1. Kuliah & Umum

Serba-Serbi Toefl iBT yang Harus Kamu Tahu dan Tipsnya!

Adakah diantara Kawan Literasi yang ingin bersekolah di luar negeri? Kamu pasti tahu salah satu persyaratan wajib untuk melanjutkan studi ke luar negeri adalah memiliki skor tes toefl yang memadai. Kali ini, Studio Literasi akan membahas secara lengkap tentang hal yang harus kamu ketahui sebelum mengambil tes toefl iBT. Yuk, simak! 

Apa itu Tes Toefl?

Tes Toefl adalah singkatan dari Test of English as a Foreign Language. Tes ini dibuat oleh sebuah lembaga asesmen bahasa inggris yang bernama ETS (Educational Testing Service) di Amerika Serikat. Tentunya tes ini berfungsi untuk mengukur kemampuanmu dalam menggunakan dan memahami bahasa Inggris. Tes Toefl ini sudah diakui di lebih dari 11.000 institusi pendidikan tinggi serta lebih dari 150 negara, seperti Amerika Serikat, Kanada, Australia, Jerman, Perancis, dan lain-lain. 

Perbedaan Tes Toefl iBT dengan ITP

Nah, seperti yang kamu tahu, tes toefl memiliki 2 jenis, yaitu tes toefl iBT dan ITP. Apa yang membedakan kedua jenis toefl tersebut ya?

1 . Hak Cipta

Dari segi hak cipta, kedua tes toefl tersebut dimiliki oleh ETS (Educational Testing Service). Namun, di Indonesia tes toefl ITP juga dikoordinasikan bersama IIEF sebagai Country Master Distribution. Sedangkan, tes toefl iBT dikoordinasikan dengan ITC (International Test Center)

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

2 . Kegunaan

Kegunaan kedua tes ini juga berbeda, Kawan Literasi. Sebab, toefl ITP hanya diakui di wilayah lokal atau instansi tertentu saja. Sedangkan, skor toefl iBT diakui secara internasional. 

3.  Jenis Tes dan Waktu Pengerjaan

Secara garis besar, tes toefl iBT memang lebih kompleks daripada toefl iTP. Sebab, toefl iBT mengukur tes speaking selain skill reading, writing, dan listening. Sedangkan, pada toefl ITP, soal tesnya hanya mencakup structure and written expression, Reading, serta Listening saja. 

Waktu pengerjaan kedua tes ini pun berbeda. Durasi tes Toefl ITP adalah 115 menit untuk level 1, dan 70 menit untuk level 2. Namun, Toefl iBT durasinya jauh lebih lama, yaitu 4,5 jam.

4.  Range Skor Tes

Kisaran skor kedua tes ini juga berbeda. Range skor toefl ITP adalah 330-667. Sementara itu, toefl iBT memiliki skala nilai 0-120, dengan bobot nilai 0-30 untuk setiap skill.

5. Biaya Tes

Poin terakhir yang membedakan kedua tes ini adalah perihal biaya. Untuk toefl ITP, biaya yang perlu kamu keluarkan relatif lebih murah jika dibandingkan tes toefl iBT. Harga tes toefl ITP berada pada kisaran 500-600 ribu, tergantung dari tarif penyelenggara tesnya. Sedangkan, untuk toefl iBT, kamu perlu merogoh kocek sekitar 3 juta rupiah atau lebih untuk sekali tes.

Studio Literasi kali ini akan membahas lebih dalam mengenai toefl iBT. Simak lebih lanjut kategori soal-soal tesnya berikut ini, Kawan Literasi! 

Kategori Soal dan Penilaian Tes Toefl iBT

Soal-soal dalam tes ini terbagi menjadi 4 kategori, yaitu Reading, Listening, Speaking, dan Writing. Simak penjelasan selengkapnya berikut: 

1 . Reading 

Pada bagian reading, kamu akan mengerjakan soal-soal bacaan yang terkait dengan lingkungan akademik. Terdapat tiga hingga empat bacaan dengan kisaran 700 kata setiap bacaan. Setiap teks akan memiliki 10 pertanyaan. Jadi, total jumlah pertanyaan pada bagian reading adalah 30-40 pertanyaan. Lalu, kamu memiliki batas waktu 54-72 menit untuk mengerjakan bagian reading ini. Teks-teks yang digunakan pada toefl iBT berasal dari buku bacaan yang setara dengan level universitas serta memiliki topik yang beragam. 

