1. Kelas 9 Bahasa Indonesia

Cara Mudah Menyusun Daftar Pustaka dengan Chicago Style

Daftar pustaka adalah elemen penting dalam penulisan ilmiah. Melalui daftar pustaka, penulis harus menampilkan sumber-sumber rujukan sesuai dengan standar yang berlaku. Terdapat beberapa acuan yang umumnya dipakai, seperti APA style, Chicago Style, MLA style, AMA style, Turabian Style, atau APSA style. Kali ini, Studio Literasi akan membahas tentang penulisan daftar pustaka dengan Chicago style. Simak artikel ini sampai habis!

Fungsi dan Unsur Daftar Pustaka

Sumber: irostaffing

Sebelum membahas lebih jauh tentang penulisan daftar pustaka, ada baiknya untuk mengenali terlebih dulu fungsi daftar pustaka dan komponen apa saja yang harus ada dalam daftar pustaka. 

Daftar pustaka berfungsi untuk menghindari plagiarisme, memperkuat tulisan penulis, sebagai wujud penghargaan kepada penulis asli, serta membantu pembaca untuk mengetahui sumber referensi yang digunakan. Dalam daftar pustaka, harus ada nama pengarang, tahun terbit, judul bacaan, tempat penerbitan, serta nama penerbit. Untuk sumber referensi yang didapat melalui internet, diperlukan juga situs atau url referensi yang kamu gunakan.  

Penulisan Daftar Pustaka Chicago Style 

Berikut adalah susunan penulisan daftar pustaka berdasarkan Chicago Style, baik dari sumber cetakan maupun online

Artikel Terkait

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 12 Maret 2024 at 12:34 am

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu The post Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Lebih Jauh Proses terjadinya Pelangi
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 10 Maret 2024 at 7:11 am

    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs The post Mengenal Lebih Jauh Proses terjadinya Pelangi appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Konferensi Meja Bundar: Latar Belakang, Tujuan & Dampaknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 8 Maret 2024 at 2:50 am

    Pasca kemerdekaan Indonesia, Indonesia tidak sepenuhnya merdeka, lho. Masih ada upaya-upaya Belanda ingin menjajah dan menduduki negara Indonesia. Maka dari itu, para pemuda Indonesia tidak ingin hal tersebut terjadi. Sehingga, terbentuklah Konferensi Meja Bundar (KMB) atau dalam bahasa Belanda disebut dengan Nederlands-Indonesische ronde tafel conferentie. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut konferensi The post Konferensi Meja Bundar: Latar Belakang, Tujuan & Dampaknya appeared first on Sma Studioliterasi.

Sumber Cetak

Sumber: sla

1. Buku 

Format dengan 1 pengarang:

Nama akhir, nama awal penulis. Tahun publikasi. Judul Buku. Edisi. Tempat Diterbitkan: Penerbit.

Catatan: Judul buku ditulis miring atau italic.

Berikut ini adalah ketentuan penulisan dari buku cetak: 

Ketentuan

Penulisan dan Contoh

1 PengarangNama akhir, nama depan penulis. Tahun publikasi. Judul buku. Tempat penerbitan {meliputi negara, provinsi, atau kota}: Penerbit.

Contoh: 

Hirata, Andrea. 2006. Sang Pemimpi. Yogyakarta: Bentang.

2 PengarangNama akhir dan awal penulis pertama dan nama awal dan akhir penulis kedua. Tahun publikasi. Judul buku. Kota {meliputi negara, provinsi, atau kota}: Penerbit.

Contoh: 

Lubis, Yusnawan, dan Mohamad Sodeli. 2017. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Erlangga.

Lebih dari

3 Pengarang

Nama akhir, awal penulis pertama, nama awal dan kedua penulis kedua dan nama awal dan nama kedua pengarang ketiga. Tahun publikasi. Judul buku. Kota {meliputi negara, provinsi, atau kota}: Penerbit  

Contoh: 

Lubis, Fathia, dkk. 2010. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Pustaka  Tunggal.

Edisi lain dari bukuNama akhir dan awal penulis pertama dan nama awal dan akhir penulis kedua. Tahun publikasi. Judul buku. Edisi. Kota {meliputi negara, provinsi, atau kota}: Penerbit.

Contoh: 

Lubis, Yusnawan, and Mohamad Sodeli. 2017. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 2nd Ed. Indonesia: Erlangga.

Baca juga: Pengertian Teks Cerita Sejarah, Struktur, & Contoh Lengkap

2. Artikel Jurnal Ilmiah

Format:

Nama akhir, nama awal penulis. Tahun publikasi. Judul artikel. Judul Jurnal volume: halaman awal-halaman akhir dari seluruh artikel.

