1. Kelas 9 IPS

Sejarah VOC di Indonesia: Latar Belakang hingga Kemunduran

VOC, serikat dagang yang dibentuk oleh pemerintah Belanda ini pada awal abad ke-17 mulai menguasai Nusantara. Selama menjajah Indonesia, banyak kontroversi yang dilakukan VOC. Kali ini, Studio Literasi akan membahas sejarah terkait VOC di Indonesia, tujuan pembentukan, hingga akhirnya mengalami kebangkrutan. Simak artikel ini sampai habis!

Apa itu VOC?

Sumber: commons wikimedia

Voc atau Verenigde Oost Indische Campagnie merupakan kongsi dagang yang diinisiasi oleh pemerintah Belanda. VOC diprakarsai oleh Johan van Olden Barnevelt dan Pangeran Maurits di tahun 1602. Kantor pertama VOC berada di Banten dan dikepalai oleh Francois Wittert. Pengurus pusat VOC terdapat 17 orang. Awalnya, VOC dibentuk dengan tujuan utama berdagang, namun kemudian bergeser ke bidang politik juga. 

Tujuan Pembentukan VOC

Berikut adalah beberapa tujuan dibentuknya VOC: 

  1. Menghindari kompetisi perdagangan yang tidak sehat antar pedagang Belanda

Dengan menggabungkan pedagang yang awalnya berdagang sendiri-sendiri, keuntungan yang diperoleh dapat lebih maksimal dan persaingan antar pedagang berkurang. Namun, seiring berjalannya waktu, masing-masing pihak ingin memperoleh keuntungan yang optimal dan ingin yang lain merugi. 

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

  1. Menguatkan posisi Belanda dalam kompetisi perdagangan antara bangsa Eropa dan Asia

Pada tahun 1602, Belanda melalui VOC bersaing dengan Portugis, Inggris, Perancis, dan Spanyol untuk mengurangi persaingan. Selain itu, VOC juga cenderung ingin memonopoli perdagangan di Asia. 

  1. Membantu dana pemerintah Belanda yang sedang menghadapi pendudukan Spanyol di Belanda. 

Dengan perolehan keuntungan yang besar, Belanda yang sempat mengalami krisis ekonomi karena sedang diduduki oleh Spanyol terbantu dengan keuntungan yang dianggarkan untuk pemerintahan dan bangkit dari Spanyol. 

  1. Memonopoli Rempah-Rempah

Indonesia sangat kaya akan rempah-rempahnya. Oleh sebab itu, Belanda ingin menguasai perdagangan rempah di Asia dengan memonopoli dan memperoleh keuntungan yang maksimal. 

  1. Pendudukan di Indonesia

Selain memiliki tujuan ekonomi, seiring waktu, VOC mulai ingin menguasai Indonesia dengan menduduki area strategis, yaitu pelabuhan di Indonesia serta sumber daya seperti rempah-rempah. 

  1. Menguasai Kerajaan-Kerajaan di Indonesia

Tujuan menguasai Indonesia selanjutnya direalisasikan oleh VOC dengan menguasai kerajaan yang memimpin pemerintahan tradisional Indonesia, agar dapat mendukung keberhasilan Belanda. 

Baca juga: Latar Belakang Peristiwa Rengasdengklok, Kronologi, & Tokoh

Hak Istimewa VOC 

Sumber: wikipedia

Setelah berkembang pesat, VOC sempat mengalami masalah dengan pedagang Portugis dan Spanyol, membuat pemerintah Belanda memberi hak istimewa pada VOC yang disebut sebagai Hak Octroi. 

Tujuan diberlakukannya hak octroi ini adalah menyingkirkan Portugis dan Spanyol agar tidak menguasai Indonesia, serta memaksa penduduk Jawa untuk berdagang hanya dengan VOC. Berikut adalah hak octroi yang dimiliki VOC: 

  • Melaksanakan monopoli perdagangan 
  • Merekrut pegawai 
  • Mendirikan angkatan perang atau tentara dan melakukan perang 
  • Membangun benteng
  • Melakukan perjanjian
  • Melakukan pencetakan dan pengedaran uang

Kebijakan Ekonomi 

Sumber: cnn indonesia

Selama menguasai atau memonopoli perdagangan, VOC menerapkan beberapa kebijakan ekonomi untuk semakin memperoleh keuntungan yang besar, diantaranya sebagai berikut: 

  1. Hak Ekstirpasi 

Melalui pemberlakuan hak ekstirpasi, VOC memiliki wewenang untuk menebang atau membakar tanaman rempah-rempah saat hasil produksinya melebihi ketentuan. Hal ini bertujuan untuk mencegah harga rempah turun di pasaran. 

