Ayu Eviana Tidak pernah berhenti belajar.

Teks Prosedur Kompleks

5 min read

Teks prosedur kompleks
Teks Prosedur Kompleks, Foto oleh Unsplash

Dalam materi teks prosedur kompleks ini akan membahas mengenai pengertian, kategori, kaidah kebahasaan, struktur, ciri-ciri, dan contohnya. Materi teks prosedur kompleks ini bertujuan untuk membantu dalam pembuatan dan memberikan pemahaman tentang apa saja yang wajib diketahui sebelum membuatnya. Mari kita mulai belajar bersama mengenai materi ini!

Pengertian Teks Prosedur Kompleks

Materi yang pertama akan kita bahas adalah mengenai pengertian. 

Tahukah kalian apa itu teks prosedur kompleks? 

Teks prosedur kompleks adalah teks yang berisi langkah-langkah sistematis yang harus ditempuh untuk mencapai suatu tujuan. Atau bisa juga dalam arti lain, teks prosedur kompleks adalah teks yang berisi langkah-langkah prosedural, hierarkial, dan komponensial, sehingga dilakukan secara urut, bertahap, dan memperhatikan komponen yang ada pada setiap langkahnya. Dengan adanya tata cara atau langkah-langkah maka dalam mencapai tujuan pasti akan terlaksanakan secara benar.

Langkah-langkah dalam teks ini memiliki berbagai macam bentuk, ada yang berbentuk uraian narasi, berbentuk bagan, ada juga berbentuk penjelasan singkat. Langkah-langkah pada teks ini merupakan sebuah urutan yang biasanya tidak dapat diubah. Langkah awal akan menjadi penentu langkah berikutnya. Dalam teks prosedur ini ada banyak kalimat perintah (kalimat imperatif) yang memiliki fungsi untuk meminta atau melarang seseorang melakukan sesuatu. Teks ini memiliki persamaan dan perbedaan dengan teks lainnya. Namun, ciri utama dari prosedur teks adalah terdapatnya petunjuk yang tersusun secara sistematis tentang suatu kegiatan atau perbuatan.

Kategori

Secara umum terdapat tiga kategori yang ada, kategori tersebut adalah cara penggunaan alat, cara melakukan aktivitas, dan berisi kebiasaan. Berikut kategori yang dimaksud :

  1. Teks yang berisi cara menggunakan alat benda atau perangkat lain yang sejenis. Contoh: cara menggunakan komputer, cara menggunakan kipas angin, cara menggunakan telepon genggam, dan cara mengendarai mobil.
  2. Teks yang berisi cara melakukan aktivitas. Contoh: cara melamar pekerjaan, cara menanam bunga, cara merawat anak kucing, dan cara berolahraga bagi pederita jantung.
  3. Teks yang berisi kebiasaan. Contoh: cara hidup sehat, cara menghindari sifat iri, cara menambah nafsu makan, dan cara belajar efektif.

Ada juga kategori berdasarkan tujuan penulisan. Berikut ini adalah kategori teks prosedur kompleks berdasarkan tujuan penulisan :

  1. Cara pelayanan jasa. Contohnya: cara perpanjangan pajak kendaraan bermotor, dan cara mendapatkan bantuan dampak covid-19, dll.
  2. Cara mengurus surat penting. Contohnya: cara mengurus KTP, cara mengurus SIM, dan cara mengurus akta kelahiran, dll.
  3. Cara membuat produk makanan atau minuman. Contohnya: cara membuat nasi goreng, cara membuat telur mata sapi, cara membuat batagor, cara memasak sup, cara membuat kue brownis, dan cara membuat kopi, dll. 
  4. Cara membuat produk kerajinan. Contohnya: cara membuat bouquet, cara membuat kerajinan dari stik es krim, cara membuat gelang dari tali kur, cara membuat gelas dari botol kaca, cara membuat bunga dari kain flanel, dll.
  5. Cara melakukan aktivitas. Contohnya: cara ternak lele, cara menanam padi, cara mencangkok pohon, cara membudidayakan ikan hias, dll.
  6. Cara menggunakan alat. Contohnya: cara menyalakan computer/laptop, cara mengoperasikan telepon, cara memasang LCD pada laptop, dll.
  7. Cara menyelesaikan pekerjaaan atau masalah. Contohnya: cara pembayaran tilang, cara membayar tagihan shopie, dll.

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur Kompleks

Kaidah pada teks ini merupakan syarat menulis yang berkaitan dengan sifatnya dan harus mengutamakan urutan yang bersifat kronologis, teks banyak keterangan waktu, misalnya, sesudah, sebelum, pada waktu, dan terlebih dahulu seperti yang dijelaskan di atas.

