1. Kelas 9 Bahasa Indonesia

Struktur Teks Laporan Percobaan, Ciri-Ciri dan Contohnya

Teks laporan percobaan merupakan salah satu jenis teks yang ada dalam materi Bahasa Indonesia. Teks ini berfungsi untuk melaporkan percobaan yang dilakukan oleh seorang penulis. Penulisannya tentu tidak boleh asal, sebab teks ini harus menyatakan fakta hasil dari percobaan dan disusun dengan sistematis. Untuk mengetahuinya lebih jauh, simak artikel berikut hingga akhir, Kawan Literasi!

Apa itu Teks Laporan Hasil Percobaan?

Sumber: wallpaperflare

Teks laporan hasil percobaan merupakan teks yang mendeskripsikan tentang suatu percobaan yang penulis lakukan. Umumnya, teks ini digunakan untuk melakukan suatu penelitian, percobaan, karya ilmiah, atau laporan praktikum. Isi dari teks ini adalah paparan data hasil praktek, observasi, ataupun penelitian, yang dituliskan dengan detail. Penulisan teks ini harus lengkap, jelas, dan tidak terlalu panjang, agar pembaca dapat memahami teks dengan mudah. 

Ciri-Ciri Teks Laporan Hasil Percobaan 

Ciri yang membedakan teks laporan hasil percobaan dengan teks lainnya yaitu: 

  1. Penyusunannya berlandaskan hasil pengamatan atau penelitian beserta pemecahannya. 
  2. Bersifat objektif dan aktual atau sesuai dengan fakta, sehingga kebenarannya dapat dibuktikan dan diuji. 
  3. Struktur teks ini runtut dan bersifat sistematis. 
  4. Bahasa yang digunakan bersifat ilmiah, baku, logis, dan komunikatif. 
  5. Teks laporan didukung dengan data yang lengkap. 
  6. Dapat menyelesaikan masalah yang muncul secara rinci dan komprehensif. 

Baca juga: Teks Diskusi: Pengertian, Struktur, Kaidah, & Contohnya

Artikel Terkait

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 12 Maret 2024 at 12:34 am

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu The post Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Lebih Jauh Proses terjadinya Pelangi
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 10 Maret 2024 at 7:11 am

    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs The post Mengenal Lebih Jauh Proses terjadinya Pelangi appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Konferensi Meja Bundar: Latar Belakang, Tujuan & Dampaknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 8 Maret 2024 at 2:50 am

    Pasca kemerdekaan Indonesia, Indonesia tidak sepenuhnya merdeka, lho. Masih ada upaya-upaya Belanda ingin menjajah dan menduduki negara Indonesia. Maka dari itu, para pemuda Indonesia tidak ingin hal tersebut terjadi. Sehingga, terbentuklah Konferensi Meja Bundar (KMB) atau dalam bahasa Belanda disebut dengan Nederlands-Indonesische ronde tafel conferentie. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut konferensi The post Konferensi Meja Bundar: Latar Belakang, Tujuan & Dampaknya appeared first on Sma Studioliterasi.

Struktur Teks Laporan Percobaan

Sumber: pixabay

Secara umum, struktur teks ini hampir sama dengan sistematika penulisan karya ilmiah. Teks laporan percobaan memiliki lima bagian, yaitu pendahuluan, landasan teori, metode, paparan data dan analisis, serta kesimpulan. 

  1. Pendahuluan 

Tujuan penulisan pendahuluan adalah memberikan pembaca gambaran pokok pembahasan dalam teks hasil percobaan. Bagian ini memiliki tiga unsur, diantaranya latar belakang masalah, rumusan masalah, dan tujuan penulisan. 

Latar belakang menjelaskan masalah yang diidentifikasi sebagai penyebab yang perlu dicari penyelesaiannya. Sementara itu, rumusan masalah menjelaskan batasan ruang lingkup masalah. Rumusan masalah disusun dalam kalimat tanya. Lalu, tujuan percobaan menyatakan tujuan yang ditetapkan dengan mengacu pada tema dan rumusan masalah yang ditetapkan. 

  1. Landasan Teori atau Kajian Pustaka

Landasan teori adalah penjelasan mengenai teori yang digunakan. Landasan teori harus relevan dengan penyelesaian masalah yang dipilih dan disusun dengan sistematis. 

  1. Metode Percobaan

Bagian selanjutnya adalah metode percobaan yang menjelaskan langkah atau prosedur pengumpulan data untuk memecahkan masalah atau menguji hipotesis. Hipotesis merupakan asumsi atau dugaan sementara yang menjadi jawaban suatu permasalahan. 

