1. Tak Berkategori

Struktur Teks Biografi, Ciri-Ciri, & Kaidah Kebahasaan

Sobat Stulit pasti pernah membaca cerita para tokoh pahlawan, orang-orang berpengaruh di dunia, hingga artis terkenal. Cerita hidup tokoh-tokoh terkenal ini dinamakan teks biografi. Biasanya isi cerita mereka adalah kisah hidup dan perjalanannya menuju kesuksesan. Tak jarang juga para tokoh-tokoh terkenal ini membagikan kiat suksesnya agar para pembaca juga bisa mengikuti jejak mereka. 

Di pembahasan kali ini, kita akan sama-sama membahas materi pelajaran Bahasa Indonesia tentang teks biografi. Simak penjelasan lengkapnya di sini. 

Pengertian Teks Biografi

Pengertian Teks Biografi (sumber: Pexels)
Pengertian Teks Biografi (sumber: Pexels)

Biografi berasal dari kata bio dan graf. Bio artinya hidup dan graf adalah tulisan. Jadi, teks biografi dapat diartikan sebagai tulisan tentang kehidupan seseorang. Tulisan tersebut dapat berupa rangkaian peristiwa yang terjadi dalam kehidupan seseorang. Biografi biasanya menceritakan kisah hidup tokoh pahlawan, aktor atau aktris, dan orang-orang berpengaruh di dunia. 

Sebuah teks biografi dikatakan faktual jika berdasarkan pengalaman pribadi tokoh dan keakuratan data di lapangan. Untuk memahami bagaimana membuat biografi, simak penjelasan lengkapnya mengenai struktur teks biografi berikut ini. 

Artikel Terkait

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Yuk, Mengenal Bagaimana Cara Memahami Contoh Teks Ulasan
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 4 April 2024 at 2:05 am

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks The post Yuk, Mengenal Bagaimana Cara Memahami Contoh Teks Ulasan appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Kenali Jenis-Jenis Komputer yang Ada di Seluruh Dunia!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 3 April 2024 at 1:39 am

    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia The post Kenali Jenis-Jenis Komputer yang Ada di Seluruh Dunia! appeared first on Sma Studioliterasi.

Struktur Teks Biografi

Teks biografi termasuk ke dalam teks narasi. Oleh karena itu, struktur biografi juga sama dengan teks cerita lainnya seperti cerpen atau hikayat, yaitu orientasi, kejadian penting dan reorientasi. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing identifikasi strukturnya. 

1. Orientasi

Orientasi atau setting (aim), berisi informasi tentang latar belakang kisah atau peristiwa yang akan diceritakan selanjutnya untuk membantu para pembaca. Informasi yang dimaksud adalah siapa, kapan, di mana, dan bagaimana. 

2. Peristiwa Penting

Peristiwa atau kejadian penting (important event, record of events) adalah rangkaian peristiwa yang telah disusun berdasarkan kronologis, menurut lini masa yang meliputi kejadian utama yang dialami sang tokoh. Dalam menceritakan bagian ini, penulis menyertakan komentar-komentar pada beberapa bagiannya.

3. Reorientasi

Reorientasi berisi komentar yang bersifat evaluatif atau pernyataan kesimpulan tentang  rangkaian peristiwa yang pernah diceritakan sebelumnya. Akan tetapi, bagian ini hanya dijadikan opsi yang mungkin ada atau tidak ada di dalam sebuah biografi. 