  1. Verplichte Leverantie 

Verplichte Leverantie merupakan kebijakan menyerahkan hasil bumi hanya kepada VOC, tidak ke pihak lain. Harga hasil buminya pun ditentukan oleh VOC.

  1. Contingenten

Kebijakan ini mengharuskan rakyat di berbagai daerah kekuasan untuk membayar pajak yang nominalnya sudah ditentukan. Pajaknya berupa hasil bumi dan tidak ada sistem ganti rugi bila terjadi gagal panen. 

  1. Pelayaran Hongi

Pelayaran Hongi merupakan ekspedisi yang dilakukan di area Ambon, Maluku, Seram, dan Ternate Tidore untuk mengawasi perdagangan dan memeriksa transaksi gelap dari para pedagang. Dengan kebijakan ini, VOC dapat mengawasi jalannya monopoli perdagangan. 

Baca juga: Sejarah Sumpah Pemuda, Isi Teks, dan Maknanya bagi Pelajar

Perlawanan Rakyat terhadap VOC 

Sumber: kompas

Karena tindakan semena-menanya, rakyat Indonesia di berbagai daerah pun melakukan perlawanan untuk mengusir VOC. Beberapa daerah yang melakukan perlawanan diantaranya adalah Maluku, Makassar, Mataram, dan Banten. Di Maluku, perlawanan dipimpin oleh Kakiali dan Talukabesi di tahun 1635-1646, dan pada 1650 dipimpin oleh Saidi. Di Tidore, perlawanan juga terjadi dan dipimpin oleh Sultan Nuku.

Sedangkan di Makassar, perlawanan dipimpin oleh Kerajaan Gowa, oleh Sultan Hasanuddin. Lalu, terbitlah perjanjian Bongaya. Di Mataram, perlawanan dilakukan beberapa kali, oleh Sultan Agung, Tumenggung Baurekso, Kiai Adipati Juminah, K.A. Puger, serta K.A. Purabaya. Namun, sayangnya perlawanan di Mataram gagal. Di Banten, awal perlawanan  dipimpin oleh Sultan Ageng Tirtayasa. Namun, karena konflik yang terjadi dengan putranya, Sultan Haji, Kerajaan Banten pun berhasil dikuasai oleh VOC dan menyebabkan kedudukannya semakin kuat di Jawa. Hal ini disebabkan oleh perjanjian yang dibuatnya dengan Belanda pada tahun 1682, yang intinya VOC berhak ikut campur dalam setiap urusan Kerajaan Banten dan wilayah Cirebon harus direlakan untuk VOC. 

Kemunduran dan Kebangkrutan VOC 

Sumber: voi

Kemunduran VOC terjadi pada awal abad ke-18. Lebih tepatnya, pada Desember 1780, Belanda perang dengan Inggris dan mengakibatkan krisis finansial, hingga VOC tidak bisa lagi menanggung biaya yang diperlukan. Selain konflik dengan Inggris, berikut adalah sebab-sebab kemunduran dan kebangkrutannya: 

  1. Adanya banyak pegawai yang korupsi besar-besaran
  2. Anggaran pegawai yang berlebihan karena meluasnya wilayah kekuasaan 
  3. Pengeluaran akibat perang untuk memadamkan perlawanan rakyat 
  4. Besarnya hutang yang dimiliki 
  5. Persaingan dengan kongsi dagang lain dari Portugis dan Inggris (Compagnie des Indies dan East Indian Company) 
  6. Tetap membagi deviden ke pemegang saham meskipun usaha mengalami kemunduran 
  7. Berkembangnya paham liberalisme yang menyebabkan monopoli perdagangan tidak lagi sesuai untuk dilanjutkan
  8. Pendudukan Perancis di Belanda pada 1795. 

Oleh karena itu, dibentuklah panitia pembubaran VOC pada tahun 1795, dan VOC resmi dibubarkan pada 31 Desember 1799. Hak octroi pun dihapus, serta VOC mengalami kerugian sebesar 134,7 gulden. Seluruh kekayaan dan hutang VOC pun diambil alih pemerintah Belanda. 

Baca juga: Indische Partij : Sejarah, Tujuan dan Program Kerjanya

Nah, itu dia pembahasan tentang sejarah pendudukan VOC di Indonesia. Meski sempat menguasai Indonesia, akhirnya serikat dagang Belanda itu pun mengalami kemunduran dan kebangkrutan. Semoga artikel ini semakin menambah wawasanmu ya, Kawan Literasi! 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Sejarah VOC di Indonesia: Latar Belakang hingga Kemunduran

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]