1. Kelas 9 Bahasa Indonesia

Pengertian Teks Tanggapan, Struktur, Ciri, Fungsi, & Contohnya

Teks tanggapan berisikan kritik tajam yang digunakan untuk menanggapi suatu permasalahan yang dinilai salah. Teks ini digunakan oleh penulis untuk menolak atau mendukung suatu pernyataan tertentu dengan menyertakan alasan dan data yang dapat dipertanggung jawabkan.

Kritik sendiri merupakan ungkapan ketidaksetujuan terhadap suatu pendapat, dilengkapi dengan alasan yang ilmiah. Alasan yang disampaikan haruslah bertujuan untuk membangun, bukan untuk menjatuhkan.

Kebalikan dari kritik adalah pujian. Pujian bisa berupa penghargaan atau sanjungan.

Sebelum menulis teks tanggapan kritis, kita harus memahami pengertian, ciri – ciri, struktur dan kaidah penulisannya terlebih dahulu. 

Daftar Isi

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Pengertian teks tanggapan

Teks tanggapan adalah teks yang berisi tanggapan/kritik tajam mengenai suatu peristiwa, fenomena, isu atau hal lainnya yang dinilai salah atau tidak benar dengan menggunakan analisis yang mendalam dari berbagai sudut pandang.

Setiap tanggapan yang diberikan harus memiliki alasan dan manfaat bagi orang yang menerimanya agar lebih baik. Tujuan dari teks tanggapan kritis adalah untuk memilih salah satu pernyataan yang berisi alasan untuk mendukung atau menolak sesuatu.

Tujuan teks tanggapan

Teks tanggapan bertujuan untuk memberi penilaian terhadap suatu teks, kelebihan dan kekurangan teks, disertai dengan saran yang membangun. Penilaian harus disampaikan dengan objektif, logis, jelas dan sopan.

Teks tanggapan digunakan untuk meringkas, menganalisis dan memberi penilaian terhadap suatu teks. Teks yang dinilai bisa berupa artikel, berita, teks sastra, bahkan karya seni pertunjukan.

Ciri-ciri

Untuk membedakan teks tanggapan kritis dengan jenis teks lainnya dapat dilihat dari ciri – ciri teks. Berikut ciri-cirinya.

  1. Teks tanggapan kritis memuat tanggapan terhadap fenomena yang terjadi di sekitar dengan disertai dengan alasan dan fakta.
  2. Alasan berupa data dan fakta yang objektif. Disampaikan dengan jelas, logis dan sopan.
  3. Terdapat penilaian tentang kelebihan dan kekurangan teks yang dinilai.
  4. Terdapat uraian tentang saran yang membangun.
  5. Struktur teks tanggapan terdiri dari Evaluasi, Deskripsi Teks, dan Penegasan Ulang.
  6. Teks ini memiliki kaidah kebahasaan salah satunya terdapat kata rujukan.
  7. Penggunaan kata tugas. Misalnya preposisi (di, ke, dari, oleh), partikel (-lah, -kah), kongjungsi (sehingga, bahwa, yang, karena).
  8. Penggunaan kalimat yang menunjukkan penilaian. Misalnya: Saya tidak setuju, saya kurang sependapat.

Struktur teks tanggapan

struktur teks tanggapan kritis
Evaluasi. Pernyataan umum. Deskripsi. Informasi/data/pendapat. Penegasan ulang. Penegasan (akhir)

Teks tanggapan memiliki struktur yang membedakannya dengan teks lain seperti teks eksposisi, resensi atau teks ulasan. Berikut uraiannya.

  1. Evaluasi, merupakan struktur yang pertama yang berisi pernyataan umum terkait apa yang akan disampaikan oleh penulis dalam teks. Bagian ini biasanya ada di paragraf pertama.
  2. Deskripsi,  merupakan bagian isi dari struktur teks tanggapan kritis. Pada bagian ini berisi informasi mengenai data dan pendapat yang mendukung pernyataan atau melemahkan pernyataan. Biasanya bagian ini terdapat di paragraf kedua dan ketiga.
  3. Penegasan Ulang, merupakan bagian ketiga yang berisi pernyataan ulang terhadap apa yang telah dilakukan atau diputuskan. Bagian ini biasanya ada di paragraf terakhir.

Kaidah Kebahasaan 

1. Kalimat Kompleks

Penulisan teks menggunakan kalimat kompleks yaitu kalimat yang memiliki lebih dari dua struktur atau dua verba.

2. Konjungsi

Penulisan teks menggunakan konjungsi atau yang biasa disebut dengan kata penghubung yang menghubungkan setiap kata dan setiap struktur atau verba.

3. Kata Rujukan

Kata rujukan digunakan oleh penulis dalam menulis tanggapan untuk memperkuat pernyataan dengan tegas. Biasa disebut dengan referensi.

4. Pilihan Kata

Dalam menulis teks tanggapan kritis, kamu harus memilih kata yang tepat.

