1. Kuliah & Umum

10 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris, Praktis dan Recommended!

Saat ini, belajar bahasa Inggris tidak harus melalui kursus offline, namun bisa lebih santai dengan adanya aplikasi belajar bahasa Inggris. Sudah sangat banyak aplikasi yang bisa kamu pakai untuk membantumu menguasai berbagai skill bahasa Inggris, mulai dari grammar, listening, reading, hingga speaking dan pronunciation. 

Kalau Kawan Literasi lagi bingung memilih aplikasi apa yang bagus untuk mulai belajar bahasa Inggris, simak 10 rekomendasi aplikasi yang bisa kamu pakai pada artikel Studio Literasi kali ini!

1. Duolingo

Sumber: duolingo

Kawan Literasi pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi belajar bahasa Inggris yang satu ini. Aplikasi berlogo khas burung hantu berwarna hijau ini adalah aplikasi interaktif untuk belajar berbagai bahasa, termasuk bahasa Inggris. Memiliki fitur layaknya game dan dilengkapi interface yang menarik, dijamin aktivitas belajar bahasamu nggak akan membosankan. 

Kamu bisa belajar semua skill mulai dari listening, grammar, vocabulary, writing, hingga speaking mulai dari level dasar hingga advanced. Kamu bisa menginstal aplikasi ini melalui playstore atau melalui website

Artikel Terkait

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Yuk, Mengenal Bagaimana Cara Memahami Contoh Teks Ulasan
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 4 April 2024 at 2:05 am

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks The post Yuk, Mengenal Bagaimana Cara Memahami Contoh Teks Ulasan appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Kenali Jenis-Jenis Komputer yang Ada di Seluruh Dunia!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 3 April 2024 at 1:39 am

    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia The post Kenali Jenis-Jenis Komputer yang Ada di Seluruh Dunia! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 12 Maret 2024 at 12:34 am

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu The post Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya appeared first on Sma Studioliterasi.

2. ELSA Speak

Sumber: elsaspeak

Sudah bisa ditebak dari namanya, aplikasi ini berfokus pada skill speaking dan pronunciation bahasa Inggris. Aplikasi ini menggunakan teknologi Artificial Intelligence untuk mengidentifikasi suaramu dan mengoreksinya dengan database berbagai aksen Bahasa Inggris. Kamu juga akan mendapatkan feedback dan evaluasi secara langsung di mana letak kesalahan pronunciation-mu. 

3. Memrise

Sumber: memrise

Hampir mirip dengan ELSA Speak, Memrise juga berfokus pada skill speaking dan vocabulary. Memrise memiliki fitur audio visual oleh penutur asli atau native speaker. Kamu bisa memilih topik conversation yang ingin kamu kuasai kosa katanya. Selain itu, kamu juga bisa menentukan jumlah kata yang ingin kamu kuasai setiap harinya. Materi pada Memrise juga dapat didownload, sehingga kamu bisa tetap belajar saat tidak terhubung koneksi data internet atau Wi-Fi. Dengan sistem peringkat, kamu akan mengetahui perkembangan proses belajarmu, sehingga kamu akan lebih termotivasi untuk belajar.

Baca juga: Format Surat Rekomendasi Beasiswa LPDP Beserta Contohnya

4. BBC Learning English

Sumber: bbc

BBC Learning English adalah aplikasi belajar yang disediakan oleh BBC radio. BBC Learning English bisa kamu akses di handphone, tablet, maupun komputer. Jika kamu memakai komputer, kamu bisa mengunduh audio dan transkrip pdf untuk mengerjakan latihan. Materinya juga terbagi dalam beberapa level, mulai dari Advanced, Upper Intermediate, Intermediate, dan Lower Intermediate. Contohnya, untuk level lower intermediate, terdapat 30 unit materi dengan topik berbeda, yang bertujuan untuk meningkatkan skill grammar, vocabulary, dan pronunciation.  

BBC Learning English ini memiliki berbagai program, seperti The English We Speak, 6 Minute English, English at Work, English in a Minute, LingoHack, News Review, Stories for Children, The Teachers Room, Drama, dan masih banyak lagi. 

5. LearnEnglish Grammar by British Council 

Sumber: british council

British Council menyediakan berbagai aplikasi untuk belajar bahasa Inggris, salah satunya yang berfokus pada grammar ini, yaitu LearnEnglish Grammar. Aplikasi ini juga mengelompokkan materinya menjadi level Beginner, Elementary, Intermediate, dan Advanced. Setiap level memiliki 12 topik grammar dengan lebih dari 20 aktivitas latihan setiap topiknya. 

