1. Tak Berkategori

Mengenal Jenis-Jenis Sumber Daya Alam Beserta Contohnya

Kawan Literasi pasti sudah tidak asing dengan istilah sumber daya alam (SDA). Sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang terkandung di alam serta bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Beberapa diantaranya dapat diperbarui, sebagian lainnya tidak. Untuk mengetahui jenis-jenis SDA lebih jauh, simak pembahasan Studio Literasi kali ini hingga akhir!

Jenis-Jenis Sumber Daya Alam

Dilansir dari situs kemendikbud, sumber daya alam terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu berdasarkan kemungkinan pemulihan, materi, habitat, serta kegunaannya, sebagai berikut. 

Berdasarkan Kemungkinan Pemulihan

1. Sumber Daya Alam Terbarukan

Sumber: energy gov

Sumber daya alam ini dapat diperbarui, atau bisa tersedia kembali dalam kurun waktu yang singkat, sehingga tidak akan habis. Jumlahnya juga tidak terbatas atau unlimited. Contoh sumber daya alam terbarukan adalah sebagai berikut: 

  • Air 

Renewable resources yang pertama adalah air. Air memiliki daya regenerasi atau disebut sebagai siklus hidrologi. Oleh karena itu, sumber daya alam ini dapat diperbarui. Air bisa digunakan sebagai sumber energi pembangkit listrik. 

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Sinar Matahari

Sinar matahari juga tergolong sebagai sumber daya terbarukan karena jumlahnya yang tidak terhingga. Energi matahari dapat dimanfaatkan sebagai sumber listrik. Melalui proses fotovoltaik atau panel surya, sinar matahari dapat diubah menjadi energi listrik. 

  • Udara

Udara adalah campuran dari gas yang ada di bumi. Udara yang bergerak atau angin dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembangkit listrik. Jumlah udara juga tidak terhingga, sehingga tergolong sebagai sumber daya alam terbarukan. 

Baca juga: Proses terjadinya Hujan

  • Geothermal

Geothermal memanfaatkan panas bumi, yang mana tidak akan habis. Energi geotermal juga ramah lingkungan sebab proses pengolahannya tidak mengeluarkan banyak polusi. Geothermal biasanya dimanfaatkan sebagai sumber energi untuk pembangkit listrik.  

  • Tanah

Tanah merupakan SDA bagian dari kerak bumi paling atas, asalnya dari pelapukan berbagai bebatuan penyusun lapisan bumi. Tanah sangat dibutuhkan untuk bercocok tanam serta lahan pemukiman dan jalur transportasi. Tanah tidak akan habis karena termasuk dalam siklus batuan. 

  • Tumbuhan 

Tumbuhan tergolong dapat terbarukan karena dapat dibudidayakan. Tumbuhan dapat berupa hasil pertanian maupun perkebunan seperti padi, jagung, buah-buahan, dan lain sebagainya. Keberadaan tumbuhan sangatlah penting untuk kehidupan manusia. 

  • Hewan 

Layaknya tumbuhan, hewan juga dapat berkembang biak maupun dikembangbiakkan. Hewan berfungsi sebagai sumber pangan untuk manusia, selain itu juga dapat dimanfaatkan tenaganya untuk membantu pekerjaan manusia. 

  • Nuklir 

Menurut Perpres No. 5 Tahun 2006 tentang Kebijakan Energi Nasional (KEN), yang kini diubah menjadi Perpres No. 79 Tahun 2014, nuklir masih tergolong dalam energi baru dan terbarukan (EBT). Energi nuklir ini biasanya digunakan sebagai pembangkit listrik dan diproyeksikan berkontribusi sebesar 5% dari 100.000 Megawatt.  

  • Biomassa

Biomassa merupakan bentuk energi yang sumbernya dari bahan organik seperti tumbuhan dan hewan. Contoh biomassa diantaranya limbah pertanian, kotoran ternak, pohon, rumput atau tanaman, briket arang, briket sekam padi, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, biomassa ini dapat menjadi sumber energi yang dapat mengurangi jumlah serta dampak limbah organik. 

