1. Kuliah & Umum

Menulis Kata Pengantar: Pelajari Struktur dan Contohnya

Kawan Literasi pernah membaca sebuah karya tulis seperti skripsi atau laporan penelitian? Pada bagian depannya pasti kamu bisa menemukan “Kata Pengantar”. Kata pengantar ini secara umum berisi gambaran umum dan ucapan terima kasih penulis atas selesainya karya tersebut. Untuk mengetahui lebih jauh tentang penulisan kata pengantar, simak artikel Studio Literasi kali ini sampai habis, ya! 

Apa itu Kata Pengantar? 

Sumber: pxfuel

Kata pengantar adalah bagian yang ditulis di awal sebuah karya tulis, baik itu karya ilmiah, makalah, laporan penelitian, skripsi, buku, dan lain sebagainya. Pada umumnya, tujuan penulisan kata pengantar adalah mengucapkan rasa syukur penulis dan rasa terima kasih penulis terhadap pihak-pihak yang turut serta membantu atau memberi arahan dalam menyelesaikan sebuah karya tulis. 

Selain itu, kata pengantar juga memuat permintaan kritik serta saran untuk penulis itu sendiri oleh pembaca apabila terdapat bagian tulisan yang kurang berkenan atau adanya kekurangan dari penulisan sebuah buku atau karya tulis. Bagian ini juga letaknya terpisah dari bagian lain kerangka karya tulis, umumnya ditulis pada satu hingga dua halaman tersendiri. Kata pengantar juga berfungsi untuk menarik minat pembaca untuk membaca karya tulis yang dibuat hingga akhir. 

Baca juga: Panduan Penggunaan Huruf Kapital yang Benar, Lengkap!

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

Struktur Kata Pengantar 

Untuk menulis kata pengantar dengan baik dan terorganisir, Kawan Literasi bisa mengacu pada struktur penulisan yang diantaranya meliputi pembuka, isi, serta penutup.  

  • Pembuka 

Sumber: wallpapers

Bagian pembuka pada kata pengantar umumnya berisi 1 hingga 2 paragraf yang memuat ucapan syukur seorang penulis karena karya tulisnya sudah terselesaikan. Biasanya sebagian besar penulis mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atau menyesuaikan dengan kepercayaan yang dianut. Misalnya, umat muslim menuliskan ucapan syukurnya kepada Allah swt. 

Selain ucapan syukur, penulis juga umumnya menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang turut serta membantu menyelesaikan karya tulis tersebut. Apabila ditujukan ke banyak orang, biasanya nama-nama orang tersebut diurutkan dari besarnya peran atau pengaruhnya terhadap karya yang ditulis. 

  • Isi 

Sumber: unsplash

Isi kata pengantar umumnya adalah informasi secara umum sebuah karya tulis, bisa dimulai dengan judul karya tulis, kemudian dilanjutkan dengan pembahasan singkat dari inti karya tulis tersebut. Misalnya, dalam kata pengantar sebuah buku, penulis bisa menguraikan sedikit gambaran umum tentang isi bukunya. 

Perlu Kawan Literasi ingat, bahwa bagian ini tidak perlu kamu tulis dengan terlalu lengkap atau rinci, agar isi kata pengantar tidak jadi terlalu panjang dan pembaca tetap penasaran untuk membaca keseluruhan isi karya tulisnya. Kawan Literasi bisa membuat bagian isi ini dengan menarik dengan menunjukkan keistimewaan atau selling point dari karya tulis yang dibuat. 

  • Penutup 

Sumber: wallpapers

Bagian terakhir kata pengantar yaitu penutup. Untuk menulis bagian penutup, sebaiknya Kawan LIterasi tidak perlu terlalu bertele-tele. Umumnya, bagian ini berisi permohonan maaf dan permintaan kritik konstruktif atau saran dari pembaca untuk penulis, agar bisa menghasilkan karya tulis yang lebih baik lagi selanjutnya. Satu lagi yang terpenting, pada bagian akhir sebaiknya penulis memberikan tempat, tanggal penyusunan, dan nama penulis. 

