1. Kelas 9 Bahasa Indonesia

Teks Diskusi: Pengertian, Struktur, Kaidah, & Contohnya

Pernahkah kamu dalam suatu acara atau kesempatan melakukan diskusi? Jika pernah, kamu pasti merasakan bagaimana sebuah komunikasi menjadi bagian dari proses menemukan titik temu atau solusi dari setidaknya dua pemikiran, pandangan, dan pendapat yang berbeda. 

Ditemukannya gagasan atau ide selama diskusi tersebut, biasanya dicatat dalam teks diskusi. Adapun tujuan disusunnya jenis teks ini adalah untuk merangkum hal-hal penting seperti argumen untuk bertukar ide dan gagasan agar dapat digunakan kembali saat dibutuhkan. Pada artikel kali ini, kita akan membahas secara dasar mengenai teks diskusi, dimulai dari pengertian, struktur, tujuan, hingga cara menyusunnya. Yuk mari kita belajar!

Pengertian Teks Diskusi

Sebelum memahami struktur dan kaidahnya, alangkah baiknya kita memahami dulu pengertian dari teks diskusi. Definisi dari diskusi itu sendiri adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran dan pendapat sebagai respons dari suatu masalah. Masalah yang dimaksud tersebut akan dibahas dari sudut pandang yang berbeda. Maka dari itu, pengertian teks diskusi adalah media yang digunakan untuk mencatat hal-hal penting tentang suatu masalah dalam pertemuan ilmiah tersebut. 

Sebagai tambahan, jenis teks ini bisa disebut sebagai pengembangan dari argumen suatu isu. Tidak jarang, argumen yang muncul berupa bentuk argumen atau pendapat yang saling bertolak belakang. Meskipun begitu, beberapa bentuk diskusi dapat berisi argumen yang tidak berlawanan pula. Melainkan argumen atau pendapat yang memiliki satu frekuensi yang sama dan saling menguatkan pendapat yang sama tadi.

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

Struktur Teks Diskusi

Dalam menyusun teks diskusi, terdapat suatu struktur yang berlaku. Berikut merupakan struktur dari jenis teks tersebut:

1. Isu

Sebagai pendahuluan, isu disini merupakan unsur yang berisi gambaran mengenai suatu permasalahan yang akan dibahas dalam sebuah diskusi. Entah itu masalah ekonomi, politik, sosial, maupun budaya.

Dalam penyusunan isu dalam struktur teks diskusi ini terdapat beberapa poin penting yang perlu diperhatikan. Seperti adanya suatu pernyataan untuk membatasi topik yang dibahas. Kemudian, terdapat latar belakang mengenai topik yang dibahas. Serta penyorotan sudut pandang berbeda yang akan dibahas.

Contoh isu di dalam struktur teks antara lain:

Dalam kesempatan kali ini, akan membahas mengenai permasalahan pendidikan yang menjadi masalah dari tahun ke tahun dan belum ditemukan solusinya..”

2. Argumen

Umumnya, ketika berdiskusi terdapat permasalahan yang harus dicari solusinya. Dalam mencari solusi tersebut, muncul bermacam latar belakang atau alasan dibalik topik yang kita diskusikan, hal tersebut ialah yang disebut rangkaian argumen.

Argumen sendiri terbagi menjadi dua, yaitu argumen pendukung dan argumen penentang. Hal ini menandakan bahwa isi atau rangkaian argumen berkaitan dengan pernyataan dan alasan logis dari berbagai pihak, yang digunakan untuk mendukung atau menolak suatu pendapat  mengenai permasalahan yang sedang dibahas dalam suatu diskusi.

Adapun contoh argumen dalam teks diskusi antara lain:

Pengelolaan sampah yang menumpuk sebenarnya bisa dilakukan dengan cara sederhana dan praktis, yakni dengan membakarnya. Hanya saja bagi pecinta alam dan lingkungan, membakar sampah berpotensi merusak alam dan menimbulkan bencana atau masalah baru.  Tetapi pihak pecinta alam dan lingkungan juga dapat memilih opsi lain yaitu melakukan komposting sampah. Yaitu memilah sampah dan mengolah sampah organik untuk dijadikan pupuk bagi makhluk hidup. Sekaligus memanfaatkan dan mengolah sampah anorganik untuk berbagai keperluan, salah satunya diubah menjadi produk kerajinan tangan..

3. Kesimpulan atau Saran

Pada bagian akhir dari struktur teks diskusi sebaiknya berisi rekomendasi atau rekapitulasi hasil dari diskusi yang didapat dari mengumpulkan atau mengelaborasi masing-masing argumen dari setiap orang yang terlibat dalam diskusi sehingga menjadi solusi atau jembatan tengah dari permasalahan yang sudah dibahas.

Yang perlu diperhatikan dari penyusunan kesimpulan atau saran ini adalah dengan memuat simpulan argumen dari sisi pro dan kontra, memperlihatkan evaluasi argumen yang paling efektif, dan memuat rekomendasi atau alternatif yang tidak memihak terhadap persoalan yang dibahas.

