1. Kuliah & Umum

8 Tren Bisnis Online Lokal yang Menjanjikan, Pasti Cuan!

Meningkatnya pengguna internet ditambah dengan pandemi menyebabkan bisnis online di Indonesia semakin marak hingga saat ini. Selain itu, bisnis online juga sangat memudahkan pelaku bisnis untuk bisa memulai dengan skala yang kecil. Tak ayal, banyak orang kini mulai mencoba berbisnis online bahkan dari rumah saja. Untuk mengetahui tren bisnis online lokal terkini yang menjanjikan, simak artikel kali ini hingga selesai!

1. Produk Afiliasi 

Sumber: freepik

Untuk kamu yang ingin memulai bisnis tapi memiliki modal yang masih terbatas, kamu bisa mencoba tren bisnis online lokal yang satu ini, yaitu produk afiliasi. Sebab, dengan produk afiliasi, kamu hanya perlu mempromosikan produk dari pihak ketiga, lalu mendapatkan beberapa komisi dari hasil penjualan produk yang kamu bagikan. Dengan banyaknya platform media sosial yang ada saat ini, kamu bisa mempromosikan produk ke semakin banyak audience

2. Content-Creating

Sumber: freepik

Di zaman sekarang, konten banyak digemari oleh para pengguna media sosial. Dengan itu, semakin banyak pula brand, mulai dari yang berskala besar hingga kecil pun memanfaatkan potensi konten di media sosial sebagai media promosi produk atau jasa. Melihat peluang ini, kamu bisa menjadikan akun media sosialmu sebagai ‘bisnis’ dengan menjadi content creator. 

Menjadi content creator, artinya kamu menjadi pihak pembuat dan penyedia konten pada berbagai platform digital. Banyak juga bisnis perusahaan content creation atau agency yang mempekerjakan content creator untuk menggaet konsumen baru atau meningkatkan engagement konsumen yang sudah ada untuk menggunakan produk yang ditawarkan. 

Artikel Terkait

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 12 Maret 2024 at 12:34 am

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu The post Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Lebih Jauh Proses terjadinya Pelangi
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 10 Maret 2024 at 7:11 am

    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs The post Mengenal Lebih Jauh Proses terjadinya Pelangi appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Konferensi Meja Bundar: Latar Belakang, Tujuan & Dampaknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 8 Maret 2024 at 2:50 am

    Pasca kemerdekaan Indonesia, Indonesia tidak sepenuhnya merdeka, lho. Masih ada upaya-upaya Belanda ingin menjajah dan menduduki negara Indonesia. Maka dari itu, para pemuda Indonesia tidak ingin hal tersebut terjadi. Sehingga, terbentuklah Konferensi Meja Bundar (KMB) atau dalam bahasa Belanda disebut dengan Nederlands-Indonesische ronde tafel conferentie. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut konferensi The post Konferensi Meja Bundar: Latar Belakang, Tujuan & Dampaknya appeared first on Sma Studioliterasi.

3. Bisnis Makanan dan Minuman Online

Sumber: freepik

Tren bisnis online lokal yang tak kalah ramai yaitu bisnis makanan dan minuman. Bisnis ini bisa menjadi ide untuk kamu yang baru belajar merintis bisnis. Tanpa perlu modal yang besar, kamu bisa meraup keuntungan yang signifikan. Contohnya, kamu bisa menjual makanan atau minuman dengan sistem pre-order terlebih dulu, kemudian memasarkannya secara online dengan media sosial yang kamu punya ataupun melalui marketplace. 

Di samping itu, kamu juga bisa memanfaatkan layanan pesan antar online dan menjadi mitranya untuk bisa menjual produkmu di platform tersebut. Banyak ragam kuliner yang sedang naik daun dan menjadi peluang bisnis, seperti croffle, thai tea, boba, ataupun kopi susu, dan masih banyak lagi. 