Sesi latihan juga disajikan dalam berbagai bentuk, tidak hanya pilihan ganda, tapi juga fill-in-the blanks, mengurutkan kata, labelling, dan juga drag and drop. Setiap pertanyaan pada soal latihan juga dilengkapi dengan gambar, teks, serta audio agar lebih menarik. Kamu bisa melihat skor pada setiap latihan untuk memantau progres belajarmu. 

6. Magoosh TOEFL

Sedikit berbeda dengan beberapa aplikasi sebelumnya, Magoosh TOEFL spesifik menyediakan layanan pembelajaran bahasa Inggris untuk persiapan tes TOEFL. Dalam aplikasi ini, kamu bisa berlatih soal TOEFL untuk semua skill section, diantaranya reading, listening, writing, dan speaking. Kamu bisa menonton lebih dari 100 video materi animasi, sekaligus mendapatkan penjelasan detail pada setiap tipe pertanyaan.

Ada juga fitur flash cards untuk kamu berlatih kosa kata yang sering muncul pada soal-soal TOEFL beserta pengertiannya. Yang tidak kalah penting, Magoosh menyediakan lebih dari 250 soal latihan yang bisa kamu coba beserta video penjelasannya. Aplikasi ini akan sangat cocok untuk Kawan Literasi yang akan mengambil tes TOEFL dalam waktu dekat!

Baca juga: Contoh Essay LPDP Beserta Tips Penulisannya agar Menarik

7. VOA Learning English 

Sumber: learning english voa news

Aplikasi ini adalah salah satu program dari Voice of America untuk membantu berbagai kalangan untuk belajar bahasa Inggris. Konten aplikasi ini berupa cerita, laporan, serta teks berita yang disajikan dengan kata-kata yang mudah untuk dibaca. Kamu juga bisa menambah pengetahuan tentang sejarah dan budaya Amerika selain meningkatkan skill listening dan vocabulary. Setiap transkrip bacaan dilengkapi dengan audio. Terdapat banyak topik yang bisa kamu pilih, seperti Education, This is America, In the News, Everyday Grammar, VOA Newscast, Words and Their Stories, dan lain-lain. 

8. FluentU

Sumber: fluentu

FluentU memberikan berbagai konten video untuk kamu belajar bahasa Inggris. Konten Videonya beragam, mulai dari trailer film, video klip, berita, hingga talk yang menginspirasi. Kamu bisa menyalakan caption yang telah memiliki subtitle dan terjemahannya. Selain itu, kamu bisa klik kata yang sulit untuk mengetahui definisinya sesuai dengan konteks, lengkap dengan contoh kalimatnya. Setelah itu, kamu dapat mencoba fitur quiz untuk mengukur seberapa banyak vocabulary yang sudah kamu kuasai. 

9. Hello Talk

Sumber: hellotalk

Aplikasi Hello Talk ini berbasis chat, yang memungkinkan kamu untuk berbicara langsung dengan native-speaker, loh. Kamu bisa chat secara personal atau dalam group chat untuk bisa belajar berbicara secara langsung. Pada fitur chatnya, kamu bisa memanfaatkan opsi translate dan speaker untuk mengetahui arti serta pronunciation suatu kata. Selain via chat, kamu juga bisa memanfaatkan fitur Voicerooms untuk berdiskusi secara verbal dengan pengguna HelloTalk lainnya.

10. PlanB: English Practice Game 

Sumber: apps apple

Yang terakhir, jika kamu pengguna iOS, kamu bisa memanfaatkan aplikasi game ini untuk belajar bahasa Inggris, terutama untuk melatih speaking skill. Sedikit berbeda dengan aplikasi lainnya, di Plan B, kamu bisa berlatih reading, listening, dan speaking dengan bermain dalam cerita survival, di mana kamu harus menentukan suatu pilihan. Kamu juga bisa menganalisa hasil speaking-mu dari sisi kecepatan dan akurasinya. Kamu juga harus merespon karakter pada cerita secara oral, langsung saat memilih opsi yang diberikan. Menarik bukan?

Baca juga: Mengenal Syarat, Cara Pendaftaran & Informasi Beasiswa LPDP

Itu dia beberapa rekomendasi aplikasi belajar bahasa Inggris yang bisa kamu unduh dan instal di ponselmu. Sudah tahu mau instal aplikasi yang mana? Semoga artikel kali ini membantu kamu untuk mulai mengasah kemampuan berbahasa Inggris, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris, Praktis dan Recommended!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]

    Trending

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh […]
    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]