1. Kelas 9 Bahasa Indonesia

Teks Cerita Inspiratif: Pengertian, Struktur, & Contohnya

Kawan Literasi tentunya sudah familiar dengan cerita melalui novel dan cerita pendek, bukan? Ternyata, teks cerita memiliki macam-macam jenis, lho, Kawan Literasi. Salah satu jenis teks cerita yaitu cerita inspiratif. Namun, teman-teman sudah cukup mengenal serba-serbi mengenai teks cerita inspiratif, belum?

Oleh karena itu, Studio Literasi ingin mengajak teman-teman untuk mengenal lebih jauh apa itu teks cerita inspiratif. Pada pembahasan kali ini, teman-teman akan menemukan informasi mengenai pengertian, struktur, ciri-ciri, hingga contoh teks cerita inspiratif. Kawan Literasi bisa menyimak pembahasannya melalui artikel berikut ini!

Pengertian Teks Cerita Inspiratif

Teks cerita inspiratif adalah rangkaian teks atau cerita dengan bentuk narasi yang bertujuan untuk memberikan kebaikan dan motivasi bagi pembaca karena mengandung nilai positif. Cerita inspiratif biasanya dijadikan sebagai media untuk mendapatkan ide ataupun ilham sehingga akan menambah rasa semangat dan percaya diri kepada para pembacanya.

Struktur Teks Cerita Inspiratif

Teks Cerita Inspiratif (sumber: Pexels)
Struktur Teks Cerita Inspiratif (sumber: Pexels)

Teks cerita inspiratif dibuat berdasarkan beberapa struktur. Struktur teks cerita inspiratif diantaranya yaitu orientasi, insiden, interpretasi, resolusi, dan koda. Berikut Studio Literasi jelaskan maksud dari masing-masing struktur cerita inspiratif.

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

1. Orientasi

Bagian pembuka atau pengantar cerita yang biasanya berisi perkenalan tokoh, seperti latar belakang tokoh, tempat, situasi dan lain-lain.

2. Insiden

Bagian struktur pada teks berupa perumitan peristiwa yang akan menjadi awal mula dari konflik cerita. 

3. Komplikasi

Menjadi bagian inti cerita yang mengandung nilai inspirasi di dalamnya. Biasanya, struktur ini dibuat dengan memperlihatkan tokoh cerita menemukan solusi dari konflik yang ada. 

4. Resolusi

Resolusi merupakan tahap penyelesaian masalah pada cerita dan tokoh akan mengeksekusi solusi dari permasalahan tersebut.

5. Koda

Koda adalah bagian penutup dari cerita, biasanya akan berisi kesimpulan serta pesan moral.

Ciri-Ciri Teks Cerita Inspiratif

Teks cerita inspiratif memiliki beberapa ciri yang membedakannya dengan jenis teks cerita lain. Adapun ciri-ciri teks cerita inspiratif adalah sebagai berikut.

1. Kata yang digunakan adalah kata ekspresif

Cerita inspiratif berisi cerita mengenai kisah tokoh tertentu sehingga umum menggunakan kata ekspresif. Kata ekspresif digunakan untuk menggambarkan keadaan emosi dari tokoh, seperti perasaan pribadi sang tokoh, simpati, empati, dan masih banyak lagi.

2. Terdiri dari kalimat deskriptif

Cerita inspiratif biasanya menggunakan sudut pandang orang ketiga sehingga teman-teman akan sering melihat jenis cerita ini menggunakan kalimat deskriptif. Kalimat deskriptif ini ditulis dengan penjelasan yang melibatkan panca indera secara detail, bermaksud agar pembaca bisa merasakan peristiwa yang terjadi pada cerita.

3. Bersifat naratif

Karena salah satu jenis teks cerita, cerita inspiratif memiliki sifat naratif karena berisi uraian urutan kejadian terhadap suatu peristiwa. Urutan kejadian tersebut biasa dikenal dengan alur cerita.

4. Terdapat tokoh cerita yang diceritakan

Cerita inspiratif memiliki tokoh utama pada ceritanya yang memiliki latar belakang kisah hidup inspiratif. Oleh karena itu, tokoh pada jenis cerita ini bisa dijadikan sebagai suri teladan atau panutan bagi para pembacanya. 

5. Alurnya cenderung menarik

Jenis teks cerita ini terdiri dari beberapa struktur seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kisahnya akan dijelaskan secara runtut dari awal, inti, hingga akhir cerita. Setiap struktur tersebut terdapat pemahaman bagian ceritanya masing-masing sehingga akan menciptakan alur cerita yang menarik.

Contoh Teks Cerita Inspiratif

Agar Kawan Literasi dapat lebih memahami teks cerita inspiratif, Studio Literasi akan memberikan contoh cerita inspiratif yaitu sebagai berikut.

Membangun Usaha Sendiri – Dion merupakan sosok pemuda yang baru saja mendapatkan gelar sarjana dari perguruan tinggi pada kota besar. Untuk melanjutkan kehidupan pasca-kampusnya, Dion berencana untuk membangun usahanya sendiri dengan beternak di desa asalnya. Rencananya tersebut dianggap remeh oleh teman-teman kuliah Dion. Kata temannya, seorang sarjana seharusnya bekerja di perusahaan besar, bukan hanya beternak apalagi di desa kecil. Akan tetapi, Dion tetap bersikukuh ingin beternak dan membangun usaha sendiri. Memulai usaha dari bawah memang tidak semudah yang dibayangkan oleh Dion. Ia bahkan sempat mengalami kegagalan, hewan ternaknya tidak dapat dipanen sehingga Dion mengalami kerugian yang tidak sedikit jumlahnya. Melihat teman semasa kuliahnya tidak mengalami kesulitan, membuat Dion menjadi berkecil hati dan merasa bahwa apa yang dikatakan teman-temannya dahulu memang benar. Pada suatu hari Dion bertemu dengan Pak Warno, seorang pebisnis ternak yang telah sukses. Dion pun mulai berguru pada Pak Warno setiap ada kesempatan seraya kembali membangun peternakannya sendiri sedikit demi sedikit. Pak Warno juga berbaik hati membantu Dion dengan mengenalkannya kepada relasi yang terkait di bidang peternakan. Perlahan-lahan, bisnis Dion berkembang dan mulai mendapatkan keuntungan. 10 tahun kemudian, bisnis peternakan Dion menjadi peternakan terbesar di daerahnya. Kesuksesan Dion tidak membuat dirinya sombong dan ia berterima kasih kepada Pak Warno yang telah membantunya untuk menjadi pebisnis ternak yang berhasil. Tentu saja, kesuksesan ini membuat Dion bangga dan lega karena apa yang dilakukannya selama ini tidak sia-sia. Dion juga menyadari bahwa jika ingin melakukan sesuatu, maka jangan pernah menyerah dan tidak usah sungkan untuk belajar dan berguru kepada yang telah handal di bidangnya.

Baca juga: Teks Diskusi: Pengertian, Struktur, Kaidah, & Contohnya

Nah, seperti itu penjelasan mengenai pengertian, struktur, ciri-ciri, dan contoh dari teks cerita inspiratif. Semoga melalui artikel ini, teman-teman dapat lebih memahami cerita inspiratif secara keseluruhan. Untuk penjelasan materi pelajaran terlengkap lainnya, Kawan Literasi bisa simak terus laman Studio Literasi ini, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Teks Cerita Inspiratif: Pengertian, Struktur, & Contohnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]