1. Kuliah & Umum

Keamanan Siber yang Terintegrasi: Cara Tangani Ancaman Siber

Karena semua hal sudah menggunakan teknologi, keamanan siber yang terintegrasi merupakan salah satu hal penting saat ini. Sebab, mengingat hampir setiap orang dan lembaga apapun menggunakan teknologi digital untuk menunjang pekerjaannya, maka semakin besar pula risiko serangan siber, terutama pada public figure terkenal dan lembaga yang memiliki peranan penting. Untuk menjawab alasan pentingnya keamanan siber yang terintegrasi, selengkapnya bisa Sobat Literasi baca penjelasan bawah ini, ya!

Pentingnya Keamanan Siber yang Terintegrasi

keamanan siber
keamanan siber. Sumber: unsplash.com

Bentuk serangan siber saat ini berupa peretasan situs yang menampilkan konten yang tidak senonoh, kerusakan aplikasi yang tidak bisa digunakan, bahkan terjadinya penyebaran data pribadi. Pastinya serangan siber dapat menimbulkan berbagai kerugian, mulai dari kerugian finansial karena harus mengeluarkan biaya untuk pemulihan akun hingga kerusakan reputasi sosok. Jika terjadi pada orang atau lembaga yang terkenal, maka bisa menurunkan kepercayaan masyarakat. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap orang dan organisasi untuk memiliki proteksi keamanan siber yang tinggi.

Pendekatan Keamanan Siber

Salah satu pendekatan keamanan siber yang semakin populer adalah pendekatan yang terintegrasi. Pendekatan ini menggabungkan berbagai unsur terkait dengan keamanan siber, seperti perlindungan jaringan, perangkat lunak, dan data, untuk memberikan perlindungan yang lebih dalam. 

Ada salah satu pendekatan siber  sudah diterapkan pada beberapa negara, yakni Zero trust pendekatan keamanan siber yang cara kerjanya memverifikasi setiap adanya interaksi pada jaringan dengan menggunakan deteksi secara cepat dan responsif terhadap ancaman serangan siber. Sehingga bisa meningkatkan kewaspadaan dengan tidak memberikan akses kepada pihak manapun. Pendekatan ini juga secara real-time sehingga keamanannya sudah tinggi.

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

Negara seperti Filipina dan Korea Selatan sudah sejak lama menerapkan pendekatan zero trust. Pendekatan tersebut sukses membuat kedua negara tersebut meminimalisir adanya serangan siber, karena keduanya membuat pedoman dan regulasi khusus untuk verifikasi setiap adanya transfer data. 

Baca Juga: Inovasi Teknologi Digital, Dampak Serta Contohnya!

 Manfaat dari Keamanan SIber yang Terintegrasi

  • Meningkatkan efektivitas pertahanan

Keamanan siber yang terintegrasi dapat meningkatkan efektivitas pertahanan dengan menggabungkan berbagai lapisan pertahanan. Hal ini membuat serangan siber lebih sulit untuk berhasil.

  • Meningkatkan efisiensi operasional

Keamanan siber yang terintegrasi dapat meningkatkan efisiensi operasional dengan mengurangi duplikasi dan koordinasi antar-tim keamanan. Pastinya dapat hemat waktu serta sumber daya.

  • Meningkatkan kepatuhan peraturan

Keamanan siber yang terintegrasi dapat membantu organisasi untuk mematuhi peraturan yang berlaku. Hal ini penting untuk melindungi organisasi dari risiko hukum dan reputasi.

Cara untuk menerapkan Keamanan Siber yang Terintegrasi

  • Melakukan audit keamanan

Dengan melakukan audit keamanan secara berkala untuk mengidentifikasi risiko siber yang ada. Hal ini akan membantu untuk menentukan langkah-langkah keamanan yang bisa dilakukan guna menghindari adanya serangan. Audit keamanan bisa meliputi adanya potensi atau laporan terkait adanya bentuk serangan.

