1. Kelas 9 IPA

Sistem Pernapasan Manusia

Pernahkah kamu berpikir, kira-kira berapa kali manusia bernapas dalam waktu 1 menit saja? Faktanya, dalam periode waktu 1 menit, manusia bisa bernapas kurang lebih 12 sampai 18 kali, lho!. Artinya, dalam sehari, kita telah bernapas lebih dari 17 ribu kali. Menakjubkan, bukan? Itulah sedikit fakta tentang Sistem Pernapasan Manusia yang harus kalian ketahui.

Dibalik aktivitas bernapas yang tampak sederhana itu, ternyata tubuh kita telah dianugerahi sistem pernapasan yang memiliki fungsi luar biasa. Organ pernapasan itu bekerja tiap detik dengan proses yang tidak sederhana. Kali ini, Studio literasi akan mengajak kamu untuk mempelajari materi sistem pernapasan manusia. Yuk, cek artikel lengkapnya berikut.

Pengertian Pernapasan

Pernapasan atau respirasi adalah proses pertukaran gas antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Secara umum, pernapasan adalah proses menghirup oksigen dari udara serta mengeluarkan karbon dioksida dan uap air. 

Pernapasan eksternal

Pernapasan eksternal diartikan sebagai proses pertukaran oksigen dan karbon dioksida yang terjadi antara udara yang ada di dalam gelembung paru paru dengan darah dalam kapiler.

Pernapasan internal

Pernapasan internal adalah proses pertukaran oksigen dan karbon dioksida antara darah dalam kapiler dengan sel-sel pada jaringan tubuh.

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Organ Pernapasan Manusia

Gambar sistem pernapasan
Organ pernapasan pada manusia, Foto oleh Erlin Ustantina WordPress Com

Sistem pernapasan manusia berjalan dengan adanya organ atau alat pernapasan. Lantas apa saja alat-alat pada sistem pernapasan manusia? Berikut penjelasan lengkapnya.

Rongga Hidung

Organ pada sistem pernapasan manusia yang pertama yaitu rongga hidung. Rongga hidung berperan sebagai tempat masuknya udara. Di dalam rongga hidung terdapat rambut-rambut hidung, berfungsi untuk menyaring udara yang masuk.

Terdapat juga ujung-ujung saraf pembau. Saraf ini berfungsi membedakan bau yang masuk ke hidung sebagai organ terluar yang bersentuhan langsung dengan udara. Fungsi rongga hidung antara lain:

  1. Melembabkan, menghangatkan dan menyaring udara yang masuk ke tubuh manusia.
  2. Rambut-rambut halus dan lendir (mucus) dalam rongga hidung berfungsi menangkap debu, spora jamur dan zat asing lainnya pada udara. 

Pangkal Tenggorokan (Laring)

Laring merupakan tempat melekatnya pita suara. Di sinilah suara kita dihasilkan. Pita suara berbentuk selaput. Laring juga sebagai penghubung antara tenggorokan (faring) dengan trakea, dikenal juga sebagai “kotak suara”. 

Pada laring terdapat katup epiglotis yang berfungsi untuk memisahkan saluran makan dengan pita suara. 

Trakea (Batang Tenggorokan)

Trakea menghubungkan laring (pangkal tenggorokan) dengan bronkus sekaligus merupakan jalan udara dari leher menuju dada. Trakea berbentuk seperti pipa. Fungsinya sebagai jalur udara untuk masuk dan keluar dari paru-paru.

Trakea tersusun dari tulang-tulang rawan yang berbentuk seperti cincin. Di sini terdapat katup  yang bisa membuka dan menutup saluran pernapasan. Mekanisme kerja trakea:

  1. Ketika kamu sedang berbicara, katup menutup, saluran makanan tertutup dan saluran pernapasan terbuka.
  2. Ketika kamu sedang menelan, katup membuka, saluran makanan terbuka dan saluran pernapasan tertutup.

Bronkus

Organ pada sistem pernapasan manusia berikutnya yaitu bronkus. Bronkus adalah organ pernapasan berupa cabang batang tenggorokan yang berperan menyambungkan trakea dengan paru-paru. Hampir mirip dengan trakea, bronkus tersusun dari tulang-tulang rawan yang bentuknya seperti cincin. Tetapi, bronkus terdiri dari dua cabang, yang di masing-masing cabang menyambungkan ke paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Cabang-cabang bronkus ini disebut bronkiolus.

Bronkiolus

Bronkiolus merupakan cabang bronkus yang terdapat dalam paru-paru. Jumlah cabang yang terdapat pada bronkiolus sesuai dengan jumlah lobus (gelambir) pada paru-paru. Pembagiannya yakni, pada paru-paru sebelah kanan terdapat 3 lobus dan paru-paru kiri terdapat 2 lobus.

Paru-paru

Alat untuk sistem pernapasan manusia yang lain yakni paru-paru. Paru-paru terdiri dari 2 bagian, kanan dan kiri. 3 gelambir kanan dan 2 gelambir kiri. Di sini terjadi proses pertukaran udara, di mana udara kotor yang mengandung karbon dioksida (CO2) akan ditukar dengan udara bersih yang kaya akan oksigen (O2). Pertukaran udara ini terjadi dalam organ bernama alveolus.

Paru-paru merupakan organ pada sistem pernapasan manusia yang vital. Dibungkus oleh selaput bernama pleura

Baca juga : Ruang Lingkup Biologi

Mekanisme Sistem Pernapasan Manusia

Pernapasan merupakan suatu proses yang terjadi secara otomatis karena diatur oleh saraf otonom. Mekanisme sistem pernapasan manusia dibedakan menjadi dua, yaitu pernapasan dada dan pernapasan perut.

Pernapasan dada

Dalam pernapasan dada melibatkan otot-otot antartulang rusuk. Mekanisme pernapasan dada sebagai berikut.

1. Fase inspirasi (pemasukan udara)

Fase inspirasi atau pemasuka udara merupakan berkontraksinya otot antartulang rusuk sehingga rongga dada membesar. Akibatnya, tekanan yang terjadi pada rongga dada lebih kecil daripada tekanan yang terjadi di luar sehingga udara dari luar yang kaya akan oksigen masuk.

2. Fase ekspirasi (pengeluaran udara)

Fase ini adalah fase relaksasi. Di mana otot antartulang rusuk kembali ke posisi semula diikuti oleh turunnya tulang rusuk. Akibatnya, tekanan dalam rongga dada lebih besar daripada tekanan yang terjadi di luar. Kemudian udara dalam rongga dada yang kaya akan karbon dioksida keluar. 

Pernapasan perut

Dalam pernapasan perut, yang terlibat adalah otot-otot diafragma di mana ia membatasi rongga perut dan rongga dada. Mekanisme pernapasan perut yakni sebagai berikut.

1. Fase inspirasi (pemasukan udara)

Otot diafragma berkontraksi, diafragma mendatar. Akibatnya rongga dada membesar, tekanan yang terjadi kecil, kemudian udara dari luar masuk.

2. Fase ekspirasi (pengeluaran udara)

Otot diafragma relaksasi, kembali ke posisi semula (mengembang). Rongga dada mengecil, tekanan membesar, kemudian udara keluar dari paru-paru.

Baca juga : Pertumbuhan dan Perkembangan

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Sistem Pernapasan Manusia

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]