Jenis Teks Biografi

Biografi dibagi menjadi empat jenis. Di antaranya adalah biografi berdasarkan penulisnya, berdasarkan isinya, berdasarkan izinnya, berdasarkan persoalan yang dibahas. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing jenis biografi

1. Berdasarkan Topik Pembahasannya

Jenis biografi berdasarkan topik pembahasan ini melihat dari sudut pandang isi tulisannya. Biografi berdasarkan topik terbagi lagi ke dalam tiga sub jenis. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Biografi intelektual, adalah jenis biografi yang ditulis berdasarkan hasil riset yang dikumpulkan dari berbagai sumber. Selain itu, gaya penulisan biografi intelektual ini menggunakan bahasa ilmiah. Contohnya adalah buku berjudul “Fragmen Sejarah Intelektual: Beberapa Profil Indonesia Merdeka” karya Ignas Kleden. 
  • Biografi politik, adalah jenis biografi yang menceritakan pengalaman hidup tokoh pahlawan negara atau sosok pejabat melalui sudut pandang politik. Biografi jenis ini tidak jauh berbeda dari biografi intelektual. Namun biasanya biografi politik dibuat berdasarkan kepentingan sosok yang ditulis. Contoh buku biografi politik adalah “Biografi Politik Susilo Bambang Yudhoyono” karya Garda Maeswara. 
  • Biografi jurnalistik, sesuai dengan namanya, jenis biografi jurnalistik mengumpulkan riset tulisannya dengan melakukan wawancara dengan tokoh yang akan ditulis atau tokoh informan pendukung lainnya untuk mendukung hasil biografi. 

2. Berdasarkan Isinya

Jenis biografi juga terbagi ke dalam jenis isinya. Biografi jenis ini terbagi ke dalam dua sub jenis, di antaranya adalah sebagai berikut

  • Biografi perjalanan hidup adalah jenis biografi yang menuliskan perjalanan hidup seorang tokoh dengan mengambil lini masa dari tokoh tersebut kecil hingga dewasa dan sukses. Biografi perjalanan hidup juga dapat menuliskan pengalaman hidup sang tokoh yang paling mengesankan.
  • Biografi karir, biografi ini hanya menuliskan perjalanan berkarir seorang tokoh hingga mencapai kesuksesan.

3. Berdasarkan Penulisnya

Jenis teks biografi ini dibagi lagi ke dalam dua sub jenis, yaitu 

  • Biografi adalah kisah hidup seorang tokoh yang ditulis oleh orang lain 
  • Autobiografi adalah kisah hidup yang ditulis oleh tokohnya itu sendiri. 

4. Berdasarkan Izinnya

Jenis biografi berdasarkan izinnya terbagi ke dalam dua jenis, di antaranya adalah 

  • Authorized biography adalah teks biografi yang telah mendapatkan izin dari tokohnya dengan sepengetahuan sang tokoh 
  • Unauthorized biography adalah jenis biografi yang ditulis tanpa seizin tokohnya. Jenis biografi ini ditulis apabila tokoh sudah wafat dan tidak ada anggota keluarga yang bisa dimintai izin. 

Kaidah Kebahasaan Teks Biografi

Kaidah Kebahasaan Teks Biografi (sumber: Pexels)
  1. Menggunakan pronomina (kata ganti) orang ketiga tunggal ‘ia’ atau ‘dia’ atau ‘beliau’. Kata ganti ini digunakan bervariasi dengan penyebutan nama tokoh atau panggilan sang tokoh. Contoh: “Ia terlahir dari keluarga sederhana dan lingkungan yang suportif”.
  2. Banyak menggunakan kata kerja tindakan untuk menjelaskan peristiwa atau perbuatan fisik yang dilakukan oleh tokoh. Contoh: memasak, bermain, belajar.
  3. Menggunakan kata adjektiva untuk menginformasikan secara rinci tentang sifat-sifat tokoh. Contoh: rajin, pintar, cekatan.
  4. Banyak menggunakan kata kerja pasif dalam menjelaskan peristiwa yang dialami tokoh sebagai subjek yang diceritakan. Contoh: diberi, ditugaskan.
  5. Banyak menggunakan kata kerja yang berhubungan dengan aktivitas mental dalam menggambarkan peran tokoh. Contoh: mengajarkan, menginspirasi, menyayangi.
  6. Menggunakan kata sambung, kata depan ataupun nomina yang berkenaan dengan urutan waktu. Contoh: sebelum, kemudian, selanjutnya. 