Cara Menulis Teks Tanggapan

Untuk menulis teks jenis ini, setidaknya ada lima langkah-langkah yang harus kamu lakukan.

  1. Membaca naskah teks yang akan dinilai. Di tahap ini, kamu harus membaca teks yang akan kamu nilai secara utuh. Bacalah dengan saksama, pahami maksudnya sampai kamu mengerti betul apa yang dipaparkan pengarangnya.
  2. Mencatat inti-inti penting teks. Catatlah poin-poin penting dalam teks. Ini bermanfaat sebelum kamu beranjak ke tahap menulis teks tanggapan selanjutnya.
  3. Menganalisis kelebihan dan kekurangan. Di tahap ini, kamu harus mencermati apa kelebihan dan kekurangan teks yang kamu nilai. Kamu bisa menilainya berdasarkan aspek-aspek tertentu. Misalnya dari segi kedalaman isi. Apakah penjelasan teks itu sudah cukup detaio dan lengkap. Apakah ada informasi penting yang belum dicantumkan. Kamu juga bisa menilai kelebihan dan kekurangan teks dari segi bahasa penyampaiannya. Apakah bahasanya mudah dimengerti? Atau justru berbelit-belit, panjang dan membuat pembaca menjadi bingung?
  4. Menilai keseluruhan teks secara utuh. Di tahap ini, sampaikan penilaian pada teks secara keseluruhan. Tulis garis besar penilaian dari segi bahasa dan dari segi isi. Sampaikan dengan objektif dan bahasa yang sopan.
  5. Mengidentifikasi ejaan dan tata bahasa. Di tahap akhir, jangan lupa untuk mengecek kembali ejaan dan tata bahasamu. Perbaiki kesalahan ketik (typo), penempatan tanda baca, dan penggunaan kata.

Contoh teks tanggapan kritis

Judul : Hukuman Mati Bagi Pengedar Barang Haram
NoStruktur TeksContoh Kalimat
1EvaluasiDi zaman yang modern ini, peredaran narkoba semakin merajalela di negeri kita ini. Baik di kalangan pelajar, pejabat negara maupun masyarakat. Dan yang menjadi pro dan kontra masalah ini adalah hukuman mati bagi para pengedar dan pengguna narkoba.
2DeskripsiDeskripsi Teks Dari sebagian masyarakat berpendapat bahwa mereka setuju mengenai hukuman mati bagi pengedar dan pengguna narkoba. Banyak alasan yang membuat mereka setuju dengan hukuman mat ini. Alasan paling utama yaitu karena narkoba dapat mempengaruhi pola pikiran pengguna sehingga berbahaya juga bagi orang lain. Seperti menyebabkan kecelakaan karena halusinasi pikiran dan konsentrasi yang terganggu pada pengguna.
Yang kedua, narkoba bisa merusak generasi muda bangsa. Hal itu menjadikan remaja memiliki akhlak yang tidak baik. Sementara bangsa kita sangat memerlukan generasi yang dapat memikul tanggung jawab negara di masa yang akan datang. Yang ketiga, narkoba bisa membuat orang penasaran untuk mencobanya. Setelah orang tersebut mencobanya, ia akan kecanduan dan orang yang telah kecanduan tersebut akan mempengaruhi orang lain untuk ikut dengannya. Hal inilah yang membuat peredaran narkoba semakin luas. Yang keempat, dengan hukuman mati akan memberikan efek jera terhadap pengedar narkoba.
Hal tersebutlah yang membuat sebagian masyarakat setuju dengan hukuman mati. Yang kelima sebagian masyarakat menilai yang harusnya dihukum mati adalah bandarnya bukan pengedarnya. Karena bandar itu memiliki 2 misi yakni mendapatkan keuntungan dan merusak akhlak orang lain.
Sementara ada pula dari sebagian masyarakat lainnya yang tidak setuju dengan hukuman mati. Ada beberapa alasan yang menjadi masyarakat tidak setuju dengan hukuman mati ini. Karena menurut mereka masih ada hukuman lain yang lebih manusiawi dan hukuman mati merupakan pelanggaran hak asasi manusia(HAM). Hal ini sesuai dengan yang tertera pada UUD 1945 pasal 28 A yang berbunyi: “setiap orang berhak untuk hidup dan berhak mempertahankan kehidupannya”.
Alasan lain, hukuman mati membutuhkan biaya yang besar. Hal ini menurut mereka bisa menghabiskan uang negara. Yang mana uang tersebut seharusnya digunakan untuk kebutuhan lain malah digunakan untuk hukuman mati yang tidak manusiawi.
3Penegasan UlangSetiap orang sudah diberikan haknya untuk hidup dan berhak mempertahankan hidupnya, namun hidupnya malah dipergunakan untuk kerugian diri sendiri dan merugikan orang lain. Dengan begitu, hukuman mati harus ditegaskan kembali. Mengingat dampak buruk penyalahgunaan narkoba yang akan merusak masa depan generasi muda bangsa.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pengertian Teks Tanggapan, Struktur, Ciri, Fungsi, & Contohnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]