1. SD Bahasa Indonesia

Membaca Intensif

Pada kesempatan kali ini, Studio Literasi akan mendiskusikan tentang materi Membaca Intensif. Percaya atau tidak percaya, membaca intensif sangat bermanfaat lho untuk kalian. Coba deh kita lihat bersama penjelasan di bawah ini.

Pengertian Membaca Intensif

Pengertian Membaca intensif adalah suatu kegiatan membaca yang dilakukan secara sungguh – sungguh atau serius, cermat dan teliti terhadap teks yang sedang dibaca. Kegiatan membaca ini digunakan dalam upaya mencari informasi secara detail atau diterapkan sebagai pencarian informasi untuk bahan diskusi.

Sedangkan kemampuan membaca secara intensif merupakan kemampuan dalam memahami secara detail isi dari bacaan dengan lengkap, akurat dan kritis pada suatu fakta, konsep, pendapat, gagasan, pengalaman, perasaan dan pesan moralnya. 

Dengan memiliki keterampilan membaca ini membuat para pembaca paham terhadap teks yang sedang dibaca, bisa pada tingkat lateral, kritis interpretatif, maupun evaluatif.

Baca juga : Teks Anekdot

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Ciri-Ciri

Ciri – ciri dari membaca intensif antar lain adalah:

  1. Membaca digunakan untuk meraih tingkat pemahaman yang tinggi dengan harapan dapat mengingatnya dalam waktu relatif lama.
  2. Membaca dengan detail agar mendapat pemahaman seluruhnya yang meliputi isi dan bagian teks.
  3. Cara membaca ini sebagai dasar untuk belajar pemahaman yang lebih baik dan mengingatnya lebih lama.
  4. Membaca dengan intensif tidak memakai cara membaca tunggal tetapi dengan berbagai variasi teknik membaca yakni scanning, membaca komprehensif, skimming dan teknik lainnya.
  5. Tujuan membaca secara intensif yakni pengembangan keterampilan dalam membaca dengan detail yang menekankan pada pemahaman kata, pengembangan kosakata, kalimat dan pemahaman seluruh dari isi wacana.
  6. Kegiatan ini melatih siswa membaca kalimat pada teks secara cermat dan dengan penuh konsentrasi, adanya kecermatan, sehingga menemukan kesalahan struktur, kosakata, serta penggunaan ejaan atau tanda baca.
  7. Kegiatan ini juga dapat melatih siswa untuk berpikir lebih kritis, kreatif dan inovatif

Tujuan Membaca Intensif

Tujuan membaca intensif adalah memperoleh informasi dari bahan diskusi, dapat dijadikan sebagai sarana dalam menentukan suatu pokok permasalahan atau perihal yang menarik dari teks bacaan agar dapat dijadikan bahan dalam diskusi.

Membaca dengan intensif juga dapat digunakan untuk menentukan bahan diskusi dengan cara membuat kesimpulan dari pokok – pokok pikiran bacaan kemudian mengambil intisari persoalan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penentuan informasi yang layak untuk menjadi bahan diskusi, antara lain dapat menambah pengetahuan atau wawasan, bermanfaat dan akan lebih baik jika sedang menjadi topik pembicaraan dalam masyarakat.

Manfaat Membaca Intensif

Manfaat membaca intensif yang akan didapatkan adalah:

  1. Pembaca akan menguasai isi teks secara mantap.
  2. Pembaca dapat mengetahui latar belakang ditulisnya teks tersebut.
  3. Pembaca dapat mempunyai daya ingat yang lebih lama yang berhubungan dengan isi teks.

Jenis-Jenis Membaca Intensif

Jenis membaca intensif diantaranya ialah:

1. Membaca Teliti

membaca teliti memiliki tujuan untuk memahami secara detail gagasan yang terdapat dalam teks bacaan tersebut untuk melihat organisasi penulisan atau pendekatan yang digunakan oleh penulis.

Dengan menggunakan teknik membaca ini, pembaca dituntut untuk bisa mengenal dan mengaitkan antar gagasan yang ada pada setiap kalimat maupun paragraf.

2. Membaca Pemahaman

Menurut Tarigan (1986:56), Membaca Pemahaman adalah jenis membaca yang bertujuan untuk memahami standar atau norma kesastraan, resensi kritis, drama tulis, serta pola fiksi.

3. Membaca Kritis

Membaca kritis merupakan jenis membaca secara intensif yang dilakukan secara bijaksana, penuh tenggang hati, evaluatif, mendalam, analisis dan bukan hanya untuk mencari kesalahan.

4. Membaca Ide

Membaca ide adalah jenis kegiatan membaca intensif yang bertujuan untuk mencari, memperoleh serta memanfaatkan ide – ide yang terdapat dalam bacaan. Tarigan (1986:56) menjelaskan bahwa membaca ide merupakan kegiatan membaca yang memiliki tujuan untuk mencari jawaban atau pertanyaan berikut dari suatu bacaan : (a) mengapa hal itu merupakan judul atau topik yang baik; (b) masalah apa saja yang dikupas atau dibentangkan dalam bacaan tersebut; (c) hal-hal apa yang dipelajari dan yang dilakukan oleh sang tokoh.

5. Membaca Bahasa Asing

Membaca bahasa asing pada tataran yang lebih rendah memiliki tujuan untuk memperbesar daya kata dan untuk mengembangkan kosakata yang dimiliki oleh pembaca, dan dalam tataran yang lebih luas bertujuan untuk mencapai kefasihan pembaca.

6. Membaca Sastra

Merupakan kegiatan membaca intensif yang membaca karya sastra, yang memiliki tujuan baik dalam hubungannya dengan apresiasi maupun dalam hubungannya dengan kepentingan studi dan pengkajian.

Baca juga : Teks Prosedur

Cara Membaca Intensif

Terdapat beberapa cara atau teknik membaca intensif yang bisa digunakan untuk menyimpulkan informasi atau perihal yang layak dijadikan sebagai bahan diskusi dari sebuah teks bacaan, yaitu sebagai berikut :

  1. Membaca dengan jeli sehingga dapat menentukan hal yang paling menarik dari hal-hal yang lain. Akan lebih baik jika kalian menemukan pokok-pokok pikiran yang ada kemudian memilih yang paling layak untuk dijadikan sebagai bahan diskusi.
  2. Mempertimbangkan kemampuan diri dan kemampuan teman diskusi berkenaan dengan kemampuan diri menguasai atau memahami perihal yang akan kalian diskusikan. Jangan sampai kalian menentukan diskusi yang menarik tetapi kalian sendiri tidak memahami persoalan tersebut.
  3. Mempertimbangkan referensi yang dimiliki oleh peserta diskusi terkait perihal yang akan didiskusikan.

Sekian materi Membaca Intensif kali ini. Apakah kalian tertarik untuk mulai membaca secara intensif? Selamat mencoba, friends! Cheers!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Membaca Intensif

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]