Baca juga: Siklus Air : Pengertian, Proses, dan Jenisnya

2. Sumber Daya Alam Tidak Terbarukan 

Sumber: banyanhill

Sebaliknya, sumber daya alam ini pembentukannya sangat lama, membutuhkan jutaan atau ratusan tahun, oleh karena itu disebut sebagai unrenewable resources. Yang termasuk sumber daya alam tidak terbarukan diantaranya: 

  • Emas

Emas merupakan salah satu sumber daya logam yang mempunyai nilai jual yang tinggi. Dilansir dari tempo, Indonesia memiliki berbagai daerah yang mempunyai potensi sebagai penghasil emas, seperti Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, hingga daerah timur Indonesia. 

  • Besi

Besi adalah salah satu jenis logam yang asalnya adalah dari bijih besi. Beberapa daerah di Indonesia merupakan penghasil bijih besi terbesar, diantaranya Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. 

  • Minyak Bumi

Minyak bumi terbentuk dari penguraian organisme hidup hewan dan tumbuhan yang tertimbun selama jutaan tahun. Minyak bumi digunakan sebagai sumber bahan bakar kendaraan seperti mobil, motor, atau kapal. Karena proses pembentukannya yang sangat lama, sumber daya ini tergolong tidak terbarukan. 

  • Batu Bara

Batu bara berasal dari batuan sedimen yang dapat terbakar, terbentuk dari endapan organik sisa tumbuhan. Batu bara kerap ditemukan di daerah Kalimantan. 

  • Aluminium

Layaknya logam yang   telah disebutkan sebelumnya, aluminium juga tidak dapat diperbarui. Aluminium berasal dari bijih bauksit yang harus dimurnikan terlebih dulu. Setelah itu, bijih bauksit tersebut harus melewati serangkaian proses hingga menjadi bubuk alumina yang nantinya diubah menjadi logam aluminium setelah melalui peleburan. 

Baca juga: 8 Ciri – Ciri Makhluk Hidup & Perannya dalam Kehidupan

Berdasarkan Materi

Sumber: nationalgeographic

1. Sumber Daya Alam Organik

SDA organik atau hayati berasal dari makhluk hidup, seperti tumbuhan dan hewan. Kegiatan yang mencakup SDA ini diantaranya perkebunan, perikanan, pertanian, kehutanan, dan sebagainya. 

2. Sumber Daya Alam Anorganik  

SDA anorganik atau non-hayati berasal dari benda mati, baik berupa cairan, padatan, atau gas. Contohnya adalah pertambangan. 

Berdasarkan Habitat

Sumber: darilaut

1. SDA Daratan

SDA ini disebut juga terestris, yaitu sumber daya alam yang berkaitan dengan tanah atau daratan sebagai lahan yang menjadi tempat aktivitas perolehan sumber daya. 

2. SDA Perairan

Sumber daya alam ini disebut juga akuatis, yakni yang berhubungan dengan laut, sungai, air hujan, air tanah, danau, dan lain sebagainya. 

Berdasarkan Kegunaan

Sumber: britannica

1. Sumber Daya Alam Penghasil Bahan Baku

SDA ini dapat menghasilkan benda atau barang lain yang dapat diolah agar nilai gunanya lebih tinggi. Contohnya adalah hutan sebagai bahan baku mebel atau furniture

2. Sumber Daya Alam Penghasil Energi 

Sumber daya ini dapat memproduksi energi yang dapat dimanfaatkan oleh manusia. Misalnya minyak bumi, sinar matahari, gas bumi, dan lain sebagainya. 

3. Sumber Daya Buatan   

Sumber daya buatan sengaja dibuat oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup, diantaranya sawah, waduk, tegalan, atau perkebunan. 

4. Benda Cagar Budaya 

Berdasarkan kegunaannya, sumber daya yang terakhir adalah benda cagar budaya (BCB). BCB adalah benda yang dibuat manusia dan dianggap memiliki nilai penting berupa pengetahuan ataupun benda bersejarah. Contohnya ialah Candi Borobudur dan Candi Prambanan. 

Baca juga: Simbiosis Mutualisme, Komensalisme, dan Parasitisme Beserta Contohnya

Nah, itu tadi pembahasan materi sumber daya alam mulai dari jenis hingga contohnya. Apakah kamu sudah memahaminya? Semoga bermanfaat! 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Jenis-Jenis Sumber Daya Alam Beserta Contohnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]