1. Tak Berkategori

Sistem Pendidikan Nasional: Kenali Jalur, Jenjang, dan Jenis Pendidikan

Sistem pendidikan nasional adalah upaya yang sangat terencana untuk mewujudkan proses dan suasana belajar siswa, agar siswa dapat aktif mengembangkan dirinya. Sistem pendidikan nasional diatur dalam UU No. 20 Tahun 2003. Berlandaskan undang-undang tersebut, pelaksanaan sistem pendidikan nasional haruslah adil, demokratis, serta tidak bersifat diskriminatif. 

Oleh karena itu, pendidikan nasional memiliki visi untuk mewujudkan sistem yang menjadi pranata sosial untuk memberdayakan seluruh warga indonesia dan dapat mencetak sumber daya manusia yang berkualitas serta adaptif dengan perubahan zaman. Bagaimana wujud sistem pendidikan nasional? Simak informasinya hingga akhir ya, Kawan Literasi!

Hakikat Pendidikan Nasional

Sumber: freepik

Pendidikan merupakan usaha untuk mewujudkan suasana dan proses pembelajaran agar peserta didik dapat mengembangkan potensi diri untuk meningkatkan kualitas spiritual, pengendalian diri, kecerdasan, kepribadian, budi pekerti, serta keterampilan yang diperlukan. Fungsi serta tujuan pendidikan nasional  secara umum tercantum pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Bab II Pasal 3, yaitu: 

  • Mengembangkan Kemampuan

Fungsi dari sistem pendidikan nasional yaitu mengembangkan kemampuan peserta didik atau siswa. Artinya, sistem pendidikan nasional memiliki peran untuk memberi sarana peningkatan kemampuan siswa secara intelektual, fisik, serta emosional sehingga kelak peserta didik dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan bangsa. 

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Agar fungsi ini tercapai dengan maksimal, sistem pendidikan didukung oleh adanya kurikulum yang relevan dan bermutu, tenaga pendidik yang baik kualitasnya, juga sarana serta prasarana yang baik. 

  • Membentuk Watak serta Peradaban Bangsa 

Selain mengembangkan skill atau kemampuan siswa, sistem pendidikan juga berfungsi untuk membentuk karakter atau watak para peserta didik. Dalam hal ini, siswa tidak hanya dibentuk secara intelektual saja, namun juga harus menjadi wargta negara yang berkarakter baik dan berkontribusi positif kepada masyarakat. 

Jalur-Jalur Pendidikan pada Sistem Pendidikan Nasional

Sumber: freepik

Dalam sistem pendidikan nasional, jalur pendidikan dibedakan menjadi tiga, yaitu pendidikan formal, nonformal dan informal. Apa perbedaan dari ketiga jalur tersebut? 

Pendidikan formal seperti yang sudah kita ketahui adalah pendidikan yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan nasional yang wajib dijalani siswa selama 12 tahun, dari pendidikan dasar dan menengah. 

Sementara itu, pendidikan nonformal, yaitu penyelenggaraan pendidikan yang sifatnya sebagai pendukung atau pengganti, untuk mengembangkan potensi siswa. Pendidikan nonformal mencakup pendidikan anak usia dini, pendidikan kepemudaan, pemberdayaan permpuan, pelatihan kerja, dan lain-lain. Lalu, pendidikan informal ialah pendidikan yang diselenggarakan oleh keluarga serta lingkungan yang bentuknya ialah kegiatan belajar mandiri. 

Jenjang Pendidikan dalam Sistem Pendidikan Nasional

Sumber: freepik

1. Pendidikan Dasar

Pendidikan dasar ialah pendidikan yang memberi bekal untuk hidup dalam masyarakat, seperti sikap, pengetahuan, serta keterampilan dasar. Jenjang pendidikan ini menjadi landasan dari jenjang pendidikan menengah. 

Dalam sistem pendidikan nasional, pendidikan dasar bentuknya ialah Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) ataupun bentuk lain yang sederajat, dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) serta Madrasah Tsanawiyah (MTs). 

2. Pendidikan Menengah

Sementara itu, pendidikan menengah memiliki rentang waktu 3 tahun setelah pendidikan dasar, serta diselenggarakan di Sekolah Lanjut Tingkat Atas (SLTA). Bentuk pendidikan menengah yaitu Sekolah Menengah Atas (SMA). Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK). 

3. Pendidikan Tinggi 

Jenjang pendidikan yang terakhir yaitu pendidikan tinggi, yang menjadi kelanjutan dari pendidikan menengah. Pendidikan ini bertujuan agar peserta didik menjadi anggota masyarakat yang mumpuni dalam kemampuan akademik serta profesional, sehingga bisa menerapkan, mengembangkan, serta menciptakan ilmu pengetahuan & teknologi. 

Baca juga: Bentuk Interaksi Sosial

Jenis Pendidikan

1. Pendiidkan Umum 

Pendidikan umum mencakup pendidikan dasar dan menengah yang tujuan utamanya adalah memperluas pengetahuan yang peserta didik perlukan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi kelak. 

2. Pendidikan Kejuruan

Sementara itu, pendidikan kejuruan ialah pendidikan menengah yang gunanya adalah mempersiapkan peserta didik untuk siap bekerja dalam bidang-bidang tertentu.

3. Pendidikan Akademik 

Pendidikan akademik ialah pendidikan tinggi, yaitu program sarjana atau pascasarjana yang fungsinya mempersiapkan peserta didik untuk menguasai disiplin ilmu pengetahuan tertentu. 

4. Pendidikan Profesi

Pendidikan profesi adalah pendidikan tinggi setelah program sarjana selesai, serta berfungsi untuk mempersiapkan peserta didik dengan persyaratan keahlian tertentu dalam suatu pekerjaan. 

5. Pendidikan Vokasi 

Pendidikan vokasi yaitu pendidikan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk bekerja dengan keahlian terapan tertentu, maksimal setara dengan program sarjana. 

6. Pendidikan Khusus

Pendidikan khusus yaitu pendidikan bagi peserta didik yang memiliki kondisi spesial tertentu, kelainan, atau memiliki kondisi luar biasa yang pemerintah laksanakan secara inklusif, baik pada tingkat pendidikan dasar ataupun menengah. 

7. Pendidikan keagamaan

Pendidikan keagamaan ialah pendidikan dasar, menengah, hingga pendidikan tinggi yang berguna untuk memberi persiapan peserta didik agar dapat menjalankan peran yang menuntut penguasaan tentang pengetahuan agama, atau ingin menjadi ahli dalam ilmu agama. 

Baca juga: Fungsi Lembaga Sosial beserta Jenis-Jenisnya, Lengkap!

Nah, Kawan Literasi pasti sudah lebih paham tentang bagaimana sebenarnya sistem pendidikan nasional, mulai dari jalur, jenjang, hingga jenis-jenis pendidikan. Semoga informasi Studio Literasi kali ini bisa bermanfaat untuk Kawan Literasi semua!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Sistem Pendidikan Nasional: Kenali Jalur, Jenjang, dan Jenis Pendidikan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]