Unsur yang dijelaskan dalam metode percobaan diantaranya adalah penentuan subjek percobaan, penentuan sampel yang digunakan, metode pengumpulan data, alat pengukuran, bahan yang digunakan, alat perlengkapan yang dipakai, serta metode analisis data. 

  1. Paparan Data Hasil Percobaan

Pada bagian ini, penulis memaparkan hasil percobaan yang ditemukan selama percobaan. Data yang dihasilkan dapat berupa data kuantitatif (angka) maupun data kualitatif. Sementara itu, data kuantitatif biasanya ditunjukkan dengan bantuan tabel, diagram, atau grafik. 

  1. Kesimpulan

Bagian terakhir dalam teks laporan percobaan adalah kesimpulan. Isinya adalah inti dari hasil percobaan serta pembahasan. 

Baca juga: Teks Cerita Inspiratif: Pengertian, Struktur, & Contohnya

Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Percobaan 

Sumber: lbcommuter
  1. Penggunaan Kata Sandang

Kata sandang adalah jenis kata yang berfungsi sebagai penentu, seperti sebuah, suatu, beberapa, seorang, dan lain sebagainya. 

  1. Menggunakan Kata Hubung (Konjungsi)

Kata hubung digunakan untuk menggabungkan dua bagian kalimat. Kata hubung dapat terbagi menjadi dua, yaitu kata hubung intrakalimat dan kata hubung antar paragraf. Contoh konjungsi diantaranya namun, dan, sedangkan, tetapi, atau sehingga. Penggunaan konjungsi akan membuat teks laporan menjadi padu. 

  1. Menggunakan Kata Bilangan

Kata bilangan menyatakan jumlah bahan yang dipakai untuk melakukan percobaan. Misalnya, empat buah, lima tetes, dua lembar, dan lain-lain. 

  1. Menggunakan Kalimat Perintah

Kalimat dalam teks laporan percobaan biasanya mencakup kalimat perintah, dimana kata kerja yang digunakan diberi imbuhan -kan atau -lah. Contohnya campurkan, satukan, aduklah, dan lain sebagainya. 

  1. Menggunakan Sinonim dan Antonim

Teks laporan percobaan biasanya juga memiliki kata yang bersinonim atau antonim. Umumnya, kata yang bersinonim atau berantonim ada pada bagian langkah-langkah percobaan. 

Baca juga: Konjungsi: Ketahui Jenis-Jenis hingga Contoh Penggunaannya

Contoh Teks 

Membuat Telur Asin

Telur asin adalah telur yang terbuat dari telur bebek yang diasinkan terlebih dulu. Telur asin bermanfaat untuk tubuh karena mengandung banyak vitamin dan gizi. Untuk membuat telur asin, sebetulnya caranya sangat mudah karena dapat dilakukan dengan cara tradisional dan menggunakan bahan yang sederhana. 

Bahan dan Alat: 

  • Telur bebek
  • Garam
  • Tanah liat 
  • Abu gosok 
  • Ampelas

Langkah-langkah pembuatan:

  1. Pilihlah telur bebek, lalu cuci dan amplas kulitnya hingga tipis.
  2. Campurkan garam, tanah liat, serta abu gosok hingga tercampur rata. 
  3. Lapisi telur yang telah diamplas dengan bahan campuran sebelumnya. 
  4. Diamkan telur sekitar 3 minggu atau 20 hari pada ruang normal. 

Hasil percobaan: 

Telur bebek yang melalui proses atau tahap di atas akan menghasilkan telur asin yang sempurna. Membuat telur asin ini bisa menjadi alternatif varian jika ingin mengonsumsi telur bebek karena bisa menjadikannya tidak terlalu amis. 

Kesimpulan: 

Telur asin ini cocok untuk dikonsumsi berbagai kalangan masyarakat. Dengan proses pembuatannya yang sederhana, telur asin sangat mudah untuk dibuat. Namun, perlu diingat bahwa penderita darah tinggi tidak dianjurkan mengkonsumsi telur asin dalam jumlah banyak karena kandungan garamnya yang sangat tinggi, sehingga dapat memicu kenaikan tekanan darah. 

Baca juga: 13 Tanda Baca, Fungsi, dan Contoh Penggunaan sesuai EYD

Demikianlah ulasan materi teks laporan percobaan. Untuk dapat membuat teks laporan percobaan, Kawan Literasi dapat mengingat kembali dan memperhatikan kaidah kebahasaannya serta struktur sistematikanya agar pembaca dapat dengan mudah memahami teks yang disusun. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Struktur Teks Laporan Percobaan, Ciri-Ciri dan Contohnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]

    Trending

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh […]
    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]