Kaidah dalam penulisannya yaitu sebagai berikut :

  1. Kalimat penggunaan partisipasi manusia secara umum.

Kalimat ini adalah kalimat yang menggunakan peran manusia sebagai keikutsertaan dalam kalimat yang ada. Contohnya adalah pada kalimat : Pengendara kendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan dan Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika ditilang. (pengendara dan Anda)

  1. Kata kerja imperatif (perintah)

Kata kerja imperative adalah kata yang menyatakan perintah, keharusan, atau larangan. Seperti : lakukan(lah), ikuti(lah), jangan, pastikan, dll.

  1. Verba material.

Verba material adalah kata kerja yang mengacu pada tindakan fisik. Seperti pada kalimat : Jika pengendara melakukan pelanggaran tentu pihak berwajib akan menilangnya. (melakukan dan menilang)

  1. Verba tingkah laku.

Verba tingkah laku adalah verba yang megacu pada sikap yang dinyatakan dengan ungkapan verbal (bukan sikap mental yang tidak tampak), seperti pada contoh berikut ini :  Menerima dan menolak pada kalimat Setiap pengemudi mempunyai dua al-ternatif terhadap tuduhan pelanggaran yang diajukan polantas, yaitu menerima atau menolak tuduhan tersebut.

  1. Kongjungsi temporal.

Konjungsi temporal adalah konjungsi atau kata penghubung yang mengacu pada urutan waktu dan menjadi sarana kohesi teks, contohnya adalah kata penghubung pertama, kedua, ketiga, dan setelah, seperti pada kalimat : 

Ketiga, pastikan tuduhan pelanggaran Keempat jangan serahkan kendaraan atau STNK begitu saja.

Struktur Teks Prosedur Kompleks

Di bawah ini struktur beserta penjelasannya :

  1. Tujuan. 

Tujuan teks berisi petunjuk dan tujuan yang akan dicapai. Tujuan ini merupakan hasil akhir dari pembuatan teks yang dalam pencapaiannya harus melewati berbagai langkah yang berurutan.

  1. Langkah-langkah. 

Langkah-langkah berisi petunjuk  mengerjakan sesuatu yang disusun secara sistematis. Langkah-langkah ini harus dikerjakan dengan cara berurutan dan tidak boleh dibolak balik. 

Baca Juga : Contoh – contoh Teks Prosedur

Ciri-ciri Teks Prosedur Kompleks

ciri ciri teks prosedur kompleks
Ciri ciri teks prosedur kompleks, Foto oleh Management impact

Setelah memahami struktur, selanjutnya adalah kita belajar mengenai ciri kebahasaan teks ini yang harus kita ketahui. Ciri-cirinya adalah sebagai berikut :

  1. Kalimatnya banyak menggunakan kalimat perintah.
  2. Konsekuensi penggunaan kalimat perintah, banyak pula pemakaian kata kerja imperatif, yakni kata yang menyatakan perintah, keharusan, atau larangan. Contoh: Pahami kesalahan Anda, Jangan serahkan STNK atau SIM begitu saja, atau Terima atau tolak tuduhan.Kata yang menunjukkan kondisi. 
  3. Ada langkah-langkah atau cara-cara yang sudah ditentukan untuk melaksanakan tujuan. Langkah-langkah sudah disusun berurutan dan bersifat objektif.
  4. Banyak menggunakan kata penghubung (konjungsi temporal) yang menyatakan urutan waktu, contohnya adalah : pertama, kedua, ketiga, dan setelah. 
  5. Menggunakan verba material (melakukan, menilang) dan verba tingkah laku (menerima, menolak).
  6. Sering dijumpai syarat-syarat yang harus dipenuhi, jika tidak terpenuhi maka langkah selanjutnya tidak dapat dilaksanakan. Dalam teks juga diungkapkan dengan konjungsi, yaitu jika, apabila, dan seandainya. Dalam petunjuk yang berupa resep, dikemukakan pula gambaran rinci tentang nama benda yang dipakai, termasuk jumlah, urutan, ataupun bentuknya.

Contoh Teks Prosedur Kompleks

Contoh-contoh teks prosedur kompleks
Contoh-contoh teks prosedur kompleks, Foto oleh studioliterasi

Contoh yang akan disajikan adalah contoh teks tentang lingkungan sekolah dan contoh teks prosedur kompleks membuat makanan. Berikut adalah contoh-contohnya.

Contoh teks prosedur kompleks tentang lingkungan sekolah 1

Cara Meminjam Buku di Perpustakaan

Setiap sekolah pasti rata-rata sudah memiliki perpustakaan sendiri. Para murid juga diperbolehkan membaca di tempat maupun meminjam buku dibawa pulang. Berikut adalah cara yang paling umum meminjam buku pada perpustakaan sekolah :

  1. Pertama, pastikan kalian memiliki kartu perpustakaan.
  2. Lalu, pilih buku yang akan kalian pinjam.
  3. Selanjutnya, bawa buku ke bagian administrasi, kemudian tunjukkan kartu perpustakaan yang kalian miliki.
  4. Bagian administrasi perpustakaan akan memproses identitasmu dengan kode buku yang akan kamu pinjam.
  5. Kartu perpus akan disimpan bagian admin sebagai bukti tanda pengenal kalian yang meminjam buku.
  6. Buku sudah bisa dipinjam dan dibawa pulang dengan lama waktu yang ditentukan. 