Ciri-Ciri Teks Biografi

Sebuah biografi harus memberikan suatu informasi yang berdasarkan kenyataan dari tokoh yang sedang diceritakan dalam bentuk narasi. Kemudian, ciri selanjutnya adalah harus memberikan kenyataan pengalaman hidup dalam menghadapi masalah. Tokoh akan menceritakan bagaimana perjuangan hidupnya hingga berhasil. Selain itu, biografi juga memiliki struktur teks yang jelas. 

Tujuan Teks Biografi

Biografi memiliki tujuannya masing-masing. Biografi dapat bertujuan untuk memberikan edukasi dan pengetahuan kepada pembaca tentang suatu tokoh. Tujuan lainnya yaitu diharapkan pembaca dapat terinspirasi dari kisah hidup sang tokoh. Adanya biografi juga dapat membantu meluruskan cerita-cerita bohong tentang sang tokoh, sehingga dalam biografi tersebut para tokoh dapat membagikan kisah yang sebenarnya. 

Contoh Teks Biografi 

1. Orientasi

Niall James Horan, atau yang lebih dikenal sebagai Niall Horan merupakan seorang penyanyi dan musisi asal Irlandia. Ia lahir di Mullingar, Irlandia, 13 September 1993. Niall lahir dari pasangan Bobby Horan dan Maura Gallagher. Niall mengawali karirnya sebagai penyanyi dengan bergabung dalam sebuah boy group fenomenal asal Britania Raya, One Direction. Boy group One Direction ini terdiri dari lima personil di antaranya adalah Zayn, Liam, Louis, Harry dan Niall. Mereka berlima dipertemukan dalam sebuah ajang pencarian bakat menyanyi pada 2010. Selain memiliki suara yang merdu, Niall juga memiliki bakat dalam bermusik, ia bisa memainkan gitar dan keyboard

2. Peristiwa Penting

Nama Niall Horan dibesarkan dalam One Direction. Ia dan keempat anggota lainnya mendulang kesuksesan setelah lagu perdananya yang berjudul What’s Make You Beautiful berhasil mengundang jutaan penonton di kanal YouTube. Dilanjutkan dengan rilis album-album di tahun berikutnya yang selalu laris terjual dalam hitungan detik. Niall dan beberapa personil lainnya juga terlibat dalam pembuatan lagu dan musik untuk album mereka. 

Setelah memutuskan untuk hiatus di tahun 2015. Masing-masing anggota mulai menjalani kesibukannya sebagai solois. Salah satunya adalah Niall. Ia mulai merilis beberapa single dan albumnya di tahun 2016-2018. Niall juga sempat berkolaborasi dengan beberapa penyanyi seperti Julia Michael dan Anne Marie. Setelah sukses dalam dunia entertain, Niall juga terjun ke dunia bisnis. Ia mendirikan sebuah perusahaan manajemen golf yang bernama “Modest Golf”. 

3. Reorientasi

Meskipun telah memutuskan untuk berjalan masing-masing, namun komunikasi antara Niall dan keempat kerabatnya dari One Direction tetap berjalan. Niall dan Liam bahkan sempat menonton konser Harry di beberapa kesempatan. Niall memiliki preferensi genre musiknya sendiri. Dalam album solo pertamanya, ia mengidentifikasikan jenis genre musiknya sebagai folklore side of pop

Baca juga: Teks Ulasan

Berikut tadi adalah penjelasan lengkap dari teks biografi. Sekarang sobat Stulit dapat membedakan jenis-jenis biografi dan berlatih menulis biografi tokoh atau artis favorit kalian.Simak terus materi pelajaran lainnya hanya di Studio Literasi.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Struktur Teks Biografi, Ciri-Ciri, & Kaidah Kebahasaan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]

    Trending

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh […]
    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]