1. SD Bahasa Indonesia

Yuk, Kenali Unsur 5W 1H dalam Penulisan Teks Berita!

Kawan Literasi pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah 5w 1h bukan? Terdiri dari kata tanya dalam bahasa Inggris, diantaranya what, when, where, who, why, dan how, keenam unsur ini sangat penting dalam aspek jurnalistik, salah satunya untuk penulisan teks berita. Dengan memperhatikan keenam unsur tersebut, suatu berita akan terkesan lebih lengkap, akurat, serta komprehensif.

Dalam bahasa Indonesia, unsur-unsur ini dikenal sebagai “Adiksimba”, yaitu singkatan dari apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana. Simak artikel Studio Literasi kali ini untuk tahu lebih lanjut tentang unsur-unsur tersebut serta contohnya!

Daftar Isi

Unsur – Unsur 5W 1H

Sumber: freepik

Dalam suatu teks berita, keenam unsur ini sangat penting untuk disajikan. Jika semua aspek terpenuhi, teks berita akan tergolong lengkap dan memenuhi kaidah jurnalistik. Berikut adalah unsur-unsur serta contoh pertanyaan yang bisa dijadikan acuan untuk menemukan informasi dalam berita maupun melakukan penulisan berita itu sendiri. 

1. What

Dalam bahasa Indonesia, what artinya “apa”. Unsur ini bertujuan untuk mendeskripsikan isu atau masalah yang sedang didiskusikan. Contoh bentuk pertanyaan dengan what adalah sebagai berikut: 

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

“Apa tanggapan Anda terkait penanganan petugas terhadap kasus kecelakaan yang terjadi?”

“Apa yang sebenarnya terjadi antara pihak A dan B?”

“Apa langkah yang akan diambil untuk menyelesaikan masalah ini?”

2. When

Seperti artinya, when atau kapan, menjelaskan waktu terjadinya suatu situasi atau peristiwa. Dengan penjelasan yang detail mengenai waktu, pembaca bisa mendapat informasi dan bayangan tentang suatu kejadian secara lebih akurat. Informasi yang disampaikan bisa mencakup hari, tanggal, bulan, tahun, hingga jam berlangsungnya suatu peristiwa.

Berikut ini adalah contoh pertanyaan dengan kata tanya when:

“Kapan peristiwa tersebut terjadi?”

“Kapan gedung tersebut akan diresmikan?”

“Kapan pihak berwajib tiba di tempat kejadian perkara?”

3. Who

Salah satu elemen yang tidak kalah penting selanjutnya yaitu who atau siapa. Elemen ini menjelaskan pelaku atau subjek dibalik suatu kejadian. Pertanyaan who ini menganalisa orang yang terlibat dalam suatu topik atau masalah. Contoh pertanyaan dengan kata tanya who yaitu sebagai berikut: 

“Siapa pelaku dari tindak kriminal tersebut?”

“Siapa yang akan bertanggung jawab atas kejadian ini?”

“Siapa saja yang akan terlibat dalam proyek ini?”

Baca juga: Contoh Teks Persuasi Singkat, Lengkap Beserta Strukturnya

4. Where

Selain informasi tentang waktu, ada unsur where yang menjelaskan letak atau lokasi terjadinya suatu peristiwa. Contoh pertanyaan dengan kata tanya dimana:

“Di mana peristiwa kecelakaan itu terjadi?”

“Di mana korban akhirnya berhasil ditemukan?”

“Di mana dia ketika peristiwa tersebut berlangsung?”

5. Why

Kata why memiliki arti mengapa. Dengan unsur pertanyaan ini, kamu bisa menemukan informasi terkait alasan suatu permasalahan atau peristiwa terjadi. Berikut ini contoh pertanyaan dengan kata tanya mengapa:

“Mengapa yang bersangkutan berani melakukan tindakan tersebut?”

“Mengapa isu ini sangat penting untuk didiskusikan?”

“Mengapa fenomena ini sangat signifikan untuk diteliti?” 

