1. Kuliah & Umum

8 Tips Ampuh Meningkatkan Kemampuan Speaking Bahasa Inggris

Sudah rahasia umum bahwa skill speaking bahasa Inggris kini menjadi hal wajib yang dikuasai untuk membuka berbagai kesempatan baik akademis maupun pekerjaan. Namun, sebagian orang bingung harus mulai dari mana untuk meningkatkan skill ini. Nah, Kawan Literasi tidak perlu khawatir, kali ini Studio Literasi akan memberi tips mudah untuk meningkatkan kemampuan speaking. Simak hingga akhir, ya!

1. Menambah Kosa Kata Bahasa Inggris 

Sumber: freepik

Tips pertama untuk meningkatkan kemampuan speaking bahasa Inggris adalah menambah pengetahuan atau memperkaya kosa kata dalam bahasa Inggris. Hal ini bisa kamu lakukan dengan banyak membaca, mendengarkan, atau menonton konten yang berbahasa Inggris. Lalu, kamu bisa mencatat kata-kata yang sekiranya belum pernah kamu ketahui maknanya, kemudian mencari artinya di kamus. Semakin banyak kata-kata yang kamu ketahui, akan semakin mempermudah kamu untuk mengutarakan ide atau gagasan dalam bentuk kalimat. 

2. Berlatih Pronunciation

Sumber: depositphotos

Pronunciation merupakan cara melafalkan atau mengucapkan suatu kata dalam bahasa Inggris. Pelafalan ini juga meliputi artikulasi atau kejelasan pengucapan, penekanan kata, dan juga intonasi kalimat. Agar speaking bisa mudah dimengerti dengan jelas, kamu sebaiknya mulai memperbaiki pelafalan bahasa Inggrismu. Selain itu, dengan memiliki pelafalan yang bagus, kamu bisa menyampaikan pesan dengan 

Ada banyak cara untuk kamu bisa melatih pronunciation-mu, Kawan LIterasi. Salah satunya, kamu bisa menggunakan aplikasi belajar bahasa Inggris yang memiliki fitur speech recognition seperti Elsa Speak atau FluentU. Kamu bisa merekam suaramu dan melihat seberapa akurat pelafalan suatu kata. Selain itu, kamu juga bisa mencoba Tongue Twister. Apa itu Tongue Twister? Tongue twister adalah rangkaian kata yang mempunyai pengucapan yang mirip. Dengan hal ini, kamu bisa membiasakan diri untuk lebih fasih melafalkan berbagai kata. 

Artikel Terkait

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 3:48 am

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai The post Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 16 Februari 2024 at 7:42 am

    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien The post Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 15 Februari 2024 at 5:17 am

    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita The post Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui appeared first on Sma Studioliterasi.

3. Mendengarkan Audio Berbahasa Inggris

Sumber: istockphoto

Tips selanjutnya adalah banyak mengekspos diri dengan bahasa Inggris, salah satunya dengan mendengarkan berbagai konten berbahasa Inggris. Misalnya mendengarkan podcast, menonton film, atau melihat video di media sosial. Dengan banyak listening, kamu juga bisa memperhatikan beberapa ekspresi kalimat sehari-hari serta mengetahui cara pengucapan kata dengan benar. 

Mendengarkan seseorang yang berbicara bahasa Inggris juga bisa melatihmu untuk mengolah suatu informasi dalam bahasa Inggris. Jika kamu menonton film, kamu bisa menyalakan subtitle bahasa Inggris, agar kamu tahu apa yang sedang karakter dalam film tersebut bicarakan dan bagaimana melafalkannya dengan benar. Sebagai tambahan, untuk membantumu memahami lebih dalam tentang pengucapan kata dengan benar, kamu dapat mempelajari ilmu fonetik

Baca juga: Present Perfect Tense: Penggunaan, Rumus, & Contoh Soal

4. Melakukan Speech Shadowing

Sumber: istockphoto

Untuk meningkatkan kemampuan speaking, kamu juga bisa melakukan yang dinamakan speech shadowing. Bagaimana cara melakukannya? Kawan Literasi bisa meniru atau mengulangi ucapan seseorang dalam bahasa Inggris. Speech shadowing bisa membantu meningkatkan kualitas pelafalan, intonasi, sekaligus menambah kosa kata. 

