalui medium sebagai gelombang bunyi.

Baca Juga: Proses terjadinya Hujan

9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi

Berikut adalah beberapa sifat-sifatnya, yang menjadi ciri khas dan karakteristik dari gelombang bunyi:

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

1. Butuh Medium 

Berbeda dengan gelombang elektromagnetik yang dapat merambat di ruang hampa, gelombang bunyi membutuhkan medium untuk merambat. Medium ini dapat berupa zat padat, cair, atau gas. Contohnya, ketika sedang berbicara dengan teman di ruang hampa, tidak akan ada suara yang terdengar karena tidak ada medium untuk merambat.

2. Merambat Secara Longitudinal

Gelombang bunyi merambat secara longitudinal, yang berarti bahwa arah getarannya sejajar dengan arah rambatan gelombang. Contohnya, saat munculnya petir dan adanya bunyi guntur, karena ini dapat bunyinya sangat keras. Bisa terdengar karena ada perambatan udara, sehingga suaranya nyaring pada telinga.

3. Ada Frekuensi

Merupakan jumlah getaran per detik. Frekuensi yang berbeda menghasilkan nada yang berbeda, inilah juga penentu utama mengenai kualitas bunyi. Adapun ketentuan suara manusia antara 20 Hz – 20.000 Hz (audiosonik). Jika manusia berbicara, biasanya  rentang frekuensinya sebesar 250 Hz – 4.000 Hz dan atau rata-rata berfrekuensi 1.000 Hz.

4. Memiliki Amplitudo

Berupa ketinggian maksimum gelombang. Salah satu penyebab terjadinya, amplitudo karena getaran. Tentu Amplitudo yang berbeda menghasilkan intensitas suara yang berbeda. Kegunaan lainnya, untuk menghitung getaran dan hubungan frekuensi dengan periode.

5. Bisa Memantul

Gelombang bunyi dapat dipantulkan oleh permukaan yang keras. Contohnya, ketika kamu berteriak di depan tembok, kamu akan mendengar gema karena adanya proses pemantulan suara.

6. Mengalami Pembiasan

Gelombang bunyi dapat dibiaskan ketika merambat dari satu medium ke medium lainnya dengan kecepatan yang berbeda. Contohnya, pada malam hari, suara petir lebih nyaring daripada saat siang, karena lapisan udara panas atas daripada yang dibawah.

7. Difraksi

Gelombang bunyi dapat mengalami difraksi, yaitu kemampuan gelombang untuk membelok di sekitar sudut atau melewati celah sempit. Contohnya, ketika kamu mendengar suara dari ruangan lain meskipun pintunya tertutup, hal tersebut terjadi karena bunyi mengalami difraksi. Apalagi kalau orang tersebut memiliki tipe suara yang keras.

8. Interferensi

Gelombang bunyi dapat mengalami interferensi, yaitu interaksi antara dua atau lebih gelombang yang menghasilkan pola gelombang baru. Contohnya, ketika kamu mendengar dua nada yang berbeda secara bersamaan, kamu akan merasakan interferensi antara kedua gelombang tersebut.

9. Dapat mengalami pelayangan

Penyebab pelayangan, yaitu peristiwa penguatan dan pelemahan bunyi yang terjadi ketika dua gelombang bunyi dengan frekuensi yang hampir sama bertemu. Contohnya, ketika kamu mendengar dua garpu tala yang dibunyikan secara bersamaan, kamu akan merasakan pelayangan bunyi.

Baca Juga: Hukum Coulomb: Pengertian, Bunyi, Rumus, Manfaat, & Artinya

Contoh Penerapan Gelombang Bunyi

Contoh Penerapan Gelombang Bunyi dalam kehidupan sehari-hari. Terdiri dari berbagai macam bidang, seperti dunia medis, teknologi dan alat komunikasi:

Dunia Medis

Mengandalkan gelombang tinggi, magnet serta frekuensi. Beberapa benda tersebut, antara lain:

  • Magnetic resonance imaging (MRI): Gelombang bunyi dan medan magnet tersebut untuk menghasilkan gambar detail organ dan jaringan internal tubuh. Penggunaanya untuk scan, seperti jantung, kepala (termasuk otak), saraf tulang belakang, payudara, rahim dan masih banyak lagi. Sehingga membantu untuk deteksi atau vonis suatu penyakit. 
  • Ultrasonografi (USG): Menggunakan gelombang bunyi frekuensi tinggi  guna menghasilkan gambar organ sehingga lebih nyata. Biasanya, untuk mengetahui kondisi bayi dalam perut sang ibu.
  • Alat bantu dengar: Gelombang bunyi tersebut fungsinya membantu orang yang memiliki gangguan pendengaran. Serta deteksi.
  • Stetoskop: mendengarkan suara jantung, paru-paru, dan organ tubuh lainnya.

Alat Komunikasi

Pada alat komunikasi, lebih banyak penggunaan pada gelombang bunyi dan elektronik. Sejalan dengan fungsi utamanya, sebagai alat komunikasi. Ini, contohnya:

  • Telepon: Mentransmisikan suara melalui kabel atau udara.
  • Radio: Gelombang elektromagnetik yang membawa sinyal audio lalu ditransmisikan dari antena pemancar dan diterima oleh antena penerima.
  • Pengeras suara: Terjadinya Gelombang bunyi karena membran bergetar, menghasilkan suara yang dapat didengar oleh manusia. Terlebih kalau pada tempat sepi.

Bidang Industri

Fokusnya untuk mendeteksi atau menguji suatu hal yang sedang “dicari”:

  • Pengujian ultrasonik: Gelombang ultrasonik tersebut buat mendeteksi cacat pada material, seperti retakan, baret, ketebalan dan lubang.
  • Pengukur jarak: Untuk mengukur jarak antara dua objek dengan memanfaatkan gelombang bunyi.
  • Pembersihan ultrasonik: Gelombang ultrasonik digunakan untuk membersihkan kotoran dan kontaminan dari permukaan benda.
  • Sonar: Gelombang bunyi digunakan untuk mendeteksi objek di bawah air, seperti kapal selam dan ikan. Penggunaannya, termasuk saat mencari posisi ikan untuk proses penyelamatannya.

Baca Juga: Pengertian Listrik Statis, Jenis, & Contoh Lengkap

Gimana, sudah mulai memahaminya? Semoga membantu sobat untuk memahami seputar sifat-sifat gelombang bunyi dan penerapannya dalam berbagai bidang!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]