Baca juga: Apa itu Kalimat Aktif? Kenali Unsur, Jenis, hingga Contohnya

Kesalahan Umum dalam Penulisan Kata Pengantar 

Sumber: wallpaperaccess

1. Tidak Menggunakan Bahasa Baku atau Formal

Terkadang, beberapa penulis masih kurang teliti terhadap pilihan kata atau bahasa yang digunakan pada beberapa bagian penulisan kata pengantar, yaitu penggunaan bahasa yang tidak baku, tidak sesuai dengan panduan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) dan tidak formal. Dengan memperhatikan kaidah EYD, penulis dapat meminimalisir penggunaan bahasa daerah atau bahasa asing. 

2. Menggunakan Kata Ganti ‘Saya’ atau ‘Kami’

Hal ini sering ditemui pada kata pengantar, yaitu penggunaan kata ganti orang “Saya” atau “Kami” sebagai bentuk penyebutan si penulis atau penyusun. Namun, hal ini salah, Kawan Literasi. Sebaiknya, kata yang dipakai untuk merujuk pada penulis adalah tetap “Penyusun” atau “Penulis”. Misalnya, “Oleh karena itu, penulis berharap buku ini akan memberi banyak manfaat untuk berbagai pihak.”

3. Tidak Ada Penegasan pada Bagian Judul 

Kesalahan umum selanjutnya adalah judul karya tulis yang tidak dipertegas. Maksudnya, penulis seharusnya melakukan penegasan dengan memberi tanda petik pada judul yang disebutkan pada kata pengantar, atau menjadikannya huruf cetak tebal. 

Baca juga: Gagasan Utama: Kenali Definisi, Jenis, dan Cara Menemukannya

4. Kesalahan Penulisan Gelar 

Untuk menulis kata pengantar, terdapat bagian penulis mengucapkan rasa terima kasih kepada beberapa pihak, salah satunya biasanya adalah seseorang yang bergelar, seperti dosen pembimbing, guru, atau dekan. Tidak jarang penulis melakukan kesalahan penulisan gelar yang tidak sesuai dengan kaidah EYD. 

5. Kata Pengantar yang Terlalu Bertele-Tele

Yang terakhir, beberapa penulis kerap menyusun kata pengantar dengan kalimat yang bertele-tele. Hal ini sebaiknya tidak kamu lakukan, Kawan Literasi. Kata pengantar sebaiknya disusun dengan ringkas, jelas, dan padat, sebab batas maksimal penulisannya adalah 2 halaman saja. 

Contoh Kata Pengantar 

KATA PENGANTAR 

Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah Swt. karena rahmat serta karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah ini. Karya tulis ini tentu dapat terselesaikan tidak terlepas dari arahan serta masukan dari Ibu Dian Pramesti, S. Hum., M. Hum, sebagai dosen pembimbing. 

Karya tulis ilmiah ini berjudul “Pemanfaatan Situs Komik Online sebagai Sarana Peningkatan Literasi Finansial untuk Anak-Anak”. Dengan adanya karya tulis ini, penulis hendak melakukan digitalisasi buku cerita anak yang bertemakan keuangan, tentunya menyesuaikan dengan usia target pembaca. 

Penulis juga menyadari bahwa terdapat kekurangan dalam penyusunan karya tulis ini. Oleh karena itu, penulis rendah hati meminta saran serta kritik konstruktif dari pembaca agar lebih baik lagi dalam penulisan karya-karya lainnya. Penulis juga berharap karya tulis ini dapat memberi manfaat serta inspirasi bagi pembaca. 

Surabaya, 1 Maret 2020 

Nama Penyusun

Baca juga: Struktur Teks Laporan Hasil Observasi beserta Contohnya

Demikianlah ulasan materi tentang kata pengantar pada sebuah karya tulis. Pastikan Kawan Literasi menulisnya sesuai dengan struktur serta tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang sudah disebut di atas, ya! Semoga bermanfaat! 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Menulis Kata Pengantar: Pelajari Struktur dan Contohnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]