2 . Listening

Selanjutnya, pada bagian listening, kamu tentunya akan diperdengarkan rekaman audio yang berisi paparan kuliah singkat atau percakapan diskusi dalam suatu kelas. Sebab, tujuan utama dari bagian listening ini adalah mengukur kemampuan untuk memahami percakapan yang bersifat ‘akademis’. Batas waktu yang kamu miliki untuk mengerjakan soal adalah 41-57 menit secara keseluruhan. Jumlah soal pada bagian listening adalah 28-39 butir pertanyaan. 

Lebih spesifiknya, akan ada 3-4 audio dari sesi kelas atau diskusi, masing-masing berdurasi 3-5 menit, dengan 6 soal di tiap audionya. Lalu, terdapat 2-3 percakapan antara 2 orang dengan durasi masing-masing 3 menit, dengan 5 pertanyaan untuk setiap rekaman yang kamu dengarkan. 

3 . Speaking

Bagian speaking pada toefl iBT akan terbagi menjadi dua jenis, yaitu Independent Speaking dan Integrated Speaking. Pad sesi Independent Speaking, kamu akan diminta untuk menjabarkan ide, opini, atau pengalaman sebagai respon dari soal yang diberikan. Independent Speaking biasanya terdiri dari 1 pertanyaan. Selanjutnya, akan ada 2 hingga 4 pertanyaan pada Integrated Speaking. Bagian ini membutuhkan kombinasi skill listening dan juga reading untuk bisa menjawabnya, sebab kamu akan diminta untuk merespon atau memberikan penjelasan terkait materi yang diberikan, yang berbentuk audio ataupun teks bacaan. 

Pada setiap soal, kamu akan diberikan waktu persiapan yang cukup singkat, yakni hanya 15-30 detik. Lalu, kamu juga akan diminta untuk memberikan jawaban dengan durasi 45 detik hingga 1 menit. Perhatikan ketentuan pada setiap soal, ya! Secara keseluruhan, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan section speaking ini adalah 17 menit.

4 . Writing

Bagian terakhir pada tes toefl iBT adalah writing. Durasi pengerjaan writing adalah 50 menit. Pada bagian ini, kamu akan diberikan 2 tipe soal layaknya pada speaking, yaitu Integrated Writing dan Independent Writing. Pada Integrated Writing, kamu akan diminta untuk membaca teks singkat dan mendengarkan audio, kemudian memberikan respon tertulis terhadap apa yang sudah kamu baca dan dengarkan. Pastikan kamu memperhatikan instruksi soalnya, ya. Waktu pengerjaan bagian ini adalah 20 menit. 

Pada bagian selanjutnya, Independent Writing, kamu akan diminta untuk menulis esai berdasarkan pengalaman atau opini pribadimu terhadap suatu topik. Kamu harus menyelesaikannya dalam waktu 30 menit. 

Tips Mengerjakan Tes Toefl iBT 

  • Perbanyak kosa kata 

Karena soal-soal yang ada pada toefl iBT mencakup berbagai macam topik, kamu perlu memperkaya kosa katamu sehingga kamu bisa lebih mudah untuk memahami bacaan ataupun menuliskan respon terhadap soal. 

  • Sering berlatih mengerjakan soal latihan.

Practice makes perfect, katanya. Ya, jika kamu ingin memperoleh hasil yang maksimal, tentu kamu perlu sering berlatih mengerjakan soal tes toefl iBT agar kamu lebih kenal dengan jenis-jenis soal yang sekiranya akan diberikan. Saat ini sudah banyak sumber yang bisa kamu gunakan, seperti buku, artikel, maupun video soal latihan di internet. 

  • Latihan Membaca dengan Cepat.

Satu lagi tips yang tidak kalah penting, yaitu membiasakan diri membaca cepat. Hal ini karena waktu yang tersedia untuk mengerjakan soal sangatlah terbatas dan tipe bacaannya cukup kompleks. Oleh karena itu, kamu perlu berlatih untuk dapat memahami bacaan dalam waktu singkat. 

  • Mengikuti Tes Persiapan untuk Membiasakan Diri dan Memperoleh Prediksi Hasil Tes Toefl.

Tips selanjutnya adalah mengikuti mock-test atau preparation test. Dengan mengikuti tes ini, kamu akan bisa memperkirakan hasil skor kamu serta mengevaluasi sudah sejauh mana kemampuanmu dalam skill tertentu. 

Demikian pembahasan kali ini tentang tes toefl iBT. Semoga membantu kamu yang ingin mengambil tes ini dalam waktu dekat, ya, Kawan Literasi! 

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Serba-Serbi Toefl iBT yang Harus Kamu Tahu dan Tipsnya!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]