1. Kelas 9 PKN

Pengertian Toleransi, Arti, dan Contohnya dalam Kehidupan

Indonesia mempunyai banyak sekali keberagaman dalam masyarakatnya, mulai dari suku, agama, bahasa, budaya, dan masih banyak lagi. Dalam hal ini, sikap toleransi sangatlah penting untuk diterapkan. Apa itu toleransi dan bagaimana contohnya dalam kehidupan? Kawan Literasi bisa menyimak penjelasannya lewat artikel berikut ini.

Apa itu Toleransi?

Secara etimologi, toleransi berasal dari bahasa Latin yaitu ‘tolerance’ yang berarti menahan diri. Di sisi lain, secara terminologi, toleransi adalah perbuatan saling menghargai sekaligus menghormati pandangan, pemikiran, serta kepercayaan antarsesama manusia sekalipun bertentangan dengan paham pribadi.

Sikap toleransi juga dapat dimaknai dengan kemampuan seseorang untuk menahan diri dari berbagai hal yang tidak sejalan dengannya. Salah satu bentuk sederhana, yakni menunjukkan rasa hormat kepada orang lain yang mempunyai perbedaan suku, agama, ras, budaya, bahasa, dan sebagainya.

Mengapa Sikap Toleransi Penting Diterapkan dalam Kehidupan Sehari-hari?

Toleransi merupakan suatu hal yang wajib dimiliki dan diterapkan oleh setiap orang dalam kehidupan sehari-hari, khususnya ketika beraktivitas dan berinteraksi satu sama lain. 

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

Apalagi, Indonesia merupakan negara dengan segudang keberagamannya. Sebagai masyarakat Indonesia yang baik, kita tentu harus bisa hidup berdampingan dan saling menghormati. Pentingnya toleransi dalam hal ini ialah untuk menciptakan kerukunan dan kedamaian, mempererat tali persaudaraan, menguatkan nasionalisme, sekaligus memupuk persatuan bangsa. 

Adanya sikap toleransi di tengah masyarakat memungkinkan terciptanya kehidupan yang bersifat tenteram, rukun, serta saling berdampingan tanpa mengakibatkan. Oleh sebab itu, sudah sepatutnya setiap orang mempunyai kesadaran bahwa sikap toleran sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Arti Penting Melaksanakan Sikap Toleransi

Ilustrasi pelaksanaan toleransi (Media Sindo Raya)

Mengutip dari situs Psychology Today, toleransi mencakup sikap adil, objektif, sekaligus permisif terhadap segala perbedaan yang ada. Mulai dari perbedaan pendapat, pemikiran, agama, suku, budaya, ras, bangsa, dan sebagainya.

Indonesia sendiri merupakan negara dengan segala keragamannya. Sikap toleransi menjadi sebuah fondasi utama bagi setiap orang dalam rangka mewujudkan kehidupan damai dan tenteram dalam lingkungan masyarakat plural. Hal ini berarti penting demi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, kerukunan masyarakat, serta memupuk rasa nasionalisme.

Begitu pentingnya toleransi sehingga setiap lapisan masyarakat harus bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari agar dapat merasakan dampak positifnya pula.

Manfaat Toleransi

1. Menciptakan Lingkungan yang Damai dan Tenteram

Apabila kerukunan sudah terwujud, maka lingkungan yang tenteram dan damai pun dapat masyarakat rasakan. Hal seperti ini tentu hanya dapat terealisasi dengan penerapan toleransi oleh setiap elemen masyarakat.

2. Mewujudkan Kerukunan di Indonesia

Sikap toleransi sangat penting demi menciptakan keharmonisan di tengah masyarakat, mengingat Indonesia mempunyai kondisi yang sangat heterogen. Dengan adanya toleransi, masyarakat bisa hidup berdampingan dengan rukun, sekalipun mempunyai perbedaan suku maupun agama.

3. Menghindari Konflik dan Perpecahan

Praktik toleransi bermanfaat untuk menghindari konflik dan perpecahan, khususnya yang melibatkan perbedaan suku atau agama. Maka dari itu, sikap toleransi menjadi sesuatu yang wajib kita lakukan untuk mencegah pecahnya konflik. 

4. Mempererat Tali Persaudaraan

Dengan menerapkan sikap toleransi, masyarakat dapat saling berinteraksi satu sama lain tanpa memandang latar belakang ras, agama, serta sukunya sehingga mampu mempererat tali persaudaraan.

5. Meningkatkan Jiwa Nasionalisme

Dalam lingkup kenegaraan, toleransi mempunyai manfaat dalam meningkatkan nasionalisme dan semangat persatuan kesatuan. Seseorang dengan sikap toleransi yang tinggi tentu akan menyimpan rasa cinta tanah air yang besar pula.

Contoh Sikap Toleransi 

1. Contoh Sikap Toleransi di Rumah

Ilustrasi toleransi di lingkungan rumah (Bobo)
  • Berbakti kepada kedua orang tua
  • Saling menghormati sekaligus menyayangi sesama anggota keluarga di rumah
  • Saling membantu antaranggota keluarga apabila ada yang mengalami kesulitan
  • Menghargai anggota keluarga yang memeluk agama berbeda
  • Menjalankan peran dengan baik dalam keluarga
  • Menghargai pemikiran dan pendapat anggota keluarga lain
  • Orang tua wajib memberikan perhatian dan menyayangi anak-anaknya

2. Contoh Sikap Toleransi di Masyarakat

Ilustrasi toleransi di lingkungan masyarakat (Yukepo)
  • Bersikap baik kepada tetangga tanpa pandang bulu
  • Sopan santun kepada orang lain yang lebih tua
  • Mematuhi dan menjalankan aturan yang berlaku di masyarakat
  • Menghormati orang lain yang sedang beribadah
  • Tidak mengganggu kegiatan ibadah agama lain
  • Menghormati adat istiadat yang berkembang dalam masyarakat
  • Tidak memancing konflik SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan) sekaligus dan selalu menjaga kerukunan

3. Contoh Sikap Toleransi di Sekolah

Ilustrasi toleransi di lingkungan sekolah (Info Jateng)
  • Tidak memilih teman berdasarkan suku ataupun agamanya
  • Sekolah memperbolehkan siswa untuk berdoa sesuai agama masing-masing
  • Menghormati teman beragama lain yang sedang beribadah
  • Sekolah memberikan pendidikan agama sesuai dengan agama setiap siswa
  • Berbuat baik kepada semua teman tanpa pandang bulu
  • Menghormati guru dan tenaga didik yang lebih tua
  • Sekolah memberikan waktu bagi para siswa untuk menjalankan kegiatan ibadah sesuai kepercayaan masing-masing

Nah, demikianlah penjelasan tentang pengertian toleransi, arti, dan contohnya dalam kehidupan. Semoga melalui artikel ini, teman-teman bisa lebih memahami makna toleransi dan menerapkannya. Untuk penjelasan lainnya, Kawan Literasi bisa menyimak terus laman ini, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pengertian Toleransi, Arti, dan Contohnya dalam Kehidupan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]