  • Mengembangkan strategi keamanan

Strategi keamanan mencakup semua elemen keamanan siber, seperti perlindungan jaringan, perangkat lunak, dan data. Strategi ini harus sesuai dengan kebutuhan karena cara dan bentuk dari serangan siber yang terjadi masing-masing berbeda.

  • Investasi dalam teknologi keamanan

Teknologi keamanan yang tepat dapat membantu organisasi untuk meningkatkan pertahanannya, perlu melakukan investasi yang memadai dalam teknologi keamanan. Adapun caranya seperti menyewa konsultan yang ahli terhadap bidang siber, membeli software antivirus atau proteksi teknologi dan bisa juga dengan mengikuti kursus terkait dengan pencegahan siber.

  • Upgrade software

Terkadang serangan siber bisa terjadi karena belum atau tidak melakukan upgrade software. Karena banyak hacker yang justru memanfaatkan software yang belum ter-upgrade dengan melakukan serangan, sebab proteksinya sangat rendah. 

  • Tingkatan kesadaran keamanan

Kesadaran keamanan terhadap siber wajib dimiliki oleh semua karyawan yang bekerja pada lembaga tersebut. Maka dari itu, dalam kontrak kerja sebelum karyawan tersebut bekerja tertulis untuk wajib menjaga rahasia perusahaan dan tidak menyebarkan data perusahaan. Hal ini untuk mencegah adanya serangan siber yang kemungkinan bisa terjadi oleh karyawan lembaga tersebut. Selain itu juga menjaga integritas lembaga sekaligus etika karyawan.

Baca Juga: Inovasi Teknologi Digital, Dampak Serta Contohnya!

Upaya Indonesia dalam Meningkatkan Keamanan Siber yang Terintegrasi

Mengingat belakangan ini, Indonesia mengalami banyaknya serangan siber yang menimpa tokoh, lembaga, maupun masyarakat itu sendiri. Berikut beberapa upaya yang dilakukan Indonesia guna meningkatkan keamanan siber yang terintegrasi:

  • Membuat rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024

Tata kelola keamanan siber yang terintegrasi bertujuan untuk memperkuat stabilitas politik, hukum, pertahanan, dan keamanan serta transformasi pelayanan publik. Selain itu juga dilakukan penguatan keamanan dan ketahanan siber lainnya dengan pembangunan dan tim cepat tanggap keamanan siber dan penguatan infrastruktur, hingga regulasi keamanan siber.

Memang sampai sekarang ini, belum terdapat regulasi zero trust. Namun, ada sejumlah undang-undang atau regulasi lainnya yang juga mengatur terkait dengan keamanan siber, antara lain UU No. 19 Tahun 2016 (Transaksi Elektronik), Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 (Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik) dan yang terbaru Peraturan Presiden Nomor 47 Tahun 2023  (Strategi Keamanan Siber Nasional dan Manajemen Krisis Siber).

  • Pembentukan National Operation Center oleh Bicara Badan Siber dan Sandi Negara

Tugas National Operation Center oleh BSSN adalah untuk melakukan pemantauan sekaligus investigasi terhadap serangan siber baik yang terjadi secara teknis maupun sosial. 

Baca Juga: Alasan Keterlibatan Masyarakat dalam Pembangunan Penting?

Mengingat semakin banyaknya serangan siber yang terjadi, sudah seharusnya menyadari pentingnya menjaga keamanan siber yang terintegrasi. Karena ketika serangan siber sudah terjadi pada kita, bisa mempengaruhi integrasi kita maupun lembaga tempat kita bekerja. Bisa kita mulai dengan menjaga keamanan siber pada data pribadi maupun perangkat kita. Artikel tentang teknologi lainnya bisa Sobat Literasi lihat pada website resmi Studio Literasi.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Keamanan Siber yang Terintegrasi: Cara Tangani Ancaman Siber

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]