Kamu bisa memilih seorang English speaker yang kamu sukai, kemudian mendengarkannya berbicara. Jika kamu merasa audio atau videonya terlalu cepat, kamu bisa mengatur kecepatannya menjadi lebih rendah agar k  amu bisa memperhatikan beberapa aspek bahasanya, seperti suatu ekspresi berterima kasih, atau mengucapkan selamat pada seseorang. 

Akan lebih baik jika kamu juga mempunyai teks atau script dari ucapan yang diutarakan dalam video tersebut, agar kamu bisa meng-highlight bagian apa saja yang penting untuk diingat. Ada beberapa sumber yang bisa kamu gunakan, seperti TED Talks, Movieclips, atau English speeches with subtitles.  

5. Menceritakan Kembali Cerita dalam Bahasa Inggris

Sumber: wallpaperflare

Tips selanjutnya yang bisa Kawan Literasi coba adalah menceritakan kembali suatu cerita yang kamu baca dalam bahasa Inggris. Hal ini bisa membantumu melatih kefasihan speaking. Kamu bisa perlahan berusaha mengorganisir poin-poin yang akan kamu bicarakan. Hal ini bisa kamu lakukan dengan membuat daftar poin penting dari teks yang sudah kamu baca, supaya kamu bisa menyampaikan ide dengan lebih terstruktur dan menghindari kalimat yang bertele-tele atau berulang. 

6. Rekam Suara saat Speaking

Sumber: unsplash

Saat kamu berlatih speaking, kamu bisa merekam suaramu untuk mengulas kembali apa hal atau aspek yang dapat diperbaiki. Misalnya, pronunciation yang kurang tepat, terlalu banyak mengambil jeda saat berbicara, atau terlalu banyak kata fillers seperti like, uhm, that, dan sebagainya. Kesalahan-kesalahan seperti ini sangat wajar dilakukan apalagi jika kamu masih pemula dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, kamu tidak perlu memaksa diri untuk langsung terdengar sangat fasih berbicara setelah mendengarkan beberapa rekaman suaramu. 

Baca juga: Cara Meningkatkan Berpikir Kritis Secara Efektif Beserta Manfaatnya

7. Mencari Partner Speaking Bahasa Inggris

Sumber: unsplash

Setelah kamu melakukan beberapa tips sebelumnya yang bisa kamu lakukan sendiri, sekarang waktunya kamu memberanikan diri untuk berbicara di depan orang lain. Sebagai langkah awal, kamu bisa mencari seorang teman yang juga mau berlatih speaking bahasa Inggris. Dengan mempunyai partner speaking, kamu bisa sekaligus belajar mendengarkan dan memberikan respon terhadap ucapan orang lain. 

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti komunitas berbicara bahasa Inggris untuk bertemu lebih banyak orang yang juga ingin meningkatkan kemampuan speaking bahasa Inggris. Saat ini juga ada beberapa aplikasi atau situs belajar bahasa Inggris yang memberikan akses bahkan untuk berbicara dengan penutur asli atau native speaker, misalnya Tandem dan HelloTalk. Kamu bisa bertukar pesan melalui voice note atau chat

8. Jangan Terlalu Fokus pada Grammar

Sumber: 21kschool

Tips yang terakhir agar kamu lebih mudah meningkatkan kemampuan speaking adalah jangan terlalu memikirkan struktur atau grammar. Sebab, kamu akan cenderung memikirkan kesalahan yang dibuat saat berbicara, lalu akhirnya membuatmu ragu-ragu serta menghambat flow berbicara. Untuk awal, kamu perlu memastikan apakah pesan yang kamu ingin sampaikan bisa dengan mudah dimengerti oleh orang lain atau tidak, bukan terlalu mempertimbangkan benar atau salahnya struktur bahasa yang kamu gunakan. 

Jika kamu sudah merasa sedikit lebih lancar saat berbicara dengan orang lain atau di hadapan beberapa orang, kamu bisa mulai untuk memperbaiki struktur bahasamu sedikit demi sedikit dan membiasakannya. Tentu ketepatan grammar atau struktur bahasa sangat penting apalagi dalam konteks yang formal seperti sebuah rapat, interview, ataupun di dalam kelas. Namun, jika kamu berlatih untuk berbicara dengan teman, kamu bisa lebih santai dan menggunakan struktur bahasa yang lebih sederhana. 

Baca juga: Talking About Self

Itu dia Kawan Literasi, beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan untuk meningkatkan kemampuan speaking-mu. Tetap semangat belajar dan semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 8 Tips Ampuh Meningkatkan Kemampuan Speaking Bahasa Inggris

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]