4. Pelatihan atau Kelas Kursus Online

Sumber: freepik

Nah, apabila kamu mempunyai skill tertentu yang banyak dibutuhkan saat ini, kamu bisa mencoba menawarkan kelas online atau pelatihan. Dengan adanya platform conference call seperti Zoom dan Google Meet, kamu bisa memberikan kelas-kelas secara online. Saat ini, banyak orang yang memberikan kelas online yang banyak masyarakat butuhkan untuk dunia kerja, contohnya mengenai data analytics, digital marketing, hingga skill Microsoft Excel.  

Baca juga: Seluk-Beluk Kegiatan Ekonomi: Jenis, Faktor, & Sektornya

5. Jasa Titip (Jastip)

Sumber: freepik

Tren bisnis online lokal selanjutnya yang bisa kamu coba yaitu membuka jastip atau jasa titip barang. Para konsumen yang berada di satu daerah bisa saja kesulitan untuk menemukan barang tertentu, kemudian menggunakan jasa titip untuk mendapat barang yang mereka inginkan. 

Barang yang kamu ‘jual’ bisa berupa apa saja yang konsumen sedang butuhkan, mulai dari makanan, kosmetik seperti make-up dan skincare, baju, hingga aksesoris seperti tas. Lalu, kamu bisa menyusun besaran fee sebagai upah jasa pada setiap barang yang kamu jual. Hal ini tentu sangat menguntungkan sebab kamu tidak perlu menyewa toko ataupun menyimpan stok barang yang konsumen inginkan. 

6. Dropshipper

Sumber: freepik

Menjadi dropshipper kini juga menjadi tren bisnis online lokal yang menjanjikan. Dengan menjadi dropshipper, kamu tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, karena hanya memerlukan ponsel ataupun laptop yang memiliki akses ke internet. Selain murah, menjadi dropshipper juga praktis, sebab kamu bisa melakukannya dari rumah tanpa harus repot membuat produk atau mengirimkan barang. Produk yang sedang ramai dan berpeluang untuk kamu yang ingin menjadi dropshipper yaitu seperti produk fashion, makeup dan skincare. 

7. Siaran Game (Streaming)

Sumber: freepik

Kamu memiliki hobi bermain game? Kamu bisa memanfaatkannya menjadi bisnis online karena juga bisa meraup keuntungan yang menjanjikan. Beberapa tahun belakangan, banyak masyarakat yang mulai tertarik dengan game online ataupun e-sports. Jadi, tidak heran banyak bermunculan gamers yang juga melakukan siaran live dengan memanfaatkan platform seperti Youtube saat bermain game. 

Kegiatan streaming itu juga biasanya ditonton oleh banyak orang. Namun, untuk bisa menjadi streamer yang profesional, kamu mungkin perlu merogoh kocek yang tidak sedikit, sebab alat serta aksesori penunjang gaming biasanya mempunyai harga yang relatif mahal. 

8. E-Commerce

Sumber: freepik

Tren bisnis lokal yang terakhir yaitu dengan menjual produk fisik melalui e-commerce. Dengan memanfaatkan marketplace, kamu bisa melakukan transaksi penjualan secara virtual. Lalu, kamu bisa mengirimkan barang melalui jasa ekspedisi ke alamat tujuan pembeli. E-commerce bisa menjadi sarana penjualan yang potensial, sebab banyak orang kini lebih menyukai berbelanja atau membeli barang secara online, karena banyaknya diskon, promo, serta kepraktisannya. 

Baca juga: 8 Teknologi Pendidikan Terkini: Inovasi Dunia Pendidikan

Nah, itu dia beberapa tren bisnis online lokal yang bisa kamu jadikan sebagai peluang bisnis. Dengan memanfaatkan platform digital seperti e-commerce hingga media sosial, kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk menyewa toko. Sudah terpikir untuk mencoba bisnis apa? Semoga informasi kali ini bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 8 Tren Bisnis Online Lokal yang Menjanjikan, Pasti Cuan!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]

    Trending

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh […]
    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]