1. SD IPS

Pengertian, Contoh hingga Cara Membuat Silsilah Keluarga

Silsilah Keluarga Kerajaan Inggris (Sumber: USA Today)

Sistem kekerabatan telah lama dikenal dalam sistem budaya dan agama. Selain bertujuan untuk menjaga silaturahmi, mengenal silsilah keturunan keluarga besar dapat menjaga keturunan dari hubungan pernikahan yang terlalu dekat. Informasi ini juga banyak dimanfaatkan dalam bidang medis dan sosial. Semisal, untuk mengetahui adanya potensi penyakit genetik atau melacak lokasi kerabat untuk kepentingan pendataan. Mari pahami lebih jauh tentang pengertian, contoh, dan cara membuat silsilah keluarga melalui artikel berikut.

Pengertian

Bagan silsilah keluarga adalah susunan nama kerabat beberapa generasi sebelum dan sesudah diri sendiri. Biasanya, informasi ini ditunjukkan dalam bentuk bagan sederhana. Sementara itu, dalam bidang medis dan sosial, sebutan untuk visualisasi genealogi adalah genogram. Di beberapa budaya, silsilah keturunan tidak hanya ditunjukkan dari dokumen tertulis atau ingatan, melainkan juga dipertahankan dengan pemberian nama marga. Lebih lanjut, bagan silsilah keluarga dalam bahasa inggris disebut sebagai family tree.

Fungsi

Gambar silsilah keluarga kerap digunakan untuk keperluan medis, sosial, dan agama. Berikut kami uraikan beberapa fungsi silsilah kekerabatan:

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Menjaga hubungan antar kerabat dari generasi sebelumnya
  • Deteksi dini faktor risiko penyakit pada individu atau keluarga
  • Menentukan nasab untuk batas mahram dan hak waris
  • Melengkapi data kependudukan terkait
  • Memberikan gambaran tentang budaya dan kondisi generasi sebelumnya

Silsilah Keluarga dalam Bahasa Inggris

Terdapat dua kategori anggota pada family tree, yaitu core family dan extended family. Core atau nuclear family adalah sebutan untuk keluarga inti yang terdiri dari ibu, ayah, dengan atau tanpa anak. Sementara itu, extended family adalah bagian dari keluarga besar mulai dari buyut hingga sepupu. Penyebutan anggota keluarga dalam bagan silsilah keluarga adalah sebagai berikut:

Istilah anggota core family:

  • Ayah: Father
  • Ibu: Mother
  • Saudara laki-laki: Brother
  • Saudara perempuan: Sister
  • Saudara lebih tua: Older brother/sister
  • Saudara lebih muda: Younger brother/sister
  • Pasangan menikah: Spouse
  • Suami: Husband
  • Istri: Wife
  • Anak: Child
  • Anak laki-laki: Son
  • Anak perempuan: Daughter

Istilah anggota extended family:

  • Kakek: Grandfather
  • Nenek: Grandmother
  • Paman: Uncle
  • Bibi: Aunt
  • Sepupu: Cousin
  • Saudara ipar laki-laki: Brother-in-law
  • Saudara ipar perempuan: Sister-in-law
  • Keponakan laki-laki: Nephew
  • Keponakan perempuan: Niece

Cara Membuat Silsilah Keluarga

Apabila dirasa tidak memiliki catatan khusus terkait informasi kerabat atau data yang ada kurang lengkap, Anda dapat mulai membuat ilustrasi contoh silsilah keluarga secara mandiri. Justru dengan mengawali proses dokumentasi ini, nama Anda akan masuk dalam kontributor catatan sejarah di keluarga.

Contoh Silsilah Keluarga

Sebelum membuat dokumentasi tentang data dan sejarah kerabat keluarga, ada baiknya Anda memiliki gambaran bentuk genogram. Visualisasi silsilah keturunan sangat beragam. Di Indonesia, kita lebih banyak mengenal bentuk bagan atau pohon. Sementara itu, ada pula yang menggunakan format fan chart. Lebih lengkapnya, Anda dapat memperhatikan beberapa contoh silsilah keluarga di bawah ini.

Silsilah Keluarga Kerajaan Inggris (Sumber: USA Today)

Silsilah Keluarga dalam Bahasa Inggris (Sumber: Macmillan English Dictionary for Advanced Learners)

Pohon Silsilah Keluarga (Sumber: Envato Pty Ltd)

Fan Chart Silsilah Keluarga (Sumber: Beadtreks dalam Wikipedia)

Cara Membuat Silsilah Keluarga Manual

Proses dokumentasi silsilah dapat dilakukan secara manual maupun digital. Dalam bentuk teks tertulis, Anda dapat membuat visualisasi dalam wujud pohon atau bagan sederhana. Dilansir dari laman wikiHow, mari kita cermati panduan cara membuat genogram berikut.

  1. Mulai dengan menulis nama Anda

Bagan silsilah keturunan keluarga selalu diawali dengan nama penulis untuk mempermudah proses investigasi. Dari nama tersebut, Anda dapat menelusuri identitas ayah, ibu, serta saudara secara bertahap. Masukkan selengkap mungkin nama orang tua dan kerabat dari setiap anggota keluarga.

  1. Isi bagian yang kurang dengan melakukan penelitian

Apabila kesulitan menemukan nama tertentu, Anda dapat bertanya pada orang tua, kakek/nenek, atau saudara. Selain itu, Anda dapat menghubungi paman atau bibi untuk mencari nama saudara sepupu jauh. Proses ini dapat memperkuat jalinan silaturahmi antar anggota keluarga.

  1. Tambahkan informasi lain

Anda dapat menambahkan tanggal lahir, alamat, tanggal pernikahan, tanggal kematian (jika ada), hingga foto. Data tambahan ini akan menjadikan gambar silsilah keluarga lebih informatif. Dengan demikian, dokumen sejarah keluarga Anda dapat digunakan untuk berbagai tujuan.

Aplikasi Silsilah Keluarga Berbasis Web

Kemajuan teknologi informasi dan digitalisasi dapat membantu kita dalam mencari dan membuat silsilah keturunan keluarga. Beberapa genogram telah tercatat pada media ini, namun mayoritas belum. Berikut merupakan beberapa aplikasi silsilah keluarga berbasis web yang dapat Anda gunakan untuk membuat genogram: Gramps, Scion PC, Quick Family Tree, My Family, Ancestral Quest, Family Tree Creator, Legacy Family Tree, My Heritage Family Builder, dan The Family Historian 6. Dengan berbagai aplikasi silsilah keluarga berbasis web tersebut, Anda dapat membuat catatan digital cukup dengan memasukkan data kerabat dalam keluarga.

Kendati memiliki banyak manfaat, tidak banyak orang yang benar-benar memahami sejarah keturunan keluarganya. Alhasil, apabila nanti sudah berkeluarga. Seseorang cenderung kurang bisa pula menjelaskan silsilah kekerabatan pada generasi setelahnya. Oleh karena itu, Anda dapat mulai bertanya pada orang tua atau kakek dan nenek terkait identitas keluarga dan kerabat. Catat informasi tersebut agar dapat disimpan dalam wujud fisik atau digital sebagaimana cara di atas. Dengan demikian, data silsilah akan bermanfaat bagi generasi keluarga mulai dari Anda hingga anak dan cucu. Yuk, berkontribusi dalam dokumentasi sejarah silsilah keturunan keluarga.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pengertian, Contoh hingga Cara Membuat Silsilah Keluarga

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]