1. Kuliah & Umum

8 Teknologi Pendidikan Terkini: Inovasi Dunia Pendidikan

Perkembangan teknologi ditambah dengan pandemi telah banyak mengubah model belajar secara signifikan. Jika dibandingkan dengan beberapa dekade lalu, cara belajar para murid kini sudah jauh berbeda karena penggunaan teknologi. Apa saja teknologi pendidikan terkini yang ada saat ini? Simak artikel kali ini hingga akhir ya, Kawan Literasi!

1. Social Media in Learning

Sumber: freepik

Tidak hanya menjadi sarana hiburan atau entertainment semata, media sosial juga sudah menjelma menjadi platform untuk belajar dan mengajar. Kini, murid-murid sudah sangat lekat dengan penggunaan media sosial. Oleh karena itu, pengajar juga harus turut mengikuti tren yang ada agar proses pembelajaran bisa berjalan lebih menarik dan relevan, salah satunya dengan memanfaatkan media sosial. 

Kini banyak tenaga pengajar yang mulai menggunakan beberapa platfrom media sosial seperti Instagram dan WhatsApp untuk memberikan materi, penugasan, penilaian, maupun saling berbagi evaluasi pembelajaran kepada guru maupun dari guru kepada murid. 

2. Gamification

Sumber: freepik

Gamification merupakan menggabungkan elemen permainan ke dalam kegiatan pembelajaran yang bukan berupa permainan. Game atau permainan sangat menarik untuk para murid baik anak-anak hingga dewasa. Oleh karena itu, banyak kini produk permainan yang dibuat untuk meningkatkan motivasi belajar murid. 

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Saat ini, sudah banyak tenaga pendidik yang juga menyampaikan materi pembelajaran dengan bentuk game. Hal ini banyak guru implementasikan dalam kegiatan belajar mengajar agar siswa-siswi bisa lebih mudah memahami konsep materi yang diajarkan.  

3. Video-Assisted Learning

Sumber: freepik

Pembelajaran berbasis video atau Video-Assisted Learning merupakan salah satu teknologi pendidikan terkini yang mulai marak guru gunakan dalam kegiatan mengajar. Menggunakan video dapat memudahkan para siswa terutama untuk materi yang bersifat konseptual, membutuhkan pemahaman, kemampuan kognitif, hingga keahlian sosial-emosional. 

Mengapa pembelajran berbasis video bisa lebih menarik? Sebab, dengan video, teori-teori serta materi pembelajaran bisa guru berikan dengan visual yang menarik, baik berupa animasi, gambar, serta suara. Video yang menarik juga bisa membuat siswa lebih termotivasi dan lebih mudah memahami konsep suatu materi. 

Kini, banyak sumber belajar berbasis video yang bisa ditemukan seperti dari Youtube, mulai dari pelajaran matematika, kimia, fisika, dan masih banyak lagi. 

4. E-Learning

Sumber: freepik

Teknologi pendidikan terkini selanjutnya yaitu pembelajaran berbasis elektronik atau kita kenal sebagai e-learning. Konsep e-learning adalah bentuk pembelajaran atau pendidikan yang tenaga pendidik berikan secara online dengan perantara komputer atau perangkat lainnya. 

Hal yang harus para tenaga pendidik persiapkan untuk melakukan pembelajaran e-learning tentunya adalah akses jaringan internet, pengembangan multimedia, serta Learning Management System. Kelebihan penggunaan e-learning ialah baik guru maupun siswa tidak harus berada di tempat yang sama saat pembelajaran berlangsung, sehingga lebih fleksibel.  

Baca juga: Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini: Tujuan dan Manfaatnya

5. Augmented Reality & Virtual Reality

Sumber: freepik

Virtual Reality (VR) atau Augmented Reality (AR) merupakan teknologi pendidikan terkini yang bisa menghubungkan dunia nyata dan dunia maya. Dengan teknologi VR dan AR, siswa bisa melihat sesuatu yang abstrak serta bisa mengunjungi suatu tempat untuk belajar. 

Contohnya, para guru bisa mengajak siswa untuk mempelajari bentuk tengkorak atau fosil secara langsung dengan memanfaatkan teknologi VR, ataupun mengunjungi suatu tempat sembari melihat lingkungan di sekitarnya secara virtual. 

6. Big Data

Sumber: freepik

Big data merupakan teknologi penyimpanan yang besar. Semakin banyaknya pengguna internet, meningkat pula penggunaan perangkat seperti laptop, komputer, ponsel, hingga alat digital lainnya. Sebelumnya, penyimpanan data hanya menggunakan  flashdisk dan kartu memori dengan kapasitas 5-100 GB. Namun, saat ini penyimpanan data sudah menggunakan cloud yang memungkinkan penyimpanan data hingga 1 TB bahkan tidak terbatas. 

7. Blockchain Technology

Sumber: freepik

Blockchain technology juga dikenal sebagai distributed ledger technology. Teknologi ini adalah sebuah sistem yang memungkinkan banyak orang untuk memiliki akses untuk mengubah data yang diberikan. Salah satu contoh yang paling sederhana adalah menggunakan Google Documents dalam pembuatan suatu naskah, dimana naskah tersebut dapat beberapa orang edit sekaligus pada waktu yang sama. 

Proses yang kolaboratif dengan teknologi digital ini bisa menghemat biaya serta waktu jika dibandingkan dengan pembuatan naskah secara manual, dimana naskah tersebut harus dicetak terlebih dulu, lalu dicetak, disunting, dan dicetak kembali. 

8. Artificial Intelligence (Teknologi Kecerdasan Buatan)

Sumber: freepik

Teknologi pendidikan terkini yang sangat populer yaitu kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Kawan Literasi pasti sudah mengetahui situs chatGPT, bing, dan semacamnya bukan? Beberapa situs tersebut termasuk dalam situs yang menggunakan teknologi AI. Namun, Kawan Literasi harus menggunakannya dengan bijaksana sebab data-data yang ada harus kalian validasi kembali kebenarannya. 

Baca juga: Sistem Pendidikan Nasional: Kenali Jalur, Jenjang, dan Jenis Pendidikan

Nah, itu dia beberapa bentuk teknologi pendidikan terkini yang bermunculan dan menjadi tren dalam kegiatan belajar dan mengajar. Kawan Literasi pasti sudah familiar dengan beberapa teknologi tersebut bukan? Perlu kalian ingat bahwa teknologi tersebut merupakan tools atau alat yang menunjang pembelajaran dan bisa kalian manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk memahami materi maupun konsep yang sedang kalian pelajari. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 8 Teknologi Pendidikan Terkini: Inovasi Dunia Pendidikan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]