Catatan: 

  • Judul jurnal ditulis miring atau italic
  • Judul artikel ditulis dengan tanda petik, tidak miring. 
Firharmawan, Hastri. 2023. “Students’ Perception on Teaching Strategies for English Speaking at Madrasah Aliyah Negeri 1 Kebumen.” English Education and Literature Journal 3 (01): 57-66.

3. Artikel Prosiding (Conference Paper)

Format: 

Nama belakang, nama depan penulis. “Judul artikel”. Dalam Judul prosiding. Diedit

oleh nama editor. Tempat diterbitkan: Penerbit, Tahun penerbitan.

Catatan: 

  • Judul prosiding diketik miring atau italic.
  • Judul artikel diapit tanda petik dan tidak ditulis miring.
Boy, Justin A. “Rainwater Harvesting.” In Proceedings of the 16th Annual Agricultural Conference, 8-11 April 2003, Pietersburg University, South Africa. Edited by Jan van Riebeek. Pietersburg, South Africa: Pietersburg University Press, 2004. 

Sumber Online 

Sumber: edutopia

1. E-book (Buku Online)

Format: 

Nama akhir, nama awal penulis. Tahun publikasi. Judul Buku. Edisi. URL situs sumber lengkap (accessed atau waktu pengaksesan)

Catatan: 

  • Penulisan buku online ditulis seperti ketentuan penulisan daftar pustaka pada buku cetak, hanya ditambahkan url dari situs sumber di akhir. 
  • Waktu pengaksesan boleh ditulis atau tidak, sebab biasanya waktu akses diperulkan jika tulisan online mungkin mengalami perubahan.
Creswell, John W.. 2018. “Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.” 5th Ed. https://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/510378/mod_resource/content/1/creswell.pdf

Baca juga: Pengertian Agreement and Disagreement, Fungsi, & Contoh

2. E-Journal (Artikel Jurnal Online)

Format 5 Pengarang:

Nama akhir, awal dan tengah pengarang pertama, kedua, ketiga, keempat, dan kelima. Tahun publikasi. Judul artikel. Judul Jurnal volume (tanggal bulan{tanggal publikasi}):halaman awal-halaman akhir dari keseluruhan artikel {jika tersedia}. URL (diakses tanggal bulan, tahun {tanggal pengaksesan dari Web)

Vo, Loc V., and Linh T. Vo. 2020. “EFL Teachers’ Attitudes towards the Use of Mobile Devices in Learning English at A University in Vietnam.” Arab World English Journal (AWEJ) 11, no. 1 (March): 114-123. DOI: https://dx.doi.org/10.24093/awej/vol11no1.10. (Accessed March 13, 2023)

3. Website 

Format: 

 “Judul halaman.” Judul situs. Alamat web (tanggal mengakses)

“Maxim Timchenko: The renewable energy revolution happening in Ukraine.” TED. https://www.ted.com/talks/maxim_timchenko_the_renewable_energy_revolution_happening_in_ukraine. (Accessed July 13, 2023)

Cara Mudah Menulis Daftar Pustaka melalui Microsoft Word

Sumber: papercheck

Agar lebih mudah, kamu tidak perlu menuliskan daftar pustaka secara manual, Kawan Literasi. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan Microsoft Word. Berikut adalah langkah-langkahnya: 

  1. Buka file Microsoft Word 
  2. Pada halaman home, tekan opsi “References”, pilih “Style”, dan pilih “Chicago”,  kemudian klik “Manage Sources”.
  3. Saat tab “Source Manager” muncul, tekan “New”.
  4. Saat muncul pop-up “Create Source”.
  5. Pastikan untuk mengubah pengaturan bahasa pada kolom “Language” menjadi “Indonesian”.
  6. Kemudian, pilih opsi pada menu “Type of Source” untuk menentukan jenis sumber yang akan dijadikan rujukan. 
  7. Ketik informasi detail tentang referensinya dengan nama pengarang, judul, tahun terbit, dan lain-lain. 
  8. Setelah selesai mengisi semua kolom, klik “OK”.
  9. Untuk menampilkan seluruh daftar pustaka, pilih menu “Bibliography” pada tab “References”, lalu tekan “Insert Bibliography”. 
  10. Seluruh referensi akan muncul sesuai dengan urutan abjad. 

Baca juga: Kumpulan Contoh Essay Beasiswa yang Bisa Dijadikan Acuan

Itulah tadi pembahasan mengenai fungsi, unsur, susunan penulisan, hingga cara mudah menggunakan fitur Microsoft Word untuk membuat list daftar pustaka dengan Chicago Style. Semoga bermanfaat untuk kamu yang sedang menyusun artikel atau karya ilmiah!

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Cara Mudah Menyusun Daftar Pustaka dengan Chicago Style

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]

    Trending

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh […]
    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]