6. How 

Kata tanya how yang artinya bagaimana menjabarkan urutan atau proses suatu peristiwa terjadi. Biasanya berupa urutan kronologis dari peristiwa yang diberitakan dan dapat mendukung unsur why atau mengapa yang sudah dijelaskan. Berikut adalah contoh pertanyaan dengan kata tanya bagaimana:

“Bagaimana peristiwa tersebut bisa terjadi?”

“Bagaimana reaksi masyarakat terhadap kebijakan yang telah dibuat?”

“Bagaimana Anda akan menyelesaikan masalah ini?”

Baca juga: Contoh Kalimat Simpleks dan Kompleks, Apa Perbedaanya?

Contoh Teks Berita 

Sumber: freepik

Potret Pendidikan di Daerah Terpencil

Anak-anak SD di desa Mekar Jaya, Kabupaten Muara Enim, setelah turun hujan harus berjuang lebih keras dalam menuntut ilmu. Mereka harus berjalan kaki tanpa menggunakan sepatu dalam kondisi lumpur dan becek dengan jarak tempuh mencapai 5 km untuk belajar di sekolah dan menggapai cita-cita mereka.

Selain akses jalan yang rusak, kondisi sekolah juga sangat mengkhawatirkan. Minimnya pelajar di wilayah desa tersebut ditambah bangunan kelas dalam kondisi rusak, membuat beberapa siswa sekolah dasar negeri 12 ini terpaksa digabung dengan siswa kelas lain.

Hingga kini, sarana dan prasarana sangat minim, seperti kelas yang rusak dan perpustakaan yang kurang buku, selain itu sekolah ini hanya mempunyai tenaga pengajar delapan orang.

Menurut pihak sekolah, mereka sudah sering melaporkan kondisi sekolahnya ke Dinas Pendidikan Kabupaten Empat Lawang, tetapi sampai saat ini belum ada perhatian sedikitpun dari pemerintah setempat.

Baca juga: Cara Mudah Menyusun Daftar Pustaka dengan Chicago Style

Sekarang, mari kita ulas unsur 5w 1h pada teks diatas. Pada paragraf pertama, sudah dipaparkan unsur who atau subjek, yaitu anak-anak SD desa Mekar Jaya. Lalu, dilanjutkan dengan informasi dimana peristiwa tersebut terjadi, yaitu di Kabupaten Muara Enim. Setelah itu, penulis baru menjelaskan apa yang terjadi, yaitu kegiatan belajar atau menuntut ilmu, di mana anak-anak tersebut harus menempuh jarak yang jauh tanpa alas kaki ke sekolah. 

Pada paragraf kedua, penulis melanjutkan deskripsi mengenai gambaran pendidikan di daerah tersebut dengan memaparkan apa saja fakta dari kualitas pendidikan di daerah terpencil yang kurang baik. Diantaranya adalah akses jalan yang rusak serta kondisi sekolah yang sangat tidak memadai. Hal ini pun sekaligus menjabarkan mengapa siswa-siswa ini harus belajar bersama dengan tingkat kelas yang berbeda. 

Pada dua paragraf terakhir, terdapat ditemukan unsur when yang menjelaskan keterangan waktu, yaitu frasa hingga kini, sampai saat ini, dan sudah sering. Frasa-frasa tersebut memberi penekanan bahwa kondisi sekolah tersebut masih belum ditangani dalam jangka waktu yang cukup lama. Paragraf keempat juga menjelaskan mengapa penulis menganggap sarana dan prasarana yang ada sangat minim, yaitu dilihat dari jumlah pengajar, kondisi kelas, serta jumlah buku yang minim.

Baca juga: Kalimat Deklaratif: Definisi, Ciri-Ciri, serta Contohnya

Demikian ulasan materi terkait 5w 1h pada teks berita, Kawan Literasi. Dengan memperhatikan unsur-unsur tersebut, kamu dapat lebih jeli menemukan informasi dalam berita maupun menuliskan suatu peristiwa yang terjadi dengan lebih komprehensif dan akurat. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Yuk, Kenali Unsur 5W 1H dalam Penulisan Teks Berita!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]