Contoh teks prosedur kompleks tentang lingkungan sekolah 2

Prosedur Pembayaran Uang SPP

Bagi kalian yang sekolah sudah menerapkan pembayaran SPP dengan cara transfer ke rekening bank sekolah, berikut adalah cara pembayaran uang SPP dengan membayar lewat bank :

  1. Pertama, siapkan uang yang akan digunakan.
  2. Kemudian isi Formulir Setoran/Transfer atau Slip Multi Payment.
  3. Isi data pribadi (Nama, Alamat, No Telepon).
  4. Isi Nama Penerima (Isi nama sekolah beserta kodenya).
  5. Pada Kolom No Rek/No Pelanggan isikan kode bayar sesuai yang tertera pada sekolah.
  6. Lalu isi nominal sesuai tagihan dan tanda tangani.
  7. Serahkan ke Teller.
  8. Serahkan uang senilai tagihan.
  9. Terakhir terimalah bukti pembayaran dan simpan sebagai bukti bahwa anda sudah membayar SPP. 

Contoh teks prosedur kompleks membuat makanan 1

Cara Membuat Telur Mata Sapi

Telur mata sapi adalah salah satu menu makanan yang berbahan dasar telur. Telur mata sapi ini merupakan makanan yang biasanya digunakan sebagai lauk. Makanan ini juga banya disukai oleh anak-anak karena bentuknya yang menyerupai mata sapi menjadi daya tarik tersendiri. Cara pembuatannya sangat mudah sekali. Berikut  ini adalah caranya :

Bahan-bahan:

  • satu butir telur
  • sedikit garam
  • Mentega atau minyak goreng secukupnya

Alat-alat:

  • 1 buah kompor
  • 1 buah wajan atau teflon
  • 1 buah spatula
  • 1 buah piring

Cara Membuat:

  1. Pertama, nyalakan api.
  2. Kemudian, letakkan wajan atau teflon di atas kompor. Lalu masukkan mentega atau minyak goreng ke dalam wajan atau teflon, tunggu hingga meleleh atau panas.
  3. Kemudian, pecahkan telur dan tuangkan ke dalam wajan atau teflon dan tambahkan garam secukupnya.
  4. Tunggu hingga telur bagian bawah kering.
  5. Agar telur matang sempurna, balikkan telur dengan menggunakan spatula.
  6. Jika telur sudah matang, angkat lalu tiriskan di atas piring. Telur mata sapi sudah siap untuk disajikan.

Contoh teks prosedur kompleks membuat makanan 2

Cara Membuat Cimol

Cimol adalah jajanan yang disukai berbagai kalangan. Biasanya saat pengen ngemil, jajanan seperti inilah yang banyak dicari, karena juga cocok dibumbui dengan rasa pedas bagi pecinta pedas. Selain itu, cimol tergolong jajanan yang murah, sehingga kalian tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membuat makanan ini.

Bahan-bahan :

  • 250 gram tepung tapioka 
  • 1/2 sdm tepung terigu 
  • Sejumput lada halus 
  • Sejumput Gula putih 
  • 1 siung bawang putih 
  • secukupnya Royco ayam 
  • secukupnya Garam 
  • 1/2 kg minyak 
  • Air 

Langkah pembuatan :

  1. Campurkan tapioka dan terigu, fungsi terigu.
  2. Tambahkan lada, garam, royco dan gula putih, setetel ujung sendok, lalu aduk tepung hingga merata.
  3. Didihkan air panas lalu tambahkan bawang putih yg sudah dihaluskan. 
  4. Kemudian masukan air ke dalam adonan sedikit demi sedikit, usahakan menyiram air panas ke dlm tepung secara merata tanpa ada tepung yg kering, aduk sampai merata.
  5. Siapkan minyak dingin di wajan dan bulat-bulatkan cimol lalu masukan ke dalam minyak satu persatu.
  6. setelah cimol penuh, nyalakan api, usaha kan api kecil, dan api tdk terkena wajan, meskipun lama, tapi cara ini agar cimol tidak meledak.

Itulah materi tentang teks prosedur kompleks beserta contoh-contohnya. Semoga dari penjelasan diatas, kalian bisa memahami dan membuat teks dengan baik dan benar. Selamat belajar! 🙂

Baca Juga : Teks Prosedur | Materi Lengkap beserta Contohnya

Last Updated on September 24, 2020

Avatar
Ayu Eviana Tidak pernah berhenti belajar.

Teks Ceramah

Avatar studioliterasi
2 min read

Contoh Teks Prosedur

Avatar Ayu Eviana
8 min read

Teks Prosedur

Avatar Ayu Eviana
4 min read

One Reply to “Teks Prosedur Kompleks”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Top