Contoh teks diskusi dari bagian kesimpulan atau saran dalam teks diskusi antara lain:

Sampah yang terus saja menumpuk pada dasarnya bisa dimanfaatkan dan diolah kembali, sehingga perlu dilakukan proses sortir. Hal tersebut berarti bahwa solusi ini tidak membahayakan kondisi lingkungan..

Tujuan Teks Diskusi

Seperti halnya jenis teks yang lain, teks diskusi juga memiliki tujuan khusus. Jenis teks ini bertujuan untuk menyajikan suatu pendapat, sudut pandang, atau perspektif yang berbeda terhadap suatu permasalahan yang muncul. Sehingga terjadi proses pertukaran pikiran dan mendapat perspektif yang beragam yang kemudian diharapkan mampu menjadi media untuk menguji gagasan diri sendiri, maupun menguji gagasan atau pendapat orang lain.

Kaidah Kebahasaan Teks Diskusi

Kaidah Kebahasaan Teks Diskusi (sumber: Pexels)
Kaidah Kebahasaan Teks Diskusi (sumber: Pexels)

Selain struktur, jenis teks ini juga memiliki kaidah kebahasaan yang akan mengindikasikan bahwa sebuah paragraf merupakan teks diskusi. Kaidah kebahasaan yang dimaksud antara lain:

1. Konjungsi Pertentangan

Konjungsi pertentangan merupakan ungkapan penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat yang dimana menyatakan pertentangan atau perlawanan. Konjungsi ini umumnya ditandai dengan kata yang dalam penulisannya didahului tanda baca koma yakni kata hubung yang menjelaskan tentang suatu hal yang saling berlawanan atau bertentangan seperti kata tidak, tetapi, sedangkan, melainkan, dan, dan lain sebagainya. 

2. Konjungsi Perbandingan

Adapun konjungsi perbandingan diartikan sebagai ungkapan penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat yang menyatakan perbandingan dan hanya terdiri atas konjungsi … lebih …, daripada …. Konjungsi ini umumnya digunakan untuk membandingkan dua hal yang berbeda. 

3. Penggunaan Kata yang Menunjukkan Sikap

Pada jenis teks ini, umumnya juga menggunakan kata yang bertujuan untuk menunjukan suatu sikap. Sikap yang dimaksud adalah sikap untuk mendukung suatu argumen maupun menolak atau melawan suatu argumen dalam kegiatan diskusi. Kata yang menunjukkan sikap, contohnya seperti harus, akan, ingin, dan mungkin.

Cara Menyusun Teks Diskusi

Menyusun jenis teks ini sebenarnya tidak susah jika kamu paham akan topik yang dibahas. Setelah kamu sudah mulai memahami apa itu definisinya dan bagaimana struktur beserta kaidahnya, sekarang kamu bisa mencoba menyusun teks diskusi menggunakan langkah-langkah berikut ini:

  • Menentukan topik
  • Mendata argumen
  • Mengumpulkan informasi/data
  • Membuat kerangka berpikir
  • Mengembangkan kerangka
  • Menyunting atau merevisi teks

Contoh Teks Diskusi

Sudah mulai Ingin menulis sebuah teks diskusi, tapi masih bingung harus mulai dari mana? Tenang saja, kamu bisa coba simak satu contoh berikut, ya. Jika sudah ada gambaran, kamu bisa langsung mulai kemukakan pendapatmu dalam sebuah teks diskusi versi kamu sendiri!

Haruskah Narkoba Didayagunakan? – Narkoba adalah zat dan obat berbahaya yang bersifat adiktif serta memberikan banyak dampak buruk terhadap kesehatan penggunanya. Dampak buruk tersebut pun bisa semakin parah jika dikonsumsi dalam jumlah besar dan dalam jangka panjang. Narkoba memberikan banyak dampak buruk terhadap kesehatan, diantaranya kerusakan saraf dan otak, kerusakan paru-paru, mengalami mual dan muntah, menurunkan nafsu makan dan berat badan, disfungsi organ reproduksi, dan masih banyak lagi. Namun, dibalik semua dampak buruk tersebut. Obat-obatan sebenarnya tidak akan berdampak buruk jika digunakan dengan benar. Zat-zat psikotropika ini sebenarnya pun digunakan dalam pengobatan. Jika sudah menyadari bahwa narkoba itu sangat berbahaya, lebih baik menjauh dari obat-obatan terlarang dan tetap berhati-hati terhadap pergaulan bebas.

Baca juga: Apa Perbedaan Artikel dan Jurnal? Baca Selengkapnya di Sini.

Nah itu tadi beberapa yang perlu kamu ketahui tentang bagaimana menyusun teks diskusi. Kamu bisa mulai mempraktekannya bersama kelompok belajarmu dan dapatkan diskusi yang sehat dengan bertukar pendapat dan perspektif masing-masing. Semoga sukses!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Teks Diskusi: Pengertian, Struktur, Kaidah, & Contohnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]