1. berita

6 Tantangan Ekonomi Global pada Tahun 2023, Apa Saja?

Menurut The Economist Intelligence Unit (EIU), ada 6 tantangan ekonomi global, antara lain melambatnya pertumbuhan pertumbuhan ekonomi, kenaikan suku bunga, terganggunya rantai pasok, krisis energi, ketegangan geopolitik, serta kenaikan angka inflasi. Untuk mengetahui apa saja tantangan ekonomi global lebih jauh, yuk simak pembahasan Studio Literasi kali ini hingga akhir!

1. Melambatnya Pertumbuhan Ekonomi 

Sumber: freepik

Menurut pemaparan EIU, perekonomian global akan melambat lebih signifikan setelah 2 tahun berlangsungnya pandemi. Prediksi Produk Domestik Bruto (PDB) riil dunia hanya bertumbuh 1,6% pada tahun 2023. Perkiraan angka ini lebih rendah daripada pertumbuhan PDB pada tahun 2022 yang mencapai angka sekitar 2,8% dan pertumbuhan pada tahun 2021 di angka 5.7%. Melansir dari Deutsche Welle, bahkan tahun 2023 diprediksi akan menjadi tahun terburuk ketiga pertumbuhan ekonomi global setelah tahun 2009 dan tahun 2020. 

2. Berakhirnya Suku Bunga Rendah  

Sumber: freepik

Dalam rangka meredam inflasi, Bank Sentral Amerika Serikat (AS), The Fed, pada 14 Desember lalu menaikkan suku bunga inti sebesar 0,5 menjadi 4,25-4,5%. Hal ini dilakukan ketika angka inflasi di Amerika Serikat tengah melonjak hingga 7,11%. Sepanjang tahun 2022, The Fed sudah menaikkan suku bunga sebanyak tujuh kali dan diperkirakan masih akan menaikkannya pada tahun 2023. Sekitar dua dekade lalu, pada tahun 2000-an, AS juga pernah mencapai tingkat suku bunga tinggi, di angka 6,50%. 

Di wilayah Eropa, suku bunga inti juga telah meningkat sebanyak empat kali sepanjang tahun 2022, hingga ke angka 2,5%. Sementara itu, Indonesia sepanjang tahun 2022 sudah menaikkan tingkat suku bunga sebanyak lima kali, satu kali sebulan berturut-turut sejak bulan Agustus hingga Desember. Pada 22 Desember, BI sudah meningkatkan suku bunga acuan 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 0,25% menjadi 5,50%. 

Artikel Terkait

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 12 Maret 2024 at 12:34 am

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu The post Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Lebih Jauh Proses terjadinya Pelangi
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 10 Maret 2024 at 7:11 am

    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs The post Mengenal Lebih Jauh Proses terjadinya Pelangi appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Konferensi Meja Bundar: Latar Belakang, Tujuan & Dampaknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 8 Maret 2024 at 2:50 am

    Pasca kemerdekaan Indonesia, Indonesia tidak sepenuhnya merdeka, lho. Masih ada upaya-upaya Belanda ingin menjajah dan menduduki negara Indonesia. Maka dari itu, para pemuda Indonesia tidak ingin hal tersebut terjadi. Sehingga, terbentuklah Konferensi Meja Bundar (KMB) atau dalam bahasa Belanda disebut dengan Nederlands-Indonesische ronde tafel conferentie. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut konferensi The post Konferensi Meja Bundar: Latar Belakang, Tujuan & Dampaknya appeared first on Sma Studioliterasi.

Suku bunga yang terus meningkat akan menyebabkan arus dana lebih sulit. Sepanjang tahun 2022, sudah terjadi 357 kali kenaikan tingkat suku bunga di dunia. Sementara itu, hanya terjadi 15 kali penurunan suku bunga. 

3. Terganggunya Rantai Pasok

Sumber: freepik

Tantangan ekonomi global selanjutnya yaitu terganggunya rantai pasok perdagangan global. Meredanya pandemi tidak lantas membuat pertumbuhan ekonomi meningkat, salah satunya karena sanksi dari Amerika Serikat (AS), Uni Eropa (EU), serta sekutunya terhadap rusia. Situasi ini juga menjadi semakin parah karena kebijakan Zero Covid di China yang turut mendorong kenaikan harga-harga.   

Baca juga: 7 Cara Menghadapi “Resesi”

4. Krisis Energi

Sumber: freepik

Saat ini, krisis energi menjadi tantangan yang besar di dunia karena dalam beberapa dekade terakhir permintaan energi meningkat tanjam karena pertumbuhan populasi global, perkembangan industri, dan peningkatan standar hidup. Selain itu, konflik antara Rusia dan Ukraina juga menjadi faktor terjadinya krisis energi di Eropa. Bahkan beberapa negara di Eropa sudah menyatakan bahwa mereka sedang menghadapi krisis energi, seperti Jerman, Swedia, Austria, Belanda, dan Denmark. 

Namun, dengan krisis energi, agenda transisi energi ke energi terbarukan dari energi fosil akan lebih mudah untuk dilaksanakan. Sebab, negara-negara akan berlomba-lomba untuk menyediakan diversifikasi energi. Meski konsumsi energi dunia pada tahun 2023 diperkirakan hanya akan bertumbuh sekitar 1,3%, konsumsi energi terbarukan akan meningkat sekitar 11% dan didominasi oleh negara di Asia. Hal ini akan berdampak pada meningkatnya investasi ke energi ramah lingkungan. 

5. Ketegangan Geopolitik 

Sumber: freepik

Hal yang turut menjadi tantangan ekonomi global kini adalah ketegangan militer dan politik. Contohnya yaitu perang Rusia di Ukraina yang terlihat masih berlanjut, friksi Amerika Serikat (AS) dan Cina atas Taiwan, serta meningkatnya ketegangan di semenanjung Korea. Hal ini berpotensi menyebabkan investor akan menahan diri untuk berinvestasi. Di samping itu, konflik ini akan berakibat negatif ke  berbagai bidang, seperti pada pasokan komoditas energi fosil global dan bahan pangan. 

Selain itu, pertempuran untuk supremasi teknologi antara Amerika Serikat (AS) dan Cina kemungkinan akan menjadi semakin intens pada tahun 2023 ini. Berawal dari konflik perdagangan, kini berubah menjadi upaya penetapan standar jangka panjang di beberapa sektor penting, seperti kecerdasan buatan, microchip, dan 5G. 

6. Tingginya Inflasi

Sumber: freepik

Kawasan Eropa dan Amerika mengalami peningkatan inflasi yang cukup signifikan. Menurut data The Economist Intelligence Unit (EIU), dua negara dengan inflasi tertinggi yaitu Argentina dan Turki. Rerata inflasi tahunan Argentina pada bulan November mencapai 92,4%, sementara Turki tercatat mengalami inflasi sebesar 84,39%. 

Sementara itu, di Asia sendiri, khususnya dengan skala ekonomi besar seperti Indonesia misalnya, angka inflasi tahunan per November 2022 berada di sekitar 5,42%. Sedangkan China mengalami inflasi sebesar 1,57%, dan Jepang 3,8%. Jadi, kenaikan tingkat inflasi ini tidak merata di semua negara. 

Baca juga: Perubahan Iklim Global: Pengertian, Dampak & Penanggulangan

Nah, itu tadi ulasan mengenai keenam aspek yang menjadi tantangan ekonomi global. Tahun 2023 memang bukanlah tahun yang mudah untuk sektor perekonomian, namun dengan adanya situasi ini, peluang untuk berinovasi bisa tetap berkembang. Semoga informasi kali ini menambah wawasan Kawan Literasi!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 6 Tantangan Ekonomi Global pada Tahun 2023, Apa Saja?

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]

    Trending

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh […]
    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]