Sistem Rangka Manusia – Macam Tulang dan Fungsinya

3 min read

Sistem Rangka Manusia
Sistem Rangka Manusia, Photo Oleh artstation com

Hampir segala sesuatu yang mengelilingi kita di alam semesta ini memiliki struktur yang membuatnya mampu berdiri tegak atau terangkat pada suatu permukaan. Bangunan, misalnya, membutuhkan rangka dan struktur yang tertata rapi untuk menghindari longsor dan tragedi. Begitu juga manusia, memiliki sebuah sistem yang menopang badannya yang disebut sistem rangka manusia.

Nah, mari kita simak pembahasan sistem rangka manusia dan fungsinya di artikel ini.

Pengertian Sistem Rangka Manusia 

Sistem rangka adalah sekumpulan tulang yang memungkinkan manusia tidak hanya untuk menjaganya tetap tegak tetapi juga terstruktur dengan benar di dalam tubuh. Selain membentuk struktur tubuh kita, kerangka memiliki beberapa fungsi tambahan, yaitu melindungi beberapa organ vital seperti otak, sumsum tulang belakang, jantung, dan paru-paru. Manusia dewasa memiliki 206 tulang di tubuhnya dan berbagai macam persendian. 

Sistem ini terdiri dari tulang, tulang rawan, ligamen dan sendi yang membantu memperkuat struktur tubuh dan mengisi sekitar 12% dari berat tubuh manusia. Jika kita mengambil contoh seseorang yang memiliki berat 75 kilogram, sistem rangkanya akan berbobot kurang lebih 9 kilogram.

Fungsi Sistem Rangka

Fungsi Sistem Rangka
Fungsi Sistem Rangka, Foto Oleh Unsplash com

Terdapat beberapa fungsi sistem rangka manusia yang dijelaskan di bawah ini:

A. Bekerja sebagai penopang mekanis dengan tetap menjaga postur tubuh

Fungsi sistem rangka manusia pertama adalah menyediakan struktur yang kuat dan kaku bagi tubuh. Kehadiran rangka yang kokoh memungkinkan  organisme  memiliki bentuk khas yang disesuaikan dengan gaya hidup tertentu. Struktur rangka juga memungkinkannya menyerap guncangan saat berlari dengan kecepatan tinggi.

B. Bekerjasama dengan sistem otot

Sistem kerangka juga berhubungan erat dengan sistem otot. Dimana kontraksi sel otot akan menyebabkan pemendekan otot, sedangkan tulang tetap mempertahankan bentuknya. Struktur dasar ini memungkinkan otot untuk menggerakkan berbagai bagian tubuh, menggunakan gaya yang dihasilkan dengan menarik sistem rangka.

C. Memberi tubuh perlindungan

Sistem rangka manusia melindungi banyak organ dalam, misalnya tengkorak melindungi otak, sedangkan tulang rusuk melindungi jantung paru-paru, perut dan semua organ di daerah itu.

D. Memproduksi sel darah

Bagian tengah tulang berisi sumsum tulang, yaitu tempat utama produksi sel darah pada manusia dewasa. Sumsum tulang akan memproduksi kembali jumlah sumsum merah yang ada, jika tubuh terluka dan perlu lebih banyak sel darah merah.

Macam-Macam Tulang pada Sistem Rangka Manusia

Macam-Macam Tulang
Macam-Macam Tulang, Photo Oleh passakanawang com

Ada berbagai macam tulang pada sistem rangka manusia yang mana memiliki struktur yang juga berbeda-beda. Berikut ini penjabarannya:

Paha

Paha adalah tulang terbesar dan terkuat di tubuh. Ini adalah tulang panjang yang membentuk sekitar seperempat dari tinggi seseorang. Di pinggul, kepala tulang paha yang berbentuk bola bergabung dengan panggul di acetabulum dan diamankan oleh ligamen kuat yang melekat pada fovea capitis. Tulang kepala tersambung ke leher pendek yang menempel pada sumbu vertikal tulang paha. 

Kaki

Tulang kaki terdiri dari 7 tarsal (pergelangan kaki), 5 metatarsal (telapak kaki), dan 14 falang (jari kaki). Semua jari kaki memiliki 3 falang, kecuali jempol kaki yang memiliki 2 falang.

Berat seluruh tubuh ditumpu oleh kaki. Mereka bertindak sebagai pengungkit untuk menggerakkan tubuh ke depan saat kita berjalan atau berlari. Tendon di kaki menjaganya tetap stabil dan terhubung dengan otot kaki yang kuat untuk melakukan berbagai gerakan.

Tangan

Tangan secara total tangan memiliki 27 tulang, 8 karpal di pergelangan tangan, 5 metakarpal di telapak tangan dan 14 falang (setiap jari memiliki 3 falang, kecuali ibu jari, 2 falang). Tangan memiliki banyak sendi, sehingga membuatnya lebih fleksibel dan gesit.

Pinggul (panggul)

Setiap tulang panggul terdiri dari 3 tulang yang menyatu, ilium, ischium, dan pubis. Panggul menopang dan melindungi organ dalam. Sendi pinggul sangat penting untuk gerakan kaki dan didukung oleh otot dan ligamen yang kuat.

Tulang rusuk

Tulang rusuk terdiri dari 12 pasang tulang rusuk melengkung (24 tulang). Mereka semua bertemu di belakang vertebra toraks. 7 pasang pertama disebut rusuk sejati dan menempel pada tulang dada di bagian depan. 5 pasangan terbawah disebut rusuk palsu. 3 pasang rusuk palsu pertama dihubungkan ke tulang dada dari depan hanya dengan jembatan tulang rawan. 2 pasangan palsu di bagian bawah tidak terhubung sama sekali, mereka disebut rusuk mengambang.

Fungsi tulang rusuk adalah untuk melindungi jantung dan paru-paru. Otot diafragma dan interkostal yang menempel pada tulang rusuk yang naik dan turun saat kita menarik napas dan mengembangkan paru-paru untuk membawa udara masuk. Saat otot mengendur, rusuk menjadi lebih kecil lagi dan kita menghembuskan napas.

Bahu

Setiap bahu hanya memiliki 2 tulang, klavikula dan belikat. Klavikula berada tepat di atas tulang rusuk pertama dan bergabung dengan skapula di bagian atas tulang dada. Skapula, tulang pipih berbentuk segitiga yang ada di belakang tulang rusuk, membentuk semacam pelat dangkal tempat kepala humerus setiap lengan bertemu.

Fungsi utama dari sendi ini adalah untuk menggerakkan lengan. Sendi ini berongga dan membulat, yang memberikan jangkauan gerak yang luas pada lengan, tetapi tidak stabil seperti sendi siku (engsel) dan lebih mudah terluka (terkilir).

Tempurung kepala (Tengkorak)

Tengkorak terdiri dari tulang tengkorak, wajah dan rahang. Tengkorak mengelilingi dan melindungi otak, serta organ pendengaran dan keseimbangan. Tulang wajah membentuk struktur wajah, menopang mata, organ pengecap dan penciuman, serta menjaga otot-otot yang menahan kepala, sehingga kita dapat mengunyah dan membentuk ekspresi wajah. Sebagian besar tengkorak adalah tulang pipih, kecuali rahang. Rahang melekat pada tengkorak dengan sendi engsel.

Lengan (tungkai atas)

Tungkai atas meliputi humerus, jari-jari, ulna (lengan bawah), dan tulang tangan: karpal (pergelangan tangan), metakarpal (telapak tangan), dan falang (jari tangan dan ibu jari). Humerus adalah tulang panjang yang dihubungkan ke bahu dengan sendi bulat dan ke siku dengan sendi engsel. Jari-jari berada di sisi ibu jari di lengan bawah. Ulna berada di sisi jari kelingking di lengan bawah dan termasuk siku.

Tulang belakang

Tulang belakang terdiri dari 26 tulang tidak beraturan yang menghubungkan tengkorak di bagian atas dan panggul di bagian bawah dengan rata-rata panjang sekitar 28 inch. Tulang ini mengelilingi dan melindungi sumsum tulang di dalamnya dan juga mendukung rusuk dan otot punggung yang kuat untuk menjaga tubuh tetap tegak. Setiap tulang belakang dipisahkan oleh cakram yang membantu melindungi tulang punggung saat kita bergerak.  

Nah, itulah pembahasan tentang sistem rangka manusia dan fungsinya, serta macam macam tulang pada sistem rangka manusia. Dalam anatomi, system ini termasuk sebagai sistem terpenting dalam tubuh setelah otak dan jantung, karena membuat manusia mampu berdiri tegak dan melakukan gerakan. Semoga materi ini bermanfaat!

Baca juga: Sistem Peredaran Darah Manusia

Last Updated on